Toko Online Cina Termurah: Cara Belanja Di Alibaba

Toko Online Cina

Di masa pandemi seperti ini banyak masyarakat cenderung memilih untuk belanja di toko online. Salah satu negara yang banyak dipilih karena memiliki produk yang murah dan berkualitas adalah China. Salah satu toko online cina yang paling sering dikunjungi yaitu Alibaba yang menawarkan harga lebih murah serta memiliki barang yang beragam dan unik.

Pendiri dari toko online Cina terpercaya dan terbesar ini adalah Jack Ma, karena Alibaba ini memiliki pelanggan yang banyak. Kemudian juga 80 persen pasar online di China ini dikuasai oleh Alibaba, bahkan juga sudah menjadi salah satu toko online terbesar di dunia. Karena memiliki jumlah transaksi melebihi jumlah transaksi gabungan dari eBay dan Amazon.

Keuntungan Adanya Toko Online

Belanja melalui toko online ini memang menjadikan solusi masyarakat untuk lebih praktis dan efisien dalam berbelanja. Toko online sendiri merupakan sistem belanja online dimana pembeli dapat mengetahui harga maupun penjelasan beberapa produk dan bisa menanyakan beberapa pertanyaan juga.

Keberadaan toko online ini juga menjadi daya tarik tersendiri, karena memudahkan untuk melakukan aktivitas berbelanja secara online daripada secara konvensional. Sehingga konsumen akan lebih mudah menemukan barang yang dibutuhkan dan barang bisa langsung dikirimkan ke alamat konsumen. Terdapat beberapa keuntungan adanya toko online ini yaitu :

  • Dapat Membandingkan Harga Barang

Keuntungan yang pertama adanya toko online ini, anda dapat membandingkan harga terbaik, sehingga anda akan mendapatkan harga murah daripada dari toko fisiknya secara langsung. Karena biasanya produk yang ada ini langsung didatangkan dari pabrik tanpa adanya perantara.

  • Memiliki Banyak Variasi

Tentunya adanya toko online ini memudahkan anda untuk menemukan berbagai macam produk, baik dari merk, harga maupun jenisnya. Bahkan anda dapat menemukan produk yang berasal dari luar negeri dan tanpa harus menghabiskan uang untuk membeli langsung ke luar negeri.

  • Memberikan Kenyamanan

Keuntungan lainnya yaitu anda akan lebih nyaman dalam mengakses situs toko online karena tidak memiliki batas waktu yaitu 24 jam. Bahkan anda tidak perlu mengantri untuk mendapat produk yang anda inginkan.

Mengenal Toko Online Cina Terbesar Alibaba

Salah satu toko online Cina terpercaya dan terbesar yaitu Alibaba yang merupakan sebuah toko online yang memperbolehkan pelaku bisnis ataupun individu dalam menjual maupun membeli produk. Tujuannya juga agar dapat menjangkau konsumen dengan lebih mudah dan efisien dengan kekuatan teknologi ini.

Bahkan toko online cina ini memiliki jenis usaha lainnya seperti logistik,  e-commerce, komputasi awan (cloud computing), pembayaran, optimasi rantai pasok (supply chain). Selain itu juga berhubungan dengan hiburan, digital, pemasaran, serta berbagai inisiatif dan layanan pendukung lainnya.

Sedangkan beberapa unit usaha Alibaba Group yang memiliki operasional langsung di Indonesia yaitu Alibaba.com, Lazada, Alibaba Cloud dan UC. Sehingga dapat memudahkan bagi UKM juga untuk tumbuh dan berkompetisi lebih efektif di ekonomi lokal dan global.

Cara Berbelanja di Toko Online Alibaba

Dalam berbelanja di toko online Cina yang satu ini, anda bisa menyimak beberapa caranya yaitu :

  1. Membuat Akun

Sebelum anda berbelanja, langkah pertama yang dilakukan yaitu membuat akun pada website. Cara membuat akun pada website sendiri akan lebih mempermudah anda dalam mencari produk yang diinginkan pada toko online Cina tersebut. Langkah-langkah dalam membuat akun Alibaba yaitu sebagai berikut:

  • Langkah pertama dalam membuat akun yaitu klik “daftar atau Sign Up”.
  • Kemudian isikan alamat email yang sering anda gunakan dan klik tombol “Lanjut”.
  • Selanjutnya konfirmasi akun anda dengan mengecek kembali di email anda, biasanya akan diminta untuk melakukan aktivasi.
  • Maka secara otomatis anda akan dialihkan menuju halaman berupa form, dimana anda harus mengisi identitas lengkap anda seperti nama, alamat maupun nomor telepon. Lalu klik tombol “konfirmasi”.
  • Maka kamu sudah berhasil mendaftarkan akun anda di toko online ini
  1. Mencari Produk yang Dibutuhkan

Dalam mencari produk yang anda butuhkan di toko online Cina ini dengan memasukkan kata kunci dari produk yang Anda inginkan ke dalam kolom pencarian. Kolom tersebut terletak di paling atas halaman utama website.

Anda juga bisa mencari produk menggunakan kategori yang terletak pada bagian kiri halaman utama, sehingga memudahkan dalam proses pencarian barang.

  1. Dengan Memfilter Hasil Pencarian

Untuk memudahkan pencarian produk yang anda butuhkan bisa menggunakan bantuan filter hasil pencarian. Hal tersebut juga untuk mempersingkat waktu untuk memilih produk lebih rinci. Dengan cara memilih tombol “Option” yang terletak pada bagian kiri di halaman hasil pencarian.

Sehingga dapat mempermudah anda untuk mengecilkan skala pencarian dengan lebih spesifik. Dalam menggunakan filter produk pencarian, anda juga bisa memilih berdasarkan asal negara barang. Cara inilah yang dapat mempermudah anda melacak supplier dari negara anda, sehingga membuat lebih hemat saat pembayaran shipping dan waktu.

  1. Mencari Produk Berdasarkan Supplier

Saat anda berbelanja di salah satu toko online Cina, anda dapat mencari produk terbaik dengan fokus ke supplier. Dengan cara mengganti pilihan pada tab yang berada di sebelah search bar yaitu mengganti produk menjadi supplier. Hal ini tentunya memiliki tujuan yaitu :

  • Tentunya jika anda biasa menggunakan supplier yang menyediakan barang yang diinginkan , tentunya anda akan lebih mudah menemukan barang yang dibutuhkan. Daripada anda mencari produk dengan menggunakan kolom pencarian. Bahkan anda biasanya sudah mengetahui kualitas dan pelayanan barang tersebut.
  • Anda juga diijinkan untuk memfilter pencarian anda berdasarkan negara asal supplier.
  1. Melakukan Pembayaran di Alibaba

Dalam melakukan pembayaran toko online Cina ke Supplier ini bisa dengan cara Transfer, Western Union, dengan Alibaba Secure Payment (bisa pakai Kartu Kredit). Bahkan dengan metode yang lain yang sudah disepakati saat anda melakukan negosiasi dengan pihak supplier.

Setelah mencapai kesepakatan produk, harga, pengiriman dan lain-lain dari pihak supplier. Anda bisa meminta mengirimkan Invoice ke email anda kepada supplier. Setelah itu anda dapat melakukan proses pembayaran tersebut.

Alasan Berbelanja di Situs Alibaba

Saat anda berbelanja di toko online Cina Alibaba, terdapat beberapa alasan yang bisa menguntungkan agar barang tersebut bisa dijual kembali. Beberapa alasan menguntungkan yang wajib anda tahu yaitu :

  1. Merupakan Barang yang Langka

Dengan situs toko online Cina Alibaba, anda bisa mendapatkan barang yang cukup langka dan biasanya barang tersebut belum memiliki pasaran di Indonesia. Hal ini tentunya akan menguntungkan bagi anda yang ingin menjual kembali, karena memiliki pesaing yang sedikit. Apalagi harga yang ditawarkan di Indonesia bisa lebih tinggi.

  1. Memiliki Navigasi Maupun Pencarian yang Mudah

Dalam melakukan proses belanja di Alibaba ini juga termasuk user friendly, karena mudah dipahami dan tidak membutuhkan waktu lama dalam memahami proses belanja. Sehingga akan memudahkan anda untuk melakukan proses transaksi maupun melakukan pencarian barang.

  1. Memiliki Harga Produksi yang Murah

Toko online Cina ini memang dikenal dengan harga produknya yang murah, salah satunya pada Alibaba. Apalagi jika anda melakukan proses pembelian dalam jumlah besar, sehingga anda bisa mendapatkan potongan yang cukup besar dari seller. Apalagi anda juga pintar dalam melakukan negosiasi, belum lagi jika dibandingkan membeli langsung barang yang sama di Indonesia. Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah di situs ini.

  1. Memiliki pilihan Supplier yang Banyak dengan Berbagai Jenis Produk 

Anda bisa mempermudah saat melakukan proses belanja dengan memilih supplier dengan produk yang sama. Sehingga anda dapat menentukan perusahaan maupun seller yang dapat memberikan harga yang lebih murah.

  1. Lebih Efisien

Dengan berbelanja di salah satu toko online Cina terpercaya ini memudahkan anda untuk membeli produk dari luar negeri. Sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk membeli langsung barang ke Cina. Hal ini tentunya akan lebih efisien dan hemat ongkos dalam melakukan proses transaksi.

Namun dalam proses pembelian di toko online Cina ini tentunya memiliki waktu pengiriman yang lebih lama untuk tiba di Indonesia. Terkadang juga terdapat kendala dalam komunikasi, karena beberapa seller yang memiliki bahasa yang berbeda.

Artikel Lainnya

Konsultasi gratis sekarang