Tips Dan Cara Belanja Di Alibaba Yang Mudah Dan Aman

cara belanja di alibaba

Kala pandemi seperti ini tentunya segala kebutuhan harus dipenuhi dengan cara yang lebih mematuhi protokol. Salah satu cara yang sering digunakan oleh kebanyakan orang adalah dengan menggunakan sistem belanja online seperti di Alibaba. Namun karena marketplace ini berada di luar negeri. Maka masih ada beberapa orang yang memang bingung bagaimana cara belanja di Alibaba.

Apa Itu Alibaba

Berbelanja dengan sistem online memang memiliki kelebihannya tersendiri. Di Negara Indonesia pun kebiasaan berbelanja secara online sudah mulai merambah ke semua kalangan. Tak hanya orang kota saja, namun bagi mereka yang berada di pedesaan pun mulai menggunakan sistem ini.

Selain mudah dan praktis, ternyata berbelanja online juga memberikan banyak sekali pilihan. Sampai saat ini banyak sekali marketplace yang menawarkan berbagai macam barang belanjaan. Maraknya tak hanya marketplace dalam negeri saja.

Namun marketplace luar negeri seperti Alibaba sudah mulai digunakan oleh sebagian orang. Ya, Alibaba sendiri merupakan salah satu marketplace yang menyediakan berbagai macam kebutuhan manusia. Namun semua barang yang dijual bukan dari Indonesia melainkan dari Negara luar.

Tentunya setiap marketplace memiliki regulasi atau cara belanjanya sendiri-sendiri. Alibaba pun juga menerapkan hal tersebut.

Cara Belanja di Alibaba

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika Alibaba adalah sebuah marketplace yang berada di luar negeri. Meskipun begitu tingkat kepopuleran Alibaba di Negara Indonesia memang tak perlu diragukan kembali.

Ketersediaan barang yang cukup banyak selalu memberikan solusi terbaik kepada penggunanya. Maka tak heran jika Alibaba merupakan salah satu marketplace yang tetap populer di berbagai macam Negara khususnya wilayah Asia.

Seperti halnya marketplace lain, Alibaba juga memiliki peraturan atau cara sendiri bagi mereka yang akan berbelanja menggunakan website tersebut. Tentunya bagi Anda yang akan melakukan proses belanja juga harus mengerti peraturan yang berlaku.

Sebab bukan dari Negara Indonesia, maka peraturan yang diberlakukan mungkin sedikit berbeda. Lantas bagaimana cara belanja di Alibaba. Berikut adalah tutorial belanja di marketplace Alibaba yang bisa anda terapkan.

  1. Buat akun

Hal pertama yang wajib anda lakukan adalah membuat akun. Seperti pada website marketplace lainnya, anda harus memiliki akun terlebih dahulu sebelum melakukan proses belanja. Lakukan registrasi hingga berhasil, maka anda akan dipermudah ke tahap proses belanja.

  1. Pilih barang

Ketika selesai melakukan proses pembuatan akun. Anda bisa mencoba untuk memilih barang yang dicari. Bisa menggunakan kolom menu yang tersedia atau menggunakan cara memasukkan keyword pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Semuanya sama saja, nantinya anda akan diberikan tampilan user interface terkait dengan barang yang sedang dicari. Lengkap dengan harga dan jika anda buka lebih dalam lagi biasanya tersedia deskripsi dari barang tersebut.

Tentukan barang yang benar-benar anda butuhkan. Karena berbelanja online rawan penipuan. Maka lebih hati-hati merupakan salah satu metode terbaik yang bisa dilakukan.

  1. Gunakan email bisnis

Cobalah untuk menggunakan email bisnis ketika akan melakukan proses transaksi pembelian barang.

  1. Pemilihan metode pengiriman

Jika sudah mendapatkan barang yang akan dibeli. Tahap selanjutnya adalah memilih proses pengiriman barang. Karena Alibaba memang ditujukan untuk semua orang diseluruh dunia. Maka pihak Alibaba memberikan banyak pilihan pengiriman kepada para penggunanya.

Akan lebih baik jika Anda mencoba untuk mencari informasi perusahaan pengiriman yang terpercaya dan aman. Biasanya membutuhkan waktu lebih lama ketika proses pengiriman karena ada beberapa ketentuan yang harus dilakukan. Namun keamanan adalah hal yang paling utama dilakukan.

  1. Pemilihan metode pembayaran

Selain memilih metode pengiriman, Anda sebagai calon pembeli juga harus memilih metode pembayaran. Sama dengan metode pengiriman, metode pembayaran juga diberikan beberapa pilihan.

Pilihlah pembayaran yang memang tersedia dengan kurs Rupiah dan dapat dilakukan pada beberapa tempat terdekat seperti minimarket di daerah Anda.

  1. Tunggu barang sampai

Jika 5 cara di atas sudah dilakukan. Berikutnya anda bisa mencoba untuk menunggu barang yang sebelumnya dilakukan pemesanan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika memang ada beberapa regulasi yang harus dilakukan ketika pengiriman barang.

Maka tak heran jika waktu yang dibutuhkan untuk dapat sampai ke alamat Anda sedikit lebih lama. Bersabarlah sebab barang tak datang dari dalam negeri, melainkan dari luar negeri.

Keunggulan Berbelanja di Alibaba

Alibaba memang menjadi salah satu marketplace luar negeri yang banyak memiliki para pelanggan dari seluruh penjuru dunia khususnya kawasan Asia. Mengingat hal tersebut ternyata banyak sekali lho keunggulan yang ditawarkan oleh pihak Alibaba kepada para penggunanya. Berikut ini merupakan beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh marketplace Alibaba tersebut.

  1. Barang unik dan banyak pilihan

Berbeda dengan marketplace lainnya, Alibaba menawarkan banyak sekali barang yang begitu unik dan sangat kreatif. Tak hanya satu saja, namun juga banyak sekali barang unik yang beneran ada di marketplace Alibaba.

Bahkan anda sebagai pengguna marketplace tersebut juga tak akan mengira jika barang tersebut memang benar-benar ada. Menariknya lagi, barang tersebut sangat susah ditemukan di dalam negeri. Maka tak heran jika sampai saat ini Alibaba masih memiliki banyak sekali pengguna dari seluruh penjuru dunia.

  1. Beli banyak dapat harga murah

Alibaba memang menawarkan sistem pembelian dalam partai besar, grosir, ataupun lot. Menariknya harga yang ditawarkan jika anda membeli dalam jumlah banyak akan lebih terjangkau dibandingkan ketika anda membeli dalam jumlah satuan.

Adanya hal tersebut akan mempermudah anda ketika akan melakukan penjualan barang kembali di dalam negeri. Menariknya lagi, anda bisa memberikan merk sendiri barang yang telah anda beli di marketplace Alibaba tersebut. Dengan begini anda bisa membuka usaha yang lama-kelamaan akan semakin besar.

  1. Gratis biaya pengiriman

Tak hanya menawarkan harga yang begitu terjangkau ketika anda melakukan pembelian yang lebih banyak. Namun memang ada beberapa barang yang bisa anda dapatkan dengan bonus bebas pengiriman atau free pengiriman dalam negeri.

Hal ini akan mempermudah dan memberikan kenyamanan bagi anda yang memang terhalang oleh biaya.

  1. Banyak pilihan pembayaran

Alibaba berusaha mengeri konsumen dengan cara memperbanyak pilihan pembayaran. Anda yang berstatus sebagai pembeli akan lebih mudah mendapatkan pilihan pembayran. Gunakan metode pembayaran yang memang sangat memberikan keuntungan bagi anda.

  1. Transaksi aman

Yang tak kalah penting adalah transaksi yang dilakukan sangatlah aman. Keamanan ini dijamin ketika barang yang diterima oleh pihak pembeli tidak sesuai dengan perjanjian yang telah dilakukan. Maka uang akan dikembalikan kepada pihak pembeli.

  1. Waktu pengiriman

Meskipun waktu pengiriman yang dilakukan terbilang begitu lama. Namun dengan barang yang anda dapatkan tentunya hal tersebut juga akan terbayarkan. Akan tetapi anda juga harusnya menyadari jika ada beberapa tahap yang harus dilewati ketika melakukan proses pengiriman barang. Dengan memahami hal tersebut anda juga tidak akan merasa dirugikan.

Tips Membeli Barang Dari Luar Negeri

Membeli barang dari luar negeri memang memberikan banyak sekali pilihan. Bahkan beberapa marketplace seperti Alibaba juga menawarkan harga yang cukup terjangkau bagi para penggunanya ketika melakukan pembelian dalam jumlah banyak.

Namun tahukah anda jika pembelian dari luar negeri juga tak bisa terhindarkan dari yang namanya kejahatan seperti penipuan. Nah agar anda tidak mendapatkan kerugian seperti penipuan tersebut. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan ketika melakukan pembelian di luar negeri.

  1. Lakukan riset pada website yang akan digunakan

Memang benar banyak sekali website marketplace yang bisa digunakan untuk melakukan proses pembelian barang dari luar negeri. Namun tak semua website tersebut mampu memberikan kualitas terbaiknya. Lebih baik lakukan terlebih dahulu riset reputasi dari website yang akan anda gunakan.

  1. Ongkos pengiriman

Hal yang tak kalah penting lainnya adalah memperhatikan bagaimana ongkos pengiriman yang diberlakukan. Setiap marketplace selalu memberikan lebih dari satu pilihan pengiriman. Anda bisa mencoba memilih yang paling nyaman.

  1. Metode pembayaran

Setelah mengetahui ongkos pengiriman, sebaiknya anda juga mengetahui metode pembayaran. Pihak marketplace akan memberikan banyak sekali pilihan  pembayaran yang bisa digunakan oleh anda. Dengan begitu kenyamanan dan keamanan tetap bisa anda dapatkan.

  1. Biaya bea cukai

Yang terakhir adalah mengerti biaya bea cukai yang diterapkan.

Itu tadi merupakan beberapa hal yang terkait dengan cara belanja di Alibaba. Anda bisa menerapkan beberapa informasi di atas.

Artikel Lainnya

Konsultasi gratis sekarang