Mengapa Pilih Pesawat Kargo untuk Import? Ini Dia Kelebihan dan kekurangannya

Pesawat Kargo

Salah satu cara untuk melakukan kegiatan import adalah dengan menggunakan pesawat kargo. Sesungguhnya untuk melakukan kegiatan import, Anda bisa menggunakan beberapa jenis alat transportasi. Akan tetapi karena Indonesia adalah negara kepulauan yang tidak berbatasan dengan darat, import hanya bisa dilakukan dengan menggunakan pesawat atau jalur udara dan kapal atau jalur laut.

Kelebihan melakukan pengiriman dengan menggunakan Pesawat Kargo

Pengiriman produk atau barang import dengan menggunakan jalur udara memiliki banyak kelebihan. Kelebihan ini antara lain adalah :

  • Kecepatan pengiriman

Keuntungan utama melakukan import dengan menggunakan transportasi udara adalah mengenai kecepatan pengirimannya. Kecepatan pengiriman dengan menggunakan jalur udara memang yang paling cepat jika dibandingkan dengan pengiriman baik melalui darat maupun dengan jalur laut.

Oleh karena itu, jika barang yang akan Anda import merupakan barang yang cepat rusak dan dengan segera membutuhkan pengiriman maka Anda bisa menggunakan transportasi udara untuk membantu import barang Anda. Jika Anda ingin paket Anda cepat sampai meski lokasinya jauh, menggunakan jalur udara untuk import juga lebih direkomendasikan.

  • Perputaran rupiah lebih cepat

Keuntungan lain menggunakan pesawat kargo terbesar untuk melakukan import barang adalah mengenai perputaran rupiah yang lebih cepat. Ketika Anda membutuhkan barang yang harus ready stock untuk bisa dijual, melakukan pengiriman barang dengan waktu cepat akan sangat menguntungkan bagi bisnis Anda.

Contohnya ketika Anda menjual pakaian. Anda mungkin bisa menjalankan sistem pre order untuk memudahkan penjualan. Akan tetapi jika dibandingkan dengan sistem pre order, konsumen akan lebih suka membeli produk secara langsung.

Jika Anda menggunakan pengiriman dengan jalur udara, Anda tidak perlu khawatir kehabisan stok karena waktu pengiriman lebih cepat. Dengan pengiriman yang cepat, Anda bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan dari penjualan.

  • Hemat biaya untuk asuransi

Salah satu kelebihan lain yang akan Anda dapatkan jika melakukan impor dengan menggunakan pesawat adalah mengenai biaya yang lebih hemat dalam hal asuransi. Asuransi bertujuan untuk memastikan barang datang tepat waktu dan juga untuk memastikan barang sampai ke tujuan dengan selamat. Jika Anda melakukan pengiriman impor dengan menggunakan pesawat kargo Garuda Indonesia, Anda tidak perlu khawatir dengan biaya asuransinya karena kecepatan pengirimannya.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Pengiriman dengan menggunakan pesawat memang tidak membutuhkan banyak waktu. Hal ini membuat produk yang Anda import mendapatkan jaminan barang dalam kondisi baik. Kemungkinan rusak karena kondisi yang lebih minim dan juga kerusakan akibat pengiriman juga lebih minim. Hal ini memungkinkan Anda melewatkan biaya untuk asuransi.

  • Lebih tepat waktu

Selanjutnya, jika Anda melakukan pengiriman dengan menggunakan kargo udara, Anda akan mendapatkan pengiriman yang tepat waktu. Anda tidak perlu khawatir jika pengiriman awal dilakukan secara terlambat. Misalnya harusnya dikirim hari ini tetapi ternyata mengalami keterlambatan karena delay. Meski dalam hal start pengirimannya terlambat, akan tetapi paket import Anda akan tetapi sampai di tangan Anda tepat waktu.

Beda jika Anda menggunakan jalur pengiriman darat atau laut. Pengiriman akan membutuhkan waktu yang lebih panjang. Bahkan jika produk dikirim dengan waktu yang tepat, produk tetap bisa terlambat sampai di tempat Anda. Hal ini disebabkan karena pengiriman dengan menggunakan jalur laut sering kali mendapatkan masalah yang tidak terduga.

  • Bisa melakukan pengiriman dari seluruh penjuru dunia

Hal terakhir yang umumnya menjadi keuntungan penggunaan jenis pesawat kargo untuk melakukan pengiriman produk secara import adalah mengenai pengiriman yang sangat luas. Saat ini sistem dan layanan pengiriman dengan menggunakan pesawat Anda bisa mengirim barang dari mana saja.

Hal ini disebabkan karena saat ini kota-kota besar industri umumnya sudah dilengkapi dengan fasilitas ekonomi termasuk bandara yang besar sehingga memudahkan pengiriman. Pengiriman dengan menggunakan maskapai penerbangan memang sedang sangat populer dan sedang sangat banyak mendapatkan perhatian karena mendukung proses bisnis yang lebih cepat dan lebih menguntungkan. Inilah yang membuat pengiriman dengan menggunakan pesawat lebih diminati.

Kekurangan menggunakan pesawat kargo untuk melakukan pengiriman

Seperti disebutkan sebelumnya, ada banyak sekali kelebihan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan pesawat kargo untuk melakukan pengiriman barang import. Akan tetapi kelebihan ini juga di sertai dengan kekurangan. Kekurangan menggunakan maskapai penerbangan untuk melakukan pengiriman pesawat kargo ini antara lain adalah :

  • Jejak karbon tinggi

Salah satu kekurangan menggunakan pesawat untuk melakukan import barang adalah mengenai jejak karbonnya yang lebih tinggi. Ketika melakukan pengiriman dengan menggunakan pesawat, tidak bisa dipungkiri bahwa jejak karbon yang ditinggalkan sangat tinggi. Bahkan jejak karbon yang ditinggalkan oleh pesawat paling tinggi jika dibandingkan dengan transportasi yang lainnya termasuk pengiriman dengan kapal.

Hal inilah yang sering kali membuat banyak perusahaan besar akhirnya tetap mengutamakan pengiriman dengan menggunakan kapal. Tujuannya adalah untuk tetap menjaga lingkungan agar masalah pemanasan global tidak memburuk.

  • Biaya pengiriman umumnya lebih mahal

Selanjutnya adalah mengenai biaya pengiriman yang lebih mahal. Penghematan waktu merupakan salah satu hal yang membuat pengiriman dengan menggunakan pesawat kargo png menjadi lebih menarik. Akan tetapi pengiriman dengan menggunakan pesawat memang membutuhkan biaya yang lebih mahal.

Biaya mahal ini nantinya harus diperhatikan dan di cross cek lagi dengan biaya operasional secara keseluruhan. Cek lagi apakah harga produk yang ditambah dengan biaya pengiriman dengan pesawat masih sesuai dan menjadi tidak terlalu mahal. Nah, pada dasarnya, Anda harus tahu juga apakah produk yang Anda kirimkan worth atau tidak dikirimkan dengan menggunakan pesawat.

Jika Anda mengirim dalam jumlah besar atau memang barang yang akan dikirimkan merupakan barang yang berharga, maka penggunaan maskapai penerbangan untuk kargo impor bisa di pertimbangkan. Akan tetapi jika paket yang akan Anda kirimkan jumlahnya sedikit, Anda bisa lakukan pengiriman dengan menggunakan cara lain yang lebih cocok untuk pengiriman dengan jumlah kecil.

Lebih baik pengiriman dengan pesawat atau dengan kapal?

Pada dasarnya jika Anda ingin melakukan pengiriman barang atau import barang keduanya cara pengiriman ini memang baik. Akan tetapi untuk pemilihannya tetap harus diperhatikan berdasarkan banyak aspek. Beberapa aspek yang penting untuk diperhatikan saat memilih alat transportasi untuk impor antara lain adalah :

  • Memperhatikan skala impor

Salah satu hal penting untuk diperhatikan untuk memilih alat transportasi untuk impor adalah mengenai skala import perusahaan Anda. Skala import ini akan mempengaruhi biaya import. Biasanya makin besar impornya maka makin murah harga import tiap barangnya.

Skala import juga bisa digunakan untuk memilih kendaraan transportasi. Jika Anda ingin mengimpor dengan jumlah yang sangat besar, menggunakan kontainer laut biasanya akan lebih menguntungkan. Hal ini disebabkan karena biaya transportasi jauh lebih murah.

  • Memperhatikan jenis barang

Jenis barang juga harus diperhatikan saat akan menggunakan pesawat kargo. Jika dilihat dari gambar pesawat kargo yang ada di internet, pesawat memang bisa membawa barang dalam ukuran besar. Akan tetapi ukurannya tetap terbatas. Jika Anda ingin melakukan import barang yang memiliki ukuran satuan sangat besar, menggunakan kontainer laut lebih cocok.

Bukan hanya itu, jenis barang apakah barang mudah membusuk atau tahan lama juga sangat penting untuk diperhatikan. Misalnya Anda ingin mengimpor sayuran, kita tahu bahwa sayuran adalah benda yang murah rusak. Hal inilah yang membuat Anda harus berpikir untuk menggunakan alat transportasi yang lebih cepat.

Penggunaan alat transportasi yang lebih cepat seperti pesawat akan membantu mengantarkan sayuran dalam waktu yang lebih singkat sehingga tidak akan membuat sayuran Anda rusak saat sampai ke toko Anda. Dalam kondisi ini menggunakan pesawat memang lebih menguntungkan.

  • Perhatikan kebutuhan barang

Barang yang akan Anda kirimkan juga harus diperhatikan tingkat urgensinya. Misalnya Anda akan mengimpor sebuah sparepart untuk mesin produksi. Jika barang yang akan diimpor ini adalah barang yang dibutuhkan dalam waktu yang cepat maka sangat penting untuk mengirim barang dalam waktu cepat.

Jika barang merupakan barang prioritas dan Anda memutuskan untuk menggunakan jalur yang lambat, hal ini akan mengganggu produktivitas bisnis Anda dan akan menyebabkan kerugian. Jadi jika memang butuh waktu cepat, menggunakan pesawat kargo akan jadi solusi terbaik.

Artikel Lainnya

Konsultasi gratis sekarang