Keuntungan Menggunakan Jasa Forwarder Untuk Pengiriman Barang

Membahas tentang forwarder adalah tahun 2023 sebenarnya bisa dikatakan tidak asing lagi mengingat forwarder ini menjadi salah satu jasa yang cukup penting di zaman sekarang. Berikut ini adalah penjelasannya.

Pengertian Forwarder Dan Tugasnya

Jasa forwarder adalah tahun 2023 tidak bisa dipungkiri semakin dibutuhkan oleh masyarakat. Hal ini karena saat ini kegiatan mengirim barang adalah sebuah aktivitas yang sering dilakukan. Sebagai contohnya adalah dalam kegiatan belanja online serta ekspor dan impor.

Tahukah anda bahwa dalam kegiatan ekspor dan impor, forwarder merupakan salah satu jasa yang bisa dikatakan cukup berperan. Karena pada dasarnya forwarder bisa dikatakan sebagai sebuah perusahaan yang memiliki peran penting dalam menjalankan semua aktivitas yang berkaitan dengan ekspor dan impor.

 Artinya forwarder ini bertugas untuk mengurus segala keperluan dalam hal ekspor impor seperti :

  • Menerima barang dari pengirim
  • Proses pengemasan barang
  • Pengiriman barang
  • Menentukan rute pengiriman barang
  • Pemilihan mode transportasi pengiriman
  • Pengurusan dokumen atau berkas yang diperlukan
  • Mengurus bea cukai
  • Mengurus biaya pengiriman
  •  Konsultasi tentang segala hal yang berkaitan dengan pengiriman barang
  • Mengurus asuransi jika terjadi kerusakan atau kehilangan barang

Dari apa yang dijelaskan diatas, maka bisa dikatakan bahwa forwarder ini tak hanya sebatas menangani pengiriman barangnya saja namun juga secara menyeluruh sampai barang tersebut terkirim ke alamat penerima. Sehingga sangat jelas jika keberadaan jasa forwarder ini sangat penting dalam proses pengiriman barang saat ini.

Keuntungan Menggunakan Jasa Forwarder

Jika melihat penjelasan diatas, sebenarnya sudah cukup menjawab alasan mengapa forwarder adalah tahun 2023 ini merupakan jasa yang sangat penting. Namun jika masih meragukan fungsi dan manfaatnya, maka berikut ini adalah beberapa kelebihan atau keuntungan yang didapatkan jika menggunakan jasa forwarder.

See also  Review Tempat Belanja di China Paling Murah

1. Praktis

Keuntungan yang pertama menggunakan jasa forwarder adalah praktis. Sebagai pengiriman anda tak perlu repot mengurus dan memikirkan ini itu. Yang perlu anda lakukan hanya menyerahkan barang yang ingin dikirim, mempersiapkan berkas yang diperlukan serta menyiapkan biaya. Selebihnya akan diurus atau ditangani oleh pihak jasa forwarder.

2. Mudah

Menggunakan jasa forwarder juga memberikan banyak kemudahan. Sebagai konsumen tak perlu pusing memikirkan bagaimana cara proses pengirimannya, jenis armada transportasi seperti apa yang tepat, apakah barang akan sampai dengan selamat ke tujuan atau tidak karena semua akan ditangani oleh jasa forwarder ini.

3. Terjamin

Kelebihan berikutnya adalah dalam hal jaminan. Mengirim barang dengan menggunakan jasa forwarder maka akan dipastikan barang yang anda kirim terjamin. Terutama dalam segi keamanannya.

Hal ini karena jasa forwarder akan memastikan barang yang dikirim tersebut dikirim dengan prosedur yang legal, menggunakan berkas atau dokumen yang resmi serta membayar sejumlah biaya yang diperlukan. Kalaupun sampai terjadi kerusakan atau kehilangan atas barang yang dikirim, maka pihak jasa forwarder akan membantu anda sebagai konsumen atau pengguna jasa untuk mengurus klaim asuransinya.

4. Cocok Untuk Skala Besar Dan Kecil

Jasa forwarder ini bisa diandalkan untuk semua kalangan. Mulai dari pengiriman skala kecil seperti usaha mikro dan UMKM serta pengiriman skala besar seperti ekspor impor. Sehingga dapat melayani semua jenis pengiriman, entah itu pengiriman nasional maupun internasional.

Dari keempat hal yang sudah dijabarkan diatas rasanya sudah sangat jelas bahwa jasa forwarder ini memang memegang peranan yang cukup penting sehingga tak heran jika keberadaannya banyak dicari saat ini.

Tips Memilih Forwarder

Jika diatas sudah dijelaskan mengenai pengertian, fungsi dan juga kelebihan menggunakan jasa forwarder maka berikut ini adalah tips memilih jasa forwarder yang berkualitas.

See also  Tips Memilih Cargo untuk Bisnis Impor Anda

1. Teliti Kredibilitasnya

Tips pertama dalam memilih jasa forwarder yaitu pastikan bahwa jasa tersebut tidak memiliki track record yang negatif. Untuk mengetahui tentang kredibilitas dari sebuah jasa forwarder, maka anda bisa memulainya dengan menyimak review atau testimoni dari para pengguna jasanya terdahulu. Bisa melalui sosial media maupun website resminya.

2. Nilai Cara Pelayanannya

Lakukan penilaian atas pelayanan yang diberikan. Apakah melayani secara ramah agar konsumen merasa nyaman atau tidak. Nilai apakah cukup responsif dalam menanggapi permintaan atau komplain dari konsumennya atau sebaliknya.

3. Lihat Transparansi Biaya

Mengenai transparansi juga penting diperhatikan. Pastikan jasa forwarder tersebut selalu transparan dalam hal apapun yang berkaitan dengan pengiriman barang. Terutama dalam hal harga agar tidak menimbulkan miskomunikasi dan permasalahan lainnya.

4. Memberikan Garansi

Tips terakhir yaitu pilihlah jasa forwarder yang berani memberikan garansi. Mengirimkan barang ke suatu tempat, terutama yang berjarak jauh dan memakan waktu pengiriman lama tentu selalu ada resiko yang mungkin saja terjadi. 

Selalu ada kemungkinan barang yang dikirim mengalami kerusakan atau bahkan kehilangan. Disinilah peran penting asuransi dimana ketika anda sebagai konsumen mengalami kerusakan atau kehilangan saat proses pengiriman barang maka jika terdapat asuransi maka bisa menjadi salah satu jaminan bahwa anda akan dilayani dengan totalitas.

Dengan semua penjelasan diatas, maka bisa dipastikan bahwa forwarder adalah tahun 2023 merupakan jasa penting yang sangat berpengaruh terhadap bisnis maupun kelangsungan hidup dan kegiatan masyarakat sehingga keberadaan jasa yang satu ini sangat dibutuhkan.

Artikel Lainnya

Konsultasi gratis sekarang