Ini yang Harus Diketahui Tentang Fcl Import Tahun 2023

Sekarang ini pemakaian kontainer dalam kegiatan ekspor impor barang maupun sudah sangat lazim dilakukan. Tentunya dalam istilah import resmi yaitu fcl import tahun 2023 ataupun LCL ini sudah sering digunakan dalam pengiriman dengan menggunakan kontainer. Di masa yang lebih modern ini juga semakin banyak orang yang mulai melakukan pengiriman barang menggunakan kontainer, yaitu mencapai sekitar 90 persen.

Kebanyakan kontainer yang dipakai dalam pengiriman ini akan berjenis dry container atau general container dengan tipe standard. Jenis kontainer yang digunakan mempunyai ukuran sesuai dengan standar ISO  yaitu berukuran sekitar 20ft dan 40ft. 

Untuk membantu pengiriman, biasanya akan digunakan Jasa forwarder sendiri, dimana nantinya harga yang akan dikeluarkan untuk jasa ini sudah termasuk semua hal. Seperti biaya untuk pengiriman, biaya ppn, pph, bea cukai, custom clearance, biaya pengurusan pajak dan beberapa biaya yang lain. Dengan memakai jasa forwarder tersebut, anda akan lebih dimudahkan dalam memilih pengiriman barang. 

Maksud dari FCL

FCL sendiri mempunyai kepanjangan Full Container Load, yaitu merupakan suatu jenis pengiriman yang mempunyai arti muatan kontainer penuh. Hal ini maksudnya adalah menggunakan satu kontainer penuh saat akan melakukan pengiriman barang, mau itu yang berukuran 40ft atau 20ft.

Proses import resmi dengan FCL di tahun 2023 ini juga dapat dilakukan ketika anda ingin melakukan pengiriman dengan jumlah banyak dan tidak memungkinkan jika harus menggunakan pos. Hal ini tentunya juga akan lebih menghemat biaya pengiriman yang anda keluarkan.

Belum lagi anda dapat menyewa satu kontainer penuh untuk semua barang sendiri tanpa perlu bercampur dengan barang-barang milik orang lain. Walaupun tentu saja biaya penyewaan yang akan dibebankan berbeda tergantung dengan jarak serta ukuran kontainer.

See also  Istilah Dalam Ukuran Pengiriman Barang FCL 45ft

Tips Memilih Jasa Import FCL

Bagi anda yang ingin menggunakan fcl import tahun 2023, terdapat beberapa tips dalam memilih jasa fcl import yang wajib anda ketahui dibawah ini,

  1. Memahami Bagaimana Metode Pengiriman yang akan Digunakan

Pemilihan metode pengiriman biasanya akan tentunya tergantung dengan berapa banyak barang yang akan diimpor serta anda juga dapat memutuskan apakah akan menggunakan kapasitas kontainer berukuran 20 ft maupun 40ft.

Selain itu Anda juga dapat langsung memilih jalur manakah yang ingin dilewati, mau dari jalur laut ataupun jalur darat. Sehingga nantinya anda dapat memberikan packing list kepada sang pihak jasa import FCL untuk menentukan dimana jalur yang sangat efektif dan efisien.

  • Mengetahui Apa Saja Pelayanan yang Diberikan

Anda juga perlu memilih jasa import fcl yang memiliki sikap ramah terhadap semua pelayanan yang mereka berikan. Sehingga jika nantinya akan terjadi suatu kendala ataupun masalah, anda dapat dengan cepat langsung menghubungi pihak jasa import tersebut. Sebaiknya, anda juga perlu melihat testimoni dari perusahaan lain terlebih dahulu sebelum mulai menggunakan jasa tersebut.

  • Perhatikan Asuransi yang Dimiliki Jasanya

Pastikan juga hika penyedia jasa import yang dipilih sudah mempunyai asuransi yang jelas, jangan sampai anda malah terhasut dengan iming-iming jasa dengan harga yang murah tapi malah tidak aman.

Telitilah kembali sebelum anda mulai memilih, apakah total biaya yang akan dikeluarkan tersebut sudah termasuk asuransi atau mungkin tidak. Sehingga jika nantinya mungkin terjadi kendala, mau itu barang tertahan atau hilang, pihak jasa bisa dan harus bertanggung jawab.

  • Melihat Pengalaman yang Dimiliki Jasa Impor

Anda juga harus memastikan jasanya dengan mencari informasi mau itu dari internet ataupun teman anda tentang pengalaman yang dimiliki atau mungkin sebelumnya pernah mengirimkan jenis barang yang sama dengan anda. Tanyakan juga apakah mereka pernah melakukan pengiriman barang menuju negara yang anda tuju, serta berbagai jenis barang apa saja yang sebelumnya pernah dikirimkan. 

  • Mempunyai Komitmen untuk Tepat Waktu dalam Pengiriman
See also  Cara Mudah Melakukan Impor Barang ke Indonesia

Pastikan juga anda memilih pelayanan jasa yang tepat waktu ketika mengirim barang, karena hal satu ini termasuk hal yang sangat krusial dan juga akan dipengaruhi oleh modal transportasi yang digunakan. Sebuah perusahaan ekspedisi fcl import tahun 2023 yang terpercaya tentunya akan mempersiapkan moda transportasi terbaik.

Hal ini juga mempunyai tujuan agar proses pengiriman bisa dilakukan dengan lancar dan juga tepat waktu. Sehingga nantinya mereka tidak akan mengecewakan semua konsumennya.

Artikel Lainnya

Konsultasi gratis sekarang