Hal yang Harus Anda Ketahui saat Berbelanja Menggunakan Taobao

Anda pasti sudah mengenal marketplace taobao, situs pasar online khusus masyarakat China ini mempunyai banyak minat bahkan sampai luar China seperti Indonesia. Taobao adalah salah satu pasar online yang digunakan sebagai alat berbisnis jasa import barang dari china. Kelebihan menggunakan situs ini adalah Anda bisa menemukan harga terbaik dan mendapat barang yang langsung diproduksi oleh produsen China. Namun dibalik kelebihan tersebut situs ini juga dikenal sulit digunakan karena beberapa hal. Untuk Anda pengguna pemula situs ini harus mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan taobao, berikut adalah hal-hal yang harus Anda ketahui ketika berbelanja menggunakan taobao

Bahasa

Karena situs ini dibuat khusus untuk warga China Bahasa yang digunakan untuk mengoperasikan taobao adalah Bahasa mandarin. Hal ini mempunyai kesulitan tersendiri bagi pengguna di luar China. Pengguna dari Indonesia biasanya menggunakan browser Chrome untuk mengakses situs ini untuk berbelanja. Hal ini dinilai memberi kemudahan pengguna karena bisa langsung diterjemahkan dari browser. Namun jika ingin melakukan percakapan dengan produsen mungkin Anda agak kesulitan, bekali diri Anda dengan google translate atau kamus online lainnya.

Pembayaran

Hal yang harus Anda ketahui ketika akan berbelanja di situs taobao adalah sistem pembayarannya yang harus menggunakan bank dari China. Atau jika menggunakan ATM atau debit harus menggunakan kartu ATM yang berlogo union pay yang berasal dari China atau yang bekerja sama dengan taobao.

Alamat penerima barang

Seperti yang sudah dituliskan di atas, situs ini hanya digunakan di China jadi pengiriman barang hanya dilakukan didaerah China. Jadi menggunakan situs ini Anda hanya bisa memasukkan alamat di China beserta nomor hp yang bisa dihubungi. Penerimaan barangpun tidak bisa langsung sampai di depan kamar atau apartemen namun harus bertemu untuk mengambil barang hal ini dilakukan untuk memudahkan kurir menjaga kondisi barang agar tidak rusak karena kebanyakan warga China menggunakan rumah susun atau apartemen.

Menggunakan jasa pihak ke-tiga

Jika Anda membeli barang dari taobao sedangkan Anda adalah warna luar China semisal Indonesia, Anda mempunyai opsi menggunakan jasa pihak ke-tiga atau forwader. Menggunakan jasa pihak ke-tiga ini Anda bisa mendapatkan barang yang Anda inginkan dari taobao tanpa ribet. Jasa forwarder ini membantu Anda mengurus pembayaran dan penerimaan barang yang kemudian barang ini dikirimkan ke negara Anda. Saat ini di Indonesia sudah ada banyak jasa pihak ke-tiga ini sehingga jika Anda berbelanja menggunakan situs taobao Anda tidak perlu ribet mengurus karena jasa forwarder dengan senang hati membantu Anda. Biaya yang harus dibayarkan untuk menggunakan jasa pihak ke-tiga ini bisa dibayarkan bersama pembayaran pembelian barang. Cukup mudah, bukan?

Di atas adalah hal yang harus diketahui ketika berbelanja di taobao, semoga informasi ini menambah pengetahuan Anda!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Ikuti artikel kami!

Antara Logistic Newsletter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Konsultasi gratis sekarang