Contoh Barang Bebas Import Ke Indonesia Dan Tips Memilih Jasa Pengiriman

contoh barang bebas import ke Indonesia

Dunia bisnis di zaman serba modern seperti sekarang ini, memang cukup berkembang pesat mengingat banyaknya contoh barang bebas import ke Indonesia yang diperjualbelikan kepada masyarakat secara luas. Kelancaran sebuah bisnis yang dijalankan oleh para pebisnis ini, tentu saja tidak terlepas dari adanya bantuan jasa pengiriman barang itu sendiri, bukan? Sebab dengan bantuan jasa pengiriman barang ini, maka para pebisnis mampu mendatangkan berbagai barang import tanpa harus mendatangi toko barang yang diinginkan.

Berbicara mengenai jasa pengiriman barang import, Anda tentu pernah atau bahkan sering mendengar mengenai cara pemilihan jasa layanan yang aman dan terpercaya, bukan? Ya, hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya penipuan maupun kerugian yang dialami oleh para customer yang memesan barang dari luar negeri. Lantas, bagaimana cara memilih jasa pengiriman barang yang sudah terbukti aman dan terpercaya?

Definisi barang import

Jika melihat kegiatan bisnis di zaman sekarang, Anda tentu sering kali melihat banyak sekali contoh barang import yang didatangkan dari berbagai negara di dunia, bukan? Ya, hal inilah yang membuat kalangan masyarakat lebih mudah untuk mendapatkan barang – barang yang diinginkan tanpa harus datang ke tempat asal pembuatan barang yang diinginkannya tersebut.

Meski demikian, tahukah Anda mengenai apa itu barang import sendiri? Secara umum, barang import merupakan suatu barang yang dibeli dari negara lain untuk memenuhi kebutuhan dasar dalam suatu negara. Dalam proses pengiriman barang import ini biasanya memerlukan proses pendampingan oleh pihak bea cukai. Dimana, pihak inilah yang nantinya akan menetapkan tarif pajak kepada setiap produk import kepada para pelaku import.

Dengan adanya penetapan pajak ini, tak mengherankan jika produk import biasanya memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan barang dalam negeri. Akan tetapi, Anda juga perlu tahu bahwa tidak semua produk diperbolehkan masuk sebagai barang import lantaran adanya alasan tertentu.

Macam – macam jenis barang yang bisa diimport ke Indonesia

Jika melihat dari cara mendapatkan barang import murah sendiri, para pelaku bisnis biasanya akan mencari barang – barang tersebut melalui sebuah marketplace tertentu yang memang sudah terpercaya. Terlepas dari hal itu, Anda perlu tahu bahwa dalam istilah kegiatan import sendiri ternyata memiliki macam – macam jenis barang yang bisa diimport ke Indonesia. Agar Anda lebih jelas, bisa menyimak jenis – jenis barang yang bisa diimport ke Indonesia berikut ini :

Jenis barang yang dilarang importnya masuk ke Indonesia :

  1. Aneka baju bekas yang masih layak dijual

  2. Beragam produk percetakan berbahasa Indonesia dan daerah

  3. Peptisida Etilen Dibromida/EDB

  4. Limbah B3

  5. Produk gombal baru dan bekas

  6. BPO (Metil Bromida untuk Fumigasi/pergudangan, CFC dan Halon)

  7. Teknologi mesin yang menggunakan BPO

  8. Udang (jenis Penaeus Vanamae)

Jenis barang yang dibatasi importnya masuk ke Indonesia :

  1. Barang Modal Tidak Baru

  2. Beras

  3. Gula

  4. Hewan dan Produk Hewan

  5. Hortikultura

  6. Jagung

  7. Produk Kehutanan

  8. Ban

  9. Besi atau Baja, Baja Paduan dan Produk Turunannya

  10. Pupuk Bersubsidi

  11. Pelumas

  12. Keramik

  13. Kaca Lembaran

  14. Produk Tertentu

  15. Garam

  16. Tekstil dan Produk Tekstil

  17. TPT Batik dan Motif Batik

  18. Telepon Seluler, Komputer Genggam, dan Komputer Tablet

  19. Nitrocellulose

  20. Bahan Peledak

  21. Bahan Perusak Ozon (BPO)

  22. Minyak, Gas Bumi dan Bahan Bakar Lain

  23. Limbah Non Bahan Berbahaya dan Beracun (B3)

  24. Bahan Berbahaya (B2)

  25. Mutiara

Jenis / contoh barang bebas import ke Indonesia :

Untuk barang bebas import ke Indonesia ini mencakup semua jenis barang yang tidak termasuk pada jenis barang import yang dibatasi maupun dilarang di atas.

contoh barang bebas import ke Indonesia

Bagaimana cara memperoleh barang import dari luar negeri?

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa untuk memperoleh barang import dari luar negara ternyata cukup mudah untuk dilakukan bagi para pebisnis. Apalagi dengan perkembangan dunia internet seperti sekarang ini, proses memperoleh barang import menjadi lebih mudah dan cepat. Nah, untuk mencari supplier barang import dari negara tujuan ini, para pebisnis biasanya akan melakukan beberapa cara seperti berikut :

  • Mencari supplier di marketplace

Pada umumnya, banyak sekali para pebisnis online yang mudah memperoleh supplier barang import hanya dengan mencarinya di marketplace populer yang memang sudah terpercaya. Adapun untuk melakukan pemesanan barang import sendiri, Anda nantinya akan diminta memesan produk yang diinginkan seperti halnya ketika memesan di berbagai situs toko online biasanya.

  • Mencari pihak distributor barang import yang diinginkan

Selain menggunakan supplier di marketplace, Anda juga bisa mendapatkan barang import dengan mencari pihak distributor barang – barang yang diinginkan. Biasanya, pihak yang menjadi tempat jual barang import

ini akan memberikan harga yang tidak jauh berbeda dengan para supplier negara tujuan import. Menariknya lagi, Anda akan lebih mudah untuk memesan barang import karena tidak perlu mengurus bea import dan perizinan import lainnya.

  • Datang ke berbagai event pameran barang import

Selain kedua cara di atas, Anda juga bisa memperoleh barang import dengan mendatangi berbagai event pameran barang import. Dalam pameran tersebut biasanya akan dihadirkan beragam stand booth dari berbagai supplier yang memamerkan barang – barang produksi mereka. Sehingga, hal inilah yang akan membuat Anda lebih mudah untuk mendapatkan barang – barang import sesuai keinginan.

Cara memilih jasa pengiriman barang import ke Indonesia yang aman dan terpercaya

Semakin meningkatnya kebutuhan seseorang akan barang – barang import, menjadikan pebisnis kini harus bisa berpikir keras dalam menentukan pemilihan jasa pengiriman barang. Dalam memilih jasa pengiriman barang import tersebut, para pebisnis bisa memperhatikan beberapa hal di bawah ini untuk menentukan apakah jasa tersebut memang benar aman dan terpercaya atau justru sebaliknya.

  • Memiliki alamat kantor yang jelas

Hal pertama yang bisa Anda lakukan dalam memilih jasa pengiriman barang import yakni dengan memastikan bahwa penyedia layanan memiliki alamat kantor yang jelas. Biasanya, jasa yang terpercaya akan memiliki alamat kantor beserta nomor telepon yang bisa memudahkan customer menghubungi pihak jasa tersebut.

  • Memiliki garansi yang terjamin

Biasanya, jasa pengiriman barang import yang aman dan terpercaya akan memberikan garansi atas barang kiriman para kliennya. Nah, garansi ini biasanya meliputi kepastian barang akan sampai ke alamat tujuan, penggantian atas barang yang rusak maupun hilang dan berbagai garansi lainnya.

  • Memiliki transparansi dalam penagihan

Dalam memberikan informasi tagihan, jasa pengiriman barang import yang aman dan terpercaya biasanya akan dilakukan secara transparan. Bahkan, pihak ekspedisi biasanya juga akan menerima pengukuran ulang mengenai barang yang dikirim oleh para customer untuk memastikan kesesuaian terhadap informasi dari packing list.

  • Perhatikan harga yang ditawarkan

Ketika memilih jasa pengiriman barang import, pastikan Anda untuk memperhatikan harga yang ditawarkan jasa penyedia layanan tersebut. Dalam hal ini, Anda sebaiknya jangan mudah tergiur dengan jasa ekspedisi yang memberikan penawaran harga yang terlalu murah. Sebab, hal ini belum tentu kualitas jasa yang ditawarkan sesuai dengan yang diharapkan.

  • Perhatikan apakah jasa tersebut menerima sistem pembayaran COD atau tidak

Demi memastikan barang sampai dengan selamat ke alamat tujuan, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk memilih metode pembayaran dengan sistem COD (Cash On Delivery). Sistem pembayaran ini umumnya banyak diminati lantaran dinilai lebih aman oleh sebagian besar para pebisnis untuk meminimalisir adanya barang yang hilang ataupun cacat.

Rekomendasi jasa pengiriman barang bebas import ke Indonesia

Dari beberapa tips memilih jasa layanan pengiriman barang bebas import di atas, Anda tentunya bingung untuk menentukan jasa layanan yang tepat, bukan? Namun, Anda tidak perlu lagi khawatir lantaran kali ini ada jasa pengiriman barang yang sudah terbukti aman dan terpercaya dari Antara Logistic. Dengan mengunjungi alamat websitenya di https://antaralogistic.com/ atau menghubungi nomor telepon di 0887433399953, Anda bisa menggunakan jasa pengiriman barang ini dengan berbagai layanan dan proses pengiriman yang menarik di dalamnya.

Nah, itulah beberapa contoh barang bebas import ke Indonesia, tips dan rekomendasi jasa pengiriman barang bebas import yang bisa Anda pilih secara aman dan terpercaya.

Artikel Lainnya

Konsultasi gratis sekarang