Cari Tahu Kenapa dan Bagaimana Bisnis Impor Aksesoris Komputer, Mouse Gaming dll Dari China

impor aksesoris komputer, mouse gaming dll dari china

Sejak corona mulai menyerang seluruh dunia, perekonomian mulai terganggu. Tidak hanya di Indonesia tapi seluruh dunia. Sehingga, banyak aspek bidang usaha yang terganggu terutama area bisnis impor dan ekspor.

Namun, setelah 2 tahun walaupun dunia belum sepenuhnya pulih tapi perlahan perekonomian mulai bangkit. Dan sejak pandemi ini, bisnis ekspor impor pun semakin baik dan bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang menarik.

Karena sejak pemerintah mulai menganjurkan orang-orang untuk di rumah aja, berbagai kegiatan pun mulai dilakukan dari rumah secara daring. Mulai dari sekolah, belajar, bekerja, hingga berbelanja berbagai kebutuhan secara impor.

Kalau kamu masih ragu menjadikan bisnis seperti ini sebagai peluang usaha, inilah beberapa alasannya yang harus diketahui olehmu.

Mudah Mendapatkan Barang dengan Harga Murah

Jika kamu takut barang yang digunakan sebagai modal terlalu tinggi, tidak perlu takut karena ada barang-barang dari China yang memiliki harga murah dan terjangkau. Sehingga tidak akan membuat modal yang harus dikeluarkan menjadi besar.

Barang-barang impor aksesoris komputer, mouse gaming dll dari china yang bisa kamu stok dan bisa kamu dapatkan dari sana dengan harga miring. Selain harganya yang cukup miring, modelnya pun selalu terbaru dan disesuaikan dengan perkembangan saat ini.

Memiliki Banyak Peminat

Produk impor di dari China yang murah membuat modalmu tidak terlalu besar sehingga harga jualmu pun bisa bersaing. Di mana kebiasaan orang Indonesia yang suka membeli barang-barang murah dengan kualitas yang terjamin baik.

Untuk itu, kamu tidak perlu takut terhadap daya beli di Indonesia dan tidak perlu takut memiliki pesaing yang serupa. Selama kamu dapat memberikan harga yang paling pas dengan pelayanan yang baik kepada pelanggan, maka bisnis impor milikmu pun pasti dijamin akan berjalan dengan baik walaupun di tengah pandemi.

Barang Palugada Mudah di Dapatkan

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah palu gada atau singkatan dari apa yang lu mau, gua ada. Dengan fokus pada bisnis impor, kamu tidak terikat hanya boleh menjual barang tertentu. Karena kamu bisa menjual apa pun yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga aksesoris komputer yang memang banyak dicari untuk kelancaran proses bekerja dan belajar secara daring. Makanya, kamu bisa lebih bebas menjual berbagai barang yang memang memiliki fungsi baik dan banyak dibutuhkan oleh orang banyak.

Memang akan lebih baik jika kamu menjual barang dengan lebih bervariasi daripada sekedar menjual satu jenis barang dari merek tertentu saja. Belum tentu barang tersebut dibutuhkan oleh banyak orang.

Bagaimana? Menarik bukan memulai usaha dibidang impor yang ternyata tidak hanya memiliki peluang untung yang besar tapi peluang mendapatkan stok barang dengan mudah juga bisa kamu dapatkan. Tapi pastikan barang-barang yang akan dijual memang memiliki kualitas yang baik ya.

Lalu, bagaimana cara memulai usaha seperti ini? Pasti kamu bingung bagaimana regulasinya agar proses impor barang jadi lebih mudah kan? Tentu saja ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Mulai dari aturan yang harus ditaati hingga bea masuk barang impor.

Jangan sekali-kali mencoba bermain curang ya karena ada hukuman untuk orang-orang yang tidak jujur. Jadi, agar tidak ada kesalahan yang kamu lakukan, yuk simak sampai akhir karena dalam artikel ini akan dibahas bagaimana memulai bisnis impor barang dari China berikut ini.

Impor Barang Masuk ke Indonesia

Impor sendiri dalam dunia perdagangan tentu saja sudah tidak asing. Karena negara kita termasuk salah satu yang paling aktif dalam kegiatan ekspor impor demi baiknya perekonomian negara. Dalam proses tersebut biasanya dilakukan dalam jumlah yang besar namun, seringkali terdapat kendala di bea cukai. Baik di dalam negeri atau pun dari luar negeri.

Untuk menghindari hal tersebut maka dibutuhkan berbagai kelengkapan data yang harus disiapkan seperti lisensi resmi impor di negara kita. Dengan tujuan agar proses impor dapat berjalan tanpa adanya hambatan atau gangguan. Walaupun mendapatkan lisensi seperti itu tidak mudah, tapi tetap harus kamu dapatkan agar bisnismu dapat berjalan dengan baik.

Untuk mengurangi gangguan dalam proses pengajuan lisensi, kamu perlu tahu nih ada 3 jenis lisensi yang bisa digunakan sesuai dengan bidang usaha milikmu, seperti berikut ini.

  • Izin Impor Umum

Kerap kali izin impor umum sering dikenal sebagai API-U. Di mana izin ini dapat digunakan oleh para pedagang yang mengambil barang dari pihak ke tiga untuk kemudian diedarkan di Indonesia. Lisensi ini pun berlaku bagi kamu yang ingin menjual barang jadi. Biasanya proses pembuatan izin ini memerlukan waktu hingga 1 bulan.

  • Izin Impor sebagai Produsen

Dalam peraturan impor barang, izin yang satu ini akan diberikan kepada perusahaan manufaktur, di mana mereka memerlukan bahan baku dari luar Indonesia untuk memproduksi barang-barangnya. Namun, hal ini harus diperhatikan baik-baik karena barang yang diimpor masuk ke Indonesia hanya boleh digunakan untuk proses produksi dan bukan untuk dijual kembali. Jadi, jangan sampai kamu yang mengambil izin API-P ini menyalahgunakan barangnya ya.

  • Izin Impor Terbatas

Untuk izin impor yang terakhir ini, memang cukup rumit karena dikenal dengan API-T atau API terbatas. Biasanya barang yang terbatas memang sulit didapatkan, bukan? Sama halnya dengan izin ini di mana peraturan impor barang sedikit lebih rumit.

Kamu akan mendapat izin dari BKPM atau Badan Koordinasi  Penanaman Modal Indonesia di mana barang tersebut akan dikenakan pajak penghasilan hanay 2,5%. Pajak ini nilainya memang lebih rendah daripada trif normal di angka 7,5%.

Pada dasarnya, kamu harus jujur dengan usaha yang sedang dijalankan. Jika kamu ingin merubah fokus jualanmu, maka izin dagangmu pun harus berubah. Kamu tidak bisa memakai izin usaha trading pada usaha manufaktur. Jadi, jika ada perubahan pastikan kamu pun merubah lisensinya ya.

Itulah 3 lisensi yang perlu didapatkan sesuai dengan bisnis yang sedang dijalani. Lalu, bagaimana memperoleh lisensi tersebut? Berikut ini ada tahapan yang bisa diikuti agar bisa mendapatkan izin melakukan kegiatan impor di Indonesia.

Proses Pengurusan Surat Izin Impor di Indonesia Terbaru

Dalam proses pembuatan lisensi impor di Indonesia, memang dibutuhkan kesabaran dan tenaga ekstra karena walaupun diprediksi memakan waktu 1 bulan lamanya, seringkali bisa molor akibat berbagai kendala hingga 5 bulan.

Makanya, kamu harus menyiapkan waktu lebih dalam proses pengurusan izin seperti ini. Tapi berita baiknya, sekawang sudah ada pemberlakuan sistem izin OSS yang diimplementasikan untuk investor asing. Dalam  prosesnya ada banyak cara-cara yang mulai diringkas sehingga akan lebih memudahkan.

Contohnya, dengan sistem OSS maka para investor tidak lagi memerlukan API dan NIK agar mendapatkan lisensi impor dasar. Setelah para pelaku usaha mendaftar melalui OSS, maka akan didapatkan NIB atau lebih dikenal dengan Nomor Induk Berusaha. Di mana masa berlakunya tidak terbatas atau selama usahamu tetap berjalan.

Dengan menganut sistem OSS ini, mengurus izin pun menjadi lebih mudah. Tapi jangan lupa untuk mentaati dan menyiapkan berbagai teknis lainnya sebagai kelengkapan dokumen ya.

Antara Logistic

Sejak tahun 2018, Indonesia mulai menetapkan sebuah aturan di mana pajak akan dikenakan pada beberapa sektor dagang tertentu. Untuk berkonsultasi mengenai masalah ini, kamu bisa konsultasi mengenai export dan import ke sales representative antaralogistic.com. Tim kami akan membantumu dalam persiapan export import.

Antaralogistic.com selaku perusahaan yang bisa kamu percaya untuk membantunya berkonsultasi terkait pembuatan lisensi impor dan ekspor dengan tujuan untuk bisnis yang akan kamu jalani. Langsung aja hubungi antaralogistic.com karena kami siap membantumu.

Itulah beberapa informasi terkait izin usaha impor. Mudah sih walaupun ada sedikit kerumitan di dalamnya. Tapi kamu tidak akan rugi berbisnis di bidang ini. Kuncinya cuma satu, kamu hanya perlu mengantongi izin agar lebih dimudahkan oleh bea masuk barang impor.

Selama kamu jujur dalam berusaha untuk mengurus izinnya, tentunya tidak ada yang tidak mungkin. Jadi, jangan mudah menyerah ya. Karena masih banyak jalan menuju roma artinya ada banyak jalan kok yang akan terbuka. Apalagi pemerintah dalam usaha mengembalikan perekonomian di Indonesia jadi semuanya pasti akan lebih dimudahkan. Semangat.

Artikel Lainnya

Konsultasi gratis sekarang