Cara Kirim Barang Dari Aliexpress Ke Indonesia

Cara Kirim Barang Dari Aliexpress Ke Indonesia

Anda hobi belanja online? Apakah Anda suka mencoba berbagai macam tempat untuk belanja online? Sudahkah Anda mencoba berbelanja di Aliexpress?

Aliexpress merupakan versi retail dari situs Alibaba.com. Hal yang membedakan ialah penjual yang ada di Alibaba lebih banyak menawarkan barang dalam bentuk grosir. Sementara Aliexpress lebih fokus ke penjualan retail atau jumlah yang lebih kecil.

Perbedaan lainnya adalah penjual di alibaba umumnya hanya menerima pesanan minimum dalam jumlah yang besar. Sementara di Aliexpress jumlah minimum pembeliannya bisa hanya 1 unit barang saja. Penjual yang ada di Alibaba umumnya adalah produsen pabrikan sedangkan penjual di Aliexpress adalah penjual retail.

Cara melakukan pembelian di Aliexpress pun berbeda dengan cara pembelian yang berlaku di Alibaba. Apabila Anda ingin membeli sesuatu di Alibaba, Anda perlu terlebih dahulu menghubungi  dan berkomunikasi dengan penjualnya untuk kemudian melakukan transaksi di luar sistem Alibaba. Tetapi  di Aliexpress, Anda bisa langsung membeli barang dengan cara menekan tombol buy atau beli tanpa perlu melakukan komunikasi dengan penjualnya.

Kelebihan Berbelanja di Aliexpress

Sebelum Anda tahu cara untuk berbelanja di Aliexpress, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dulu tentang apa saja kelebihan yang Anda dapatkan jika berbelanja disana.

  • Produk yang tersedia cukup lengkap

Produk yang disediakan di Aliexpress bisa dikatakan cukup lengkap. Aliexpress menyediakan barang untuk kebutuhan sehari-hari untuk manusia, tanaman bahkan hewan peliharaan.

Sehingga, Anda tidak perlu bingung ketika membutuhkan sesuatu untuk tanaman atau hewan kesayangan Anda.

  • Memberi Garansi

Bagi Anda yang khawatir melakukan pembelian dari luar negeri, Aliexpress memberikan garansi uang kembali apabila barang tidak diterima atau diterima tetapi berbeda dengan yang tertera di deskripsi penjual.

  • Metode Pembayaran yang Bermacam-macam

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan ketika membeli sesuatu di Aliexpress adalah Anda bisa membayar dengan metode yang bervariasi.

Aliexpress menerima pembayaran lewat kartu kredit, doku, alipay dan western union. Meskipun begitu, metode pembayaran paling populer adalah dengan memakai kartu kredit.

  • Harga yang Ditawarkan Bersaing

Harga dari barang-barang yang ditawarkan di Aliexpress bisa dikatakan bersaing dan terjangkau. Bahkan, Anda bisa mendapatkan harga lebih murah apabila membeli dalam jumlah yang banyak.

  • Menyediakan Berbagai Macam Pilihan Metode Pengiriman

Aliexpress menyediakan berbagai macam metode pengiriman yang bisa Anda pilih ketika membeli barang. Menariknya, metode pengiriman manapun yang Anda pilih akan tetap menyediakan tracking untuk mempermudah Anda melakukan tracking pada paket yang Anda beli.

  • Anda Dapat Membeli dalam Jumlah Banyak

Keuntungan lain dari belanja di Aliexpress adalah Anda tidak diberikan batasan atau jumlah maksimum ketika berbelanja. Hal ini akan cocok untuk Anda yang ingin membeli banyak barang untuk dijual kembali nantinya.

  • Pesanan Bisa Dibatalkan

Anda bisa melakukan pembatalan pesanan ketika berbelanja di Aliexpress. Namun perlu diketahui kalau hal ini hanya bisa dilakukan kalau Anda belum melakukan konfirmasi pembayaran.

Kekurangan Belanja di Aliexpress

Selain memberikan beberapa keuntungan yang menarik, Aliexpress juga memiliki beberapa kekurangan yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda ketika hendak berbelanja. Kita akan bahas satu persatu kekurangannya.

  • Waktu Pengiriman yang Tergolong Lama

Hal pertama yang perlu Anda ketahui ketika berbelanja di Aliexpress adalah waktu pengiriman yang cukup memakan waktu. Umumnya, barang akan sampai sekitar 5 sampai 6 minggu setelah dikirim dari seller.

  • Data Ketersediaan Barang yang Kurang Update

Catatan penting yang perlu Anda ketahui sebelum berbelanja di Aliexpress adalah adanya kemungkinan barang yang Anda incar sudah habis meskipun Anda telah melakukan pemesanan.

Hal tersebut terjadi karena kebanyakan seller tidak menyebutkan jumlah barang yang tersedia. Sehingga Anda bisa tahu sisa barang yang masih tersedia di seller.

  • Harga yang Tidak Stabil

Karena Anda membeli barang dari luar negeri, Anda perlu ingat kalau harga dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti kurs Dollar.

  • Kadang Terkena Biaya Tambahan

Perlu dicatat kalau terkadang, Anda akan terkena biaya tambahan dari ekspedisi pengiriman di Indonesia. Umumnya hal tersebut terjadi karena perlu membungkus ulang pelindung barang yang rusak.

  • Bahasa yang Sulit Dipahami

Bagi Anda yang tidak terlalu memahami bahasa China, ada kemungkinan akan kesulitan untuk berbelanja di Aliexpress. Solusinya adalah Anda disarankan untuk berbelanja lewat aplikasi. Sebab terjemahan di aplikasi cukup bisa dipahami dengan baik.

  • Hanya Menjual Produk dari China

Untuk informasi bagi Anda yang tertarik ingin berbelanja di Aliexpress, Anda perlu tahu terlebih dulu kalau Aliexpress hanya menjual produk dari China. Sehingga Anda akan kesulitan jika ingin membeli produk dari brand global di Aliexpress.

Karena itulah, Anda dianjurkan untuk mencari dan membeli produk China jika memang tertarik ingin mencoba berbelanja di Aliexpress.

Bagi Anda yang tertarik untuk membeli sesuatu dari Aliexpress, Anda mungkin akan bertanya-tanya bagaimana cara  kirim barang dari Aliexpress ke Indonesia bukan? Akan kami bahas disini. Namun sebelum itu, Kami akan bahas perusahaan yang akan membantu proses pengiriman.

Forwarder

Forwarder merupakan sebutan bagi perusahaan atau jasa yang akan membantu Anda ketika hendak melakukan pengiriman dari suatu negara ke negara lain. Karena itulah, jika Anda ingin membeli barang dari Aliexpress, Anda perlu mencari perusahaan forwarder yang melayani pengiriman barang dari China.

Kelebihan dari perusahaan forwarder adalah umumnya mereka bisa mengirim barang dalam jumlah besar ke alamat Anda secara langsung. Keunggulan dari perusahaan forwarder selain dalam hal pengiriman barang ialah juga membantu Anda dalam pengurusan hal yang berhubungan dengan pabean atau urusan bea dan cukai.

Contoh urusan bea dan cukai yang dibantu oleh perusahaan forwarder adalah pengurusan izin impor, pembayaran pajak, bea masuk dan beragam hal lainnya.

Barang akan dikirimkan ke tempat Anda setelah semua urusan yang berkaitan dengan pabean selesai.

Skema Pengiriman dengan Memakai Forwarder

Setelah mengetahui apa itu perusahaan forwarder, untuk selanjutnya Kita akan bahas tentang skema pengiriman barang yang memakai jasa perusahaan forwarder.

  1. Anda  membeli barang dari reseller yang ada di China
  2. Anda akan meminta barang yang Anda beli tersebut dikirimkan ke gudang di China
  3. Perusahaan forwarder akan menerima barang yang Anda pesan dan akan bertanggung jawab untuk mengirimkannya ke Indonesia.
  4. Perusahaan forwarder kemudian akan mengurus segala yang berhubungan dengan bea dan cukai termasuk pembayaran pajak dari barang yang Anda beli.
  5. Jika semua urusan telah selesai diurus, perusahaan forwarder akan melakukan pengiriman barang menuju ke rumah Anda.

Ada Berapa Jenis Forwarder?

Selanjutnya, kita akan bahas ada berapa jenis perusahaan forwarder yang tersedia? Sebagai informasi, perusahaan forwarder terbagi atas dua jenis yaitu:

  • Forwarder Udara

Sesuai namanya, forwarder udara merupakan perusahaan yang melakukan pengiriman dengan memakai jalur udara

  • Forwarder Laut

Sementara forwarder laut adalah perusahaan forwarder yang membantu Anda dengan cara melakukan pengiriman barang melalui jalur laut.

Bagaimana Cara Menghitung Tarif Forwarder?

Setelah mengetahui tentang skema dan jenis dari perusahaan forwarder, sekarang waktunya Anda mengetahui cara menghitung tarif dari perusahaan forwarder.

Tarif atau biaya dari perusahaan forwarder umumnya ditentukan dari volume serta berat dari barang yang akan dikirimkan.

Forwarder Udara

Untuk forwarder udara, tarif yang dikenakan akan dihitung dari volume dan berat paket yang dikirimkan setelah dikonversikan ke dalam kg.

Kuota minimum untuk pengiriman yang dilakukan dengan memakai jasa forwarder udara adalah 5 kg.

Sedangkan tarif untuk barang umum ada di kisaran harga Rp 170.000 sampai Rp 190.000 /kg.

Forwarder Laut

Sementara untuk forwarder laut, tarif akan dihitung berdasarkan volume dari barang yang dikirimkan atau bisa juga konversi berat barang ke dalam volume.

Tarif  yang dikenakan untuk pengiriman barang umum dengan memakai jasa perusahaan forwarder laut adalah sekitar 6 sampai 7 juta Rupiah per M3 atau meter kubik.

Kuota minimum untuk pengiriman barang dengan memakai forwarder laut adalah adalah sekitar 0,5 M3.

Biaya pengiriman yang  disebutkan di atas sudah termasuk biaya untuk mengurus pabean, pajak, bea masuk dan juga biaya untuk pengiriman ke alamat tujuan di area terbatas.

Bagaimana Cara Belanja dan Kirim Barang dari Aliexpress Ke Indonesia?

Selanjutnya, kita akan bahas cara kirim barang dari aliexpress ke Indonesia dengan memakai forwarder. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

Putuskan Terlebih Dahulu Barang yang Akan Dibeli dan Cari Perusahaan Forwarder

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memutuskan terlebih dahulu barang apa yang ingin Anda beli dari luar negeri. Setelah itu disarankan supaya Anda mencari informasi tentang perusahaan forwarder. Berikut langkah lengkapnya.

  • Pikirkan barang yang ingin Anda beli dari Aliexpress.
  • Putuskan juga jumlah barang yang akan Anda beli.
  • Cari perusahaan forwarder yang melayani pengiriman dari China sampai Indonesia, Anda bisa mencarinya di Google.
  • Carilah perusahaan forwarder yang telah berpengalaman dan terpercaya.
  • Anda bisa berkonsultasi dengan perusahaan forwarder terlebih dahulu mulai dari tentang masalah tarif pengiriman, berapa lamanya waktu pengiriman, alamat gudang yang ada di China sampai tentang Marking Code.
  • Marking code merupakan sebutan untuk kode khusus yang dituliskan di paket yang dikirim. Kode tersebut merupakan langkah identifikasi kalau paket yang dikirimkan tersebut adalah milik Anda.

Melakukan Kontak dengan Seller di Aliexpress

Setelah tahu apa yang ingin Anda beli dan telah menemukan perusahaan forwarder terpercaya, maka langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah melakukan kontak dengan seller yang ada di Aliexpress. Berikut cara lengkapnya.

  • Buka halaman website dari Aliexpress
  • Login ke akun Anda
  • Apabila Anda belum memiliki akun,  maka silakan daftar terlebih dahulu melalui menu Join dan pilihlah menu Join Free 
  • Setelah memilih menu Join Free isilah data diri yang diperlukan seperti alamat email serta password yang akan Anda gunakan untuk mengakses Aliexpress.
  • Sistem Alibaba dan Aliexpress tersambung satu dengan yang lainnya. Sehingga jika Anda memiliki akun di satu website, Anda akan bisa mengakses website yang satunya juga.
  • Pilihlah menu create account 
  • Setelah akun Aliexpress Anda siap, Anda tinggal mencari barang yang Anda inginkan melalui kolom pencarian. Anda bisa menuliskan nama barang dalam bahasa Inggris.
  • Jika hasil pencarian barang sudah keluar, pilihlah barang yang Anda inginkan dengan cara klik pada gambarnya.
  • Setelah gambar di klik, maka akan keluar halaman iklan dari produk tersebut
  • Anda bisa kontak seller dan mengatakan kalau Anda berminat dan ingin membeli produk dari mereka dan dikirimkan ke gudang forwarder di China.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda bicarakan dengan seller.

  • Harga serta ongkos kirim ke gudang forwarder di China
  • Berat serta volume barang (Dijadikan estimasi biaya kirim ke Indonesia)
  • Jangan lupa untuk memberikan alamat dari gudang forwarder pilihan Anda kepada seller
  • Ingatlah untuk memberitahukan marking code Anda kepada seller.

Proses Pembelian Barang di Aliexpress

Setelah selesai melakukan komunikasi dengan seller, sekarang Anda sudah bisa melakukan pembelian di Aliexpress. Berikut cara lengkapnya.

  • Pada halaman iklan barang, isi berapa jumlah barang yang kita ingin beli.
  • Jika sudah, tekan menu Buy Now
  • Ketika masuk ke halaman untuk mengisi alamat, tetap masukkan data Anda di Indonesia seperti nama, alamat serta nomor telepon yang bisa dihubungi. Namun, tetap ajukan permintaan untuk mengirimkan barang tersebut ke gudang forwarder di China.
  • Setelah mengisi data, Anda akan diminta untuk memilih metode pembayaran. Masukkan metode pembayaran yang akan Anda gunakan. Setelah review, Anda sudah bisa melakukan pembayaran.
  • Apabila Anda sudah melakukan pembayaran, maka Anda sudah bisa melakukan proses konfirmasi ke seller.
  • Mintalah bukti invoice atau packing list dalam format excel dan PDF.
  • Selanjutnya Anda hanya perlu menunggu paket pesanan Anda sampai.

Pelacakan Paket

Selama menunggu paket pesanan Anda datang, Anda bisa melakukan proses pelacakan paket dengan memakai tracking number yang sudah disediakan oleh seller. Berikut cara melakukannya.

  • Untuk mengetahui berapa tracking number Anda, silakan lakukan log in ke akun Aliexpress milik Anda.
  • Masuklah ke menu My Orders
  • Jika sudah masuk ke menu My Orders, pilih order mana yang ingin Anda track dan pilihlah menu view detail.
  • Lihat pada menu Logistic Information. Di dalam menu tersebut ada informasi tentang tracking number milik Anda serta metode pengiriman yang digunakan.
  • Setelah Anda mengetahui tentang packing list, tracking number serta invoice, jangan lupa juga untuk menginformasikan hal tersebut kepada perusahaan forwarder.
  • Jika barang yang Anda beli sudah masuk ke dalam gudang milik perusahaan forwarder, perusahaan forwarder akan mengirimkan barang tersebut ke Indonesia.
  • Jika barang tersebut sudah sampai ke Indonesia, perusahaan forwarder akan mengurusi segala hal yang terkait dengan pajak, pabean dan segala hal lainnya.
  • Kemudian, perusahaan forwarder akan memberikan informasi kepada Anda tentang paket serta biaya yang perlu Anda bayarkan.
  • Anda bisa membayarkan biaya tersebut kepada perusahaan forwarder
  • Perusahaan forwarder akan mengirimkan barang ke alamat Anda.

Sebagai catatan, jika alamat Anda masih berada dalam jangkauan wilayah perusahaan tersebut, Anda akan bebas dari kewajiban membayar biaya pengiriman. Tetapi jika rumah Anda tidak berada di dalam jangkauan wilayah pengantara mereka, maka Anda perlu membayar biaya pengiriman. Kemudian, barang akan dikirim melalui ekspedisi lokal.

Itulah cara kirim barang dari Aliexpress ke Indonesia apakah Anda tertarik untuk mencoba berbelanja juga di Aliexpress? Barang apa yang ingin Anda coba untuk beli?

Semoga informasi ini akan memberikan manfaat untuk Anda yang gemar berbelanja terutama secara online.

Artikel Lainnya

Konsultasi gratis sekarang