Cara Belanja di Alibaba Pakai Rupiah

Suatu negara sudah pasti memiliki banyak sekali sumber daya alam di dalamnya sehingga negara tersebut dapat mengekspornya ke negara luar dan memiliki keuntungan karena itu. Selain mengekspor, suatu negara juga membutuhkan produk-produk yang tidak tersedia. Oleh karena itu, maka hal tersebut memungkinkan terjadinya kegiatan mengimpor barang dari luar negeri. Biaya manufaktur di Asia bisa jauh lebih rendah daripada Amerika Utara dan wilayah lain, dengan sedemikian rupa sehingga bagi banyak bisnis, bisa sangat sulit untuk mendapat untung jika bukan untuk manufaktur di luar negeri.

Dalam memulai bisnis online, ada dua ide yang harus diperhatikan yaitu produk dan penawaran. Jika Anda sudah tahu produk yang sedang tren atau rencana bisnis Anda, langkah selanjutnya adalah menemukan supplier (pemasok) yang tepat.

Harga yang terjangkau merupakan satu pertimbangan yang paling sering dijumpai. Hal inilah yang mungkin jadi alasan mengapa produk China menjadi andalan bagi para konsumen, khususnya di Indonesia. Meskipun begitu, kualitasnya tetap terjamin. Alasan paling umum banyak pengusaha melihat ke Asia, dan khususnya Cina untuk pemasok produk adalah untuk mengambil keuntungan dari biaya produksi yang rendah.

Jika Anda telah memutuskan dan bertekad untuk mencari pemasok Anda dari luar negeri, ada kemungkinan besar Anda akan membeli dari dropshipping Alibaba. Secara angka, Alibaba termasuk perusahaan e-commerce terbesar di dunia dan juga merupakan direktori paling luas yang menghubungkan pemasok dengan pembeli dari seluruh dunia.

Berikut cara membeli barang di Alibaba:

  1.           Anda harus mendaftar dulu di situs Alibaba.

Jika anda sudah mempunyai akun anda bisa langsung log in.

  1.             Cari barang yang akan dibeli.

Cara yang paling mudah untuk mencari barang yaitu memasukkan keyword pada kotak pencarian. Anda bisa menggunakan filter di samping kiri untuk pencarian yang spesifik.

Seperti contoh: category men T-shirt atau women T-shirt, lokasi supplier. Dll

Atau jika Anda ingin mengambil barang jumlah banyak bisa menggunakan tab Supplier di sebelah kotak pencarian.

  1.             Kirimkan permintaan penawaran (Request for Quotation, disingkat RFQ)

Anda juga dapat meminta penawaran yang sesuai dengan kebutuhan produk Anda, lalu membandingkannya langsung dengan beberapa pemasok. Klik “Submit RFQ” dan masukkan permintaan Anda di tempat yang tersedia.

  1.             Periksa verifikasi pada profil supplier.

Hal ini penting, jadi begitu Anda menemukan pemasok dari mesin pencari atau berdasarkan RFQ, kunjungi halaman profil mereka untuk memastikan keabsahannya. Lencana profil bermanfaat untuk memastikan bahwa Anda akan memakai jasa pemasok terverifikasi

  1.             Carilah pemasok yang memiliki gudang di negara Anda.

Pemasok di Alibaba tersebar di banyak negara. Untuk mempersempit pencarian, carilah pemasok dalam negeri, atau yang memiliki gudang di indonesia. Hal ini akan memperpendek waktu pengiriman dan meniadakan biaya cukai.

Setelah semuanya sudah dipesan, selanjutnya adalah adalah proses pembayaran. Banyak cara pembayaran yang disediakan oleh Alibaba.com diantaranya adalah dengan kartu kredit, e-Cheking atau T/T Bank transfer. Masing-masing keterangan pembayaran sudah dijelaskan pada website. Secara umum anda bisa membayar Supplier dengan cara Transfer, Western Union, dengan Alibaba Secure Payment (bisa pakai Kartu Kredit) atau dengan metode yang lain yang anda sepakati dalam negosiasi dengan pihak supplier.

Setelah mencapai kesepakatan produk, harga, pengiriman dan lain-lain, anda bisa meminta kepada supplier untuk mengirimkan Invoice ke email anda. Setelah itu anda dapat melakukan pembayaran. Tapi terkadang banyak dari calon customer yang belum memiliki kartu kredit, atau yang menjadi kendala adalah belum pernah transaksi internasional. Untuk bisa melakukan pembayaran menggunakan uang Rupiah, maka lebih baik Anda pilih metode pembayaran menggunakan Western Union. Untuk melakukan pembayarannya, Anda bisa melalui beberapa tempat yang mudah ditemui di sekitar Anda yaitu Indomaret, Alfamart, Kantor Pos, Pegadaian, dan beberapa tempat lainnya.

jika mengalami kesulitan saat order barang, anda bisa menggunakan jasa titip Antara Logistic. Kami akan membantu memudahkan Anda untuk impor barang.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi CS kami klik link Whatsapp ini.

 

 

 

 

Artikel Lainnya

Konsultasi gratis sekarang