Belanja Dari Alibaba Kirim Ke Indonesia Terbaru 2022

belanja dari alibaba kirim ke indonesia terbaru 2022

Ada inovasi berbelanja online tentunya akan sangat mwmusah anda dalam bertransaksi jual beli, bahkan di platform jual beli online pun sekarang bisa melakukan pembelian suatu  barang secara online. Jelas ini akan sangat memudahkan anda untuk mencari barang di luar negeri. Terkadang memang ada barang yang cukup sulit temukan di Indonesia, sehingga para konsumen Indonesia pun mencari toko online dari luar negeri yang menjual barang yang sedang dicari.

Alibaba menjadi salah satu platform jual beli online yang menyediakan berbagai barang dari luar negeri. Platform jual beli online ini merupakan platform jual beli online terbesar dari China. Karena dari China tentunya sebagai pengguna baru akan cukup kesulitan tentang cara belanja dari Alibaba kirim ke Indonesia terbaru 2022. apakah caranya sulit?

Tenang saja, ternyata bukanlah hal sulit untuk berbelanja di Alibaba. Lantas bagaimana caranya? Untuk mengetahui caranya anda bisa langsung saja untuk simak ulasan berikut ini.

Mengenal Alibaba

Alibaba merupakan platform jual beli online atau e-commerce yang didirikan oleh Jack Ma. Jack Ma merupakan orang terkaya di China menurut Forbes. Total kekayaannya mencapai USD 41.4 miliar atau setara dengan Rp 588 triliun (kurs Rp 14.193) pada tahun 2021.

Perlu anda ketahui juga jika Alibaba biasanya hanya menyediakan penjualan berskala besar. Karena hal ini pada umumnya mereka menyediakan produk dengan kuantitas besar atau tidak melayani pembelian satuan atau eceran.

Bagi anda yang seorang supplier tentunya Alibaba bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mencari barang dalam skala besar, sebab biasanya harga juga lebih murah. Selain itu perlu diketahui juga jika Alibaba tidak menyediakan fitur penjualan lewat website secara langsung. Sehingga anda yang mau membeli harus menghubungi penjual lewat fitur chat atau telepon.

Nah, sebelum anda melakukan transaksi pembelian, tentunya anda harus memiliki akun di Alibaba terlebih dahulu. Lantas bagaimana cara membuat akun? Untuk mendapatkan jawabannya langsung saja silahkan simak penjelasan berikut ini!

Cara Buat Akun Alibaba

Sama seperti e-commerce lainnya, pembeli yang ingin membeli barang di Alibaba memang harus memiliki akun Alibaba terlebih dahulu. Untuk cara membuatnya bukanlah hal yang sulit, tunggal ikuti saja beberapa langkah berikut ini.

1. Masuk ke Situs Resmi Alibaba

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah anda harus masuk terlebih dahulu di laman resmi dari Alibaba. Silakan langsung saja ketikan alibaba.com di browser perangkat anda.

2. Klik Join Free

Selanjutnya setelah masuk, anda bisa klik “Join Free” yang ada di sebelah kanan pada halaman utama.

3. Isi Formulir

Akan muncul formulir yang harus diisi. Ya, anda atau calon pembeli memang harur mengisi formulir tersebut secara lengkap sesuai yang diperintahkan. Setelah selesai mengisi, bisa klik “Agree and Register”

4. Masukan Kode Verifikasi

Anda akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi. Setelah mendapat kodenya bisa ketikan koda pada kolom yang tersedia, lalu klik “Submit”.

5. Selesai

Pembuatan akun pun sudah selesai, sekarang anda sudah bisa menggunakan Alibaba untuk berbelanja barang yang dibutuhkan.

Bagaimana mudah sekali kan mendaftar atau membuat akun di Alibaba? Tak ada salahnya sesekali mencoba berbelanja di Alibaba, tak menutup kemungkinan Alibaba bisa saja menjadi partner bisnis online yang tepat untuk anda. Lalu bagaimana belanja dari Alibaba kirim ke Indonesia terbaru 2022?

Cara Mudah Berbelanja di Alibaba

Cara Berbelanja di Alibaba bukanlah hal yang sulit dan hampir sama dengan platform jual beli lainnya. Nah, langsr saja inilah beberapa cara atau langkah yang bisa dilakukan untuk memesan dan berbelanja barang di Alibaba.

1. Membuat Akun di Alibaba

Pastikan untuk membuat akun terlebih dahulu. Untuk cara membuatnya bisa melihat cara yang sudah dijelaskan sebelumnya.

2. Cari Produk yang Ingin Dibeli

Setelah membuat akun, barulah anda bisa memulai mencari produk yang ingin dibeli. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencari produk yang ingin dibeli. Caranya adalah sebagai berikut ini.

Menu Category: untuk menggunakan cara ini awalnya adalah pilih menu categories, lalu pilih produk sesuai yang  diinginkan. Misalnya, anda pilih menu categories gadget, untuk mencari produk seperti smartphone, tab, hingga monitor atau hal lainnya yang berhubungan dengan gadget.

Menu My Market: dengan ini anda bisa cari barang yang sesuai dengan pilih menu My Market di halaman depan website Alibaba.

Search Box: Anda juga bisa mencari barang menggunakan Search Box, jika menggunakan ini maka anda dapat tulis barang apa yang diinginkan di kolom search box. Maka semua jenis barang terkait hal yang diketik akan muncul.

Sedikit tips untuk anda, ada baiknya untuk tidak buru-buru memasang barang, sebagian bandingkan terlebih dahulu barang di antara toko. Tidak sekadar membandingkan merk, kualitas, tapi juga harganya, detail produk, ulasan atau review, dan hal lainnya.

3. Membuat Kesepakatan Dengan Penjual

Jika sudah menemukan toko atau penjual yang dirasakan tepat, maka sekarang anda bisa membuat kesepakatan dengan penjual. Untuk melakukan kesepakatan, anda bisa menghubungi penjual melalui chat atau kirim pesan secara langsung ke supplier atau penjual, dengan klik ikon chat atau kontak di bawah produk.

Pada fitur chat anda bisa menanyakan masalah ketersediaan produk, transaksi yang digunakan, kemudian jasa pengiriman yang digunakan. Karena Alibaba adalah marketplace luar negeri, maka silahkan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Mandarin.

Anda pun diperbolehkan untuk negosiasi seperti menawar harga agar lebih murah kepada supplier, jika supplier setuju maka tentunya anda bisa mendapatkan harga lebih murah. Anda bisa juga memberikan nomor atau kontak yang bisa dihubungi, seperti nomor WA dan sebagainya sehingga bisa melakukan transaksi di luar Alibaba.

Perlu diwaspadai para calon pembeli adalah untuk mengecek akun bisnis penjual. Sebab tidak menutup kemungkinan ada penjual nakal yang bisa menipu para calon pembeli. Maka dari itu selalu hati-hati dalam membeli barang di e-commerce.

4. Pilihan Metode Pengiriman

Selanjutnya adalah pilih metode pengiriman barang. Bagaimana cara untuk mengetahui pilihan pengiriman barangnya? Seperti yang sudah dibahas, bahwa para calon pembeli  bisa komunikasikan terkait hal pengiriman juga ke penjual.

Silakan lakukan komunikasi terlebih dahulu, agar nantinya anda bisa mendapatkan pengiriman yang cocok dan murah, lakukanlah negosiasi yang baik dengan penjual tersebut.

Di Alibaba sendiri sebenarnya menyediakan beberapa macam jasa ekspedisi untuk mengirim barang seperti DHL, Fedex, dan Express Mail Service (EMS). Untuk pengiriman ke Indonesia lebih dirasakan menggunakan DHL atau EMS. Hal ini lantaran kedua ekspedisi tersebut sudah terkenal dan sudah banyak dipakai di Indonesia. Jadi lebih terjamin.

5. Melakukan Proses Pembayaran

Tahapan selanjutnya adalah anda sebagai pembeli harus melakukan proses pembayaran yang sudah disepakati sebelumnya. Tenang saja, mengenai detail pembayaran akan dicantumkan pada detail produk.

Di Alibaba pun ada beberapa metode pembayaran yang bisa digunakan. Tentunya juga bisa membayar dengan mata uang rupiah. Jika ingin menggunakan mata uang rupiah, pembeli disarankan untuk menggunakan Western Union. Pembayaran ini bisa dilakukan dengan bantuan kantor Pos, Indomaret, Alfamart, dan Pegadaian.

6. Konfirmasi Pesanan dan Tunggu Pesanan Sampai ke Alamat

Proses selanjutnya adalah tinggal konfirmasi pesanan kemudian tunggu saja sampai pesanan sampai. Maeent dari luar negeri, maka waktu sampai barang jelas lebih lama dibandingkan saat memesan barang online di dalam negeri. Anda memang harus sabar menunggu. Sebenarnya berapa lama estimasi barang sampai ke alamat?

Setidaknya akan dibutuhkan waktu paling lambat dua minggu hingga dua bulan. Semuanya bergantung dengan jasa pengiriman yang digunakan.

Nah, itulah beberapa cara Belanja dari Alibaba kirim ke Indonesia terbaru 2022. Bagaimana tentunya cara berbelanja di Alibaba bisa dilakukan dengan mudah kan?

Hal yang Membuat Barang Tak Kunjung Datang

Terkadang ada beberapa hal yang bisa membuat barang pesanan dari Alibaba tak kunjung datang. Salah satunya adalah dikarenakan barang tertahan di bagian bagian pajak atau bea cukai. Jika hal yang demikian terjadi apa yang harus dilakukan?

Jika memang dikarenakan hal tersebut, maka anda harus mengurus pajak yang menahan barang tersebut. Jika tidak diurus maka jelas barang tidak akan sampai ke rumah anda atau ke alamat tujuan.

Selain itu, jika anda mengalami kesulitan dalam proses berbelanja maka bisa langsung saja untuk menghubungkan customer service Alibaba di laman https://service.alibaba.com/page/home?pageId=122.

Jadi bagaimana apakah anda tertarik untuk berbelar di Alibaba? Alibaba sendiri pun memiliki berbagai macam kelebihan yang mungkin saja bisa membuat anda makin tertarik untuk berbelanja di platform jual beli online satu ini. Kira-kira apa sajakah kelebihan?

Berbagai Kelebihan Dari Alibaba

Alibaba sendiri dipilih kebanyakan pembeli dalam skala besar bukan tanpa alasan. Ya, ada beberapa kelebihan yang bisa dirasakan oleh para pembeli. Kelebihan inilah yang membuat makin banyak orang tertarik untuk membeli berbagai produk dari marketplace yang satu ini. Nah, berikut ini adalah beberapa kelebihan yang perlu anda ketahui.

1. Banyak Barang Cocok Untuk Berbagai Bidang

Kelebihan yang pertama adalah banyaknya variasi produk yang dimiliki oleh Alibaba, jelas sebagai marketplace besar maka jelas ada banyak penjual di Alibaba yang menawarkan berbagai jenis produk.

Banyaknya produk pun tidak terbatas dalam satu bidang saja. Ya, anda bisa menemukan berbagai produk untuk berbagai keperluan di segala bidang, seperti kecantikan, fashion, elektronik, pendidikan, kesehatan, dan masih banyak lagi.

2. Harga Lebih Murah

Kelebihan selanjutnya ini bisa saja menjadi salah satu kelebihan yang paling disukai. Ya, bisa dibilang jika produk di Alibaba memiliki harga yang relatif murah. Murah bukan berarti murahan atau tanpa kualitas. Sebab biasanya produk yang dijual adalah produk dari pabriknya langsung sehingga kualitas termasuk baik.

Karena dari pabriknya langsung maka produk tidak akan melewatkan distributor sehingga tidak heran jika harganya lebih murah. Dengan harga beli yang murah keuntungan yang didapatkan pun bisa lebih banyak.

3. Kuantitas Makin Banyak Makin Untung

Harga produk di Alibaba memang sudah tergolong murah, tapi jika anda beli lebih banyak maka harganya bisa lebih murah lagi. Perlu diketahui jika ada pembatasan dengan jumlah terkecil. Sehingga memang lebih baik yang membeli barang dalam skala besar.

Tapi terkadang tidak ada informasi penjelasan harga produk untuk jumlah tertentu di kluster produk. Jika demikian maka silahkan untuk tanyakan langsung kepada penjual melalui fitur chat yang sudah disediakan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika anda bisa melakukan negosiasi masalah harga agar bisa lebih murah lagi.

Jadi itulah beberapa kelebihan yang bisa anda rasakan jika berbelanja di Alibaba. Alibaba memang sangat diperuntukkan untuk anda yang merupakan penjual dalam skala besar atau seorang supplier.

Kekurangan Berbelanja di Alibaba

Tak hanya memiliki kelebihan, tapi ada juga beberapa kekurangan yang bisa terjadi kepada para pembeli si Alibaba. Ya, sebagai calon pembeli, anda juga harus mengetahui tentang kekurangannya agar anda bisa meminimalisasi risiko dari kekurangan yang ada. Lantas apa saja kekurangannya? Berikut adalah jawabannya.

1. Tampilan Asli Barang Berbeda dengan Foto

Ini bisa dibilang menjadi salah satu kekurangan berbelanja online, tidak hanya di Alibaba saja tapi bisa terjadi dimanapun anda membeli barang secara online. Perlu diketahui terkadang untuk menarik perhatian pastinya foto dari barang yang dijual sudah mengalami proses pengeditan dan tentunya menggunakan kamera yang bagus, sehingga produk bisa terlihat menarik.

Maka itu, tidak menutup kemungkinan barang yang anda beli akan terlihat berbeda dari yang anda lihat si foto. Mungkin saja warna produk ternyata tidak seterang di foto, dan sebagainya.

2. Memberlakukan Jumlah Minimum Pembelian

Kekurangan lainnya adr adanya pembatasan pembelian jumlah minum. Ya, seperti yang sudah disebutkan jika Alibaba hanya menjual produk dalam skala besar. Hal ini tentunya menjadi salah satu kekurangannya, sebab tidak semua orang dapat membeli di Alibaba. Memang hanya para pedagang atau supplier besar saja yang lebih sering membeli barang di Alibaba.

3. Barang Bisa Lama Sampai

Kekurangan selanjutnya adalah barang yang dikirim bisa saja telat sampai ke alamat tujuan. Memang waktu tempuh dari luar negeri ke Indonesia jelas lebih lama jika dibandingkan membeli barang dari dalam negeri. Untuk itu anda sebagai pembeli harus sabar menunggu.

Itulah beberapa Kekurangan dari berbelanja di Alibaba. Nah, asa beberapa tips bisa anda lakukan agar makin nyaman berbelanja di Alibaba.

Tips Berbelanja di Alibaba Agar Makin Nyaman

Untuk anda yang mau berbelanja di Alibaba, maka berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diterapkan. Langsung saja inilah beberapa tipsnya.

  • Anda bisa terlebih dahulu melakukan verifikasi tentang supplier atau penjual yang akan dipilih.
  • Silakan untuk meluangkan waktu untuk melihat produk yang sama dari beberapa pemasok, ini dipak untuk pembanding
  • Pastinya untuk Bandingkan harga dan kualitas produk secara seksama dan cermat
  • Pastikan untuk selalu melakukan komunikasi yang intens dengan pemasok agar tidak terjadi miss komunikasi
  • Lalu lebih baik untuk selalu bersikap fleksibel ketika menegosiasikan harga dengan pemasok
  • Sebaiknya anda hanya membeli produk yang divalidasi demi menghindari masalah hukum di kemudian hari
  • Jangan sekalipun membeli produk dari merek-merek ternama. Hal ini karena tidak menutup kemungkinan barang tersebut adalah tiruan. Jika sampai membeli maka Anda akan mengalami masalah hukum karena menjual produk berlisensi tanpa persetujuan atau menjual produk KW.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan agar aman dan nyaman saat berbelanja di Alibaba. Itulah sedikit penjelasan tentang Belanja dari Alibaba kirim ke Indonesia terbaru 2022 dan informasi lainnya.

Artikel Lainnya

Konsultasi gratis sekarang