Baju Import, Kelebihan serta Alasan Lebih Disukai

baju import

Dapat dikatakan jika sekarang ini brand fashion internasional atau baju import masih kuasai pasar busana masyarakat menengah ke atas Indonesia. Pastinya ada alasan untuk itu. Padahal produk yang berasal dari dalam negeri atau produk brand lokal juga tidak kalah jika dibandingkan dengan brand luar negeri. Bahkan beberapa produk brand luar negeri yang terkenal justru dibuatnya di dalam negeri.

Namun, tetap saja masih banyak atau hampir sebagian besar orang memilih untuk membeli dan memakai baju import brand luar negeri. Lalu apa kelebihan dari produk pakaian import dibandingkan dengan pakaian lokal? Nah, pada artikel ini akan membahasnya. Simak hingga selesai, ya!

Kelebihan dari Produk Fashion atau Baju dari Luar Negeri (Import)

Pada kesempatan kali ini, di sini akan membahas tentang kelebihan dari produk pakaian luar negeri. Seperti yang diketahui, jika produk import sekarang ini sangat diminati apalagi di Indonesia. Produk tersebut yang banyak dicari seperti produk fashion. Lalu sebenarnya apa saja kelebihan dari produk fashion yang berasa dari luar negeri atau import sehingga banyak masyarakat menggandrunginya.

  1. Harga Barang yang Relatif Lebih Murah

Sudah jadi rahasia yang umum jika masalah mengenai harga barang import seperti pakaian mempunyai harga yang cenderung lebih rendah apabila dibandingkan dengan harga barang atau pakaian lokal. Ini disebabkan karena biaya produksi barang atau pakaian import yang cenderung lebih rendah atau kecil. Umumnya pabrik luar negeri akan tekan biaya produksi supaya harga barang dihasilkan menjadi relatif lebih murah.

  1. Model dari Produk yang Beragam

Alasan kedua mengapa produk import lebih disukai karena mempunyai model produk yang beragam. Pabrik luar negeri kerap sekali untuk melakukan inovasi. Itu termasuk inovasi untuk desain, model ataupun warna. Ini tentunya membuat produk tersebut menjadi cenderung lebih beragam dibandingkan dengan produk dalam negeri. Sedangkan untuk produsen di dalam negeri atau produk lokal, kebanyakan meniru inovasi dari produk-produk import sehingga terkadang untuk tekan biaya produksi supaya bisa untuk bersaing dengan produk baju import. Bahkan tak jarang menurunkan kualitas dari produk.

  1. Kemasan Produk yang Menarik

Alasan selanjutnya produk import banyak digandrungi adalah karena mempunyai kemasan produk yang menarik. Produsen produk luar negeri atau import biasanya tidak akan secara tanggung-tanggung apabila mengeluarkan suatu produk. Tak hanya produknya yang beragam dengan berbagai harga yang murah, namun mereka pun tawarkan kemasan menarik. Bahkan untuk sejumlan produk luar negeri dibuat dengan kemasan yang memiliki kesan mewah.

Kemasan memang menjadi salah satu faktor yang dapat menarik pembeli. Itu karena kemasan yang bagus bisa menjadi tanda atau bukti jika produk adalah produk yang berkualitas. Dengan begitu akan semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli produk tersebut.

  1. Kualitas Produk yang Baik

Alasan yang berikutnya produk luar negeri atau import banyak disukai karena umumnya mempunyai kualitas yang baik. Tak dapat untuk dipungkiri jika produk import seperti baju memiliki kualitas jahitan dan bahan yang lebih baik jika dibandingkan dengan produk dari dalam negeri atau lokal. Itu karena mempunyai kaitan dengan alat produksi yang terdapat di pabrik luar negeri lebih maju dibandingkan dengan yang ada di Indonesia. Walaupun kualitas bahan serta jahitan lebih baik, namun harga yang ditawarkan oleh produsen luar negeri dapat dikatakan lebih murah jika dibandingkan dengan produk lokal atau dalam negeri.

Dengan semua kelebihan produk import tawarkan ini pastinya yang menjadi alasan konsumen Indonesia banyak memburunya. Apalagi untuk produk pakaian atau fashion wanita. Bagaimana tidak, mulai dari harga yang murah, model yang beragam dengan kualitas baik pastinya akan jadi daya pikat yang tersendiri. Pilihan dari model serta warna banyak untuk produk pakaian atau fashion pastinya akan lebih memanjakan konsumen. Terlebih untuk kaum wanita, ada banyak sekali kebutuhan mengenai fashion.

Banyaknya penyuka produk luar negeri atau import pun bisa untuk dimanfaatkan jadi sebuah bisnis yang menguntungkan. Anda bisa manfaatkan kesempatan ini untuk menjadi penjual produk-produk import. Anda pun bisa memulainya dengan menjadi reseller atau menjadi terlebih dahulu.

Produk pakaian atau fashion luar negeri yang banyak disukai biasanya adalah produk yang mempunyai merk atau brand yang terkenal. Meski jika pakaian ber-merk lebih mahal dibandingkan yang merk-nya kurang begitu terkenal, namun ternyata itu dapat membuat Anda menghemat. Kenapa bisa begitu?

Tentu ada beberapa alasan mengapa beli baju luar negeri yang bermerk bisa dikatakan menghemat uang. Dimana meski cukup mahal, namun Anda tetap bisa untuk mendapatkan keuntungan. Nah untuk mengetahui alasan-alasan tersebut, Anda bisa simak ulasan di bawah ini!

Alasan-Alasan Beli Baju Import Bermerk Lebih Hemat

  • Mengenai Harga

Harga dari baju yang bermerk memang kesannya harganya cukup tinggi atau mahal. Namun, Anda pasti mengetahui bukan mengenai prinsip “Ada harga ada rupa”? Tentunya prinsip tersebut berlaku di sini. Itu karena meskipun punya kesan yang mahal, namun baju bermerk mempunyai kualitas yang lebih baik.

Dimana intinya, meskipun harga baju lebih mahal, namun Anda akan mendapatkan kualitas barang yang sepadan harganya. Dibandingkan dengan Anda beli baju murah, namun langsung susut ketika pertama kali dicuci. Jadi, akan lebih baik dan mendingan jika Anda beli baju dengan harga agak mahal.

  • Lebih Tahan Lama

Kualitas pakaian yang baik pastinya akan mempunyai hubungan dengan daya tahan atau keawetan barang yang lebih lama. Pakaian yang bermerk bisa untuk bertahan sampai bertahun-tahun. Bahkan mungkin hingga Anda merasa bosan untuk memakainya lagi.

  • Efek Psikologis

Pakaian bisa untuk mencerminkan kepribadian serta jadi penyataan sikap dari pemakainya. Memakai pakaian luar negeri yang bermerk pastinya mempunyai efek psikologis. Itu karena, mengenakan pakaian bermerk atau branded akan memberikan rasa percaya diri yang lebih tinggi.

  • Lebih Bergaya

Tidak bisa untuk dipungkiri, jika perusahaan baju bermerk dari luar negeri pasti selalu terdepan di dalam hal menciptakan tren pakaian baru. Banyak desain unik serta menarik dengan bahan yang berkualitas baik dan mumpuni. Pakaian yang non-branded umumnya hanya akan mengikuti atau mengekor desain yang telah ada.

Nah, itulah beberapa alasan produk pakaian luar negeri bermerk lebih hemat dibandingkan yang tidak. Sebagai bukti lain mengapa membeli barang bermerek dari luar negeri lebih hemat, ada sedikit gambaran yang bisa Anda lihat di bawah ini!

Gambaran Baju Import atau Luar Negeri Bermerk Lebih Hemat

Sedikit gambaran, coba saja Anda hitung pengeluaran untuk beli sebuah baju bermerk dengan yang Anda beli di toko sekitar rumah. Misalkan saja, baju yang bermerk mempunyai atau dibanderol dengan harga Rp. 600.000, sedangkan dengan merk yang abal-abal dengan model, desain dan warna sama dari merk abal-abal dipatok dengan harga Rp. 300.000.

Baju bermerk bisa awet dan tahan lama sampai bertahun-tahun tanpa harus kehilangan daya tahan dari bahannya. Sedangkan baju merk abal-abal yang dibuat dengan serampangan dan mengesampingkan kenyamanan, bisa saja tidak awet dalam waktu satu tahun. Bahkan tidak jarang baju bisa menciut atau luntur ketika dicuci pertama kalinya.

Nah, itulah mengapa baju yang bermerk lebih hemat dibandingkan dengan merk abal-abal. Meskipun mahal di awal, namun untuk waktu yang seterusnya akan lebih hemat.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, baju luar negeri atau import bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Nah, Anda pun bisa memanfaatkan ini. Namun, Anda perlu untuk mengetahui beberapa tips bisnis pakaian import agar mendatangkan keuntungan yang menggiurkan. Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda coba:

Tips Bisnis Baju Import

  1. Anda harus tahu brand baju produk dari luar negeri apa saja yang mempunyai nilai apabila dijual di dalam negeri. Tidak hanya tahu tentang produk knowledge, Anda juga perlu untuk ketahui harga pasar produk sehingga bisa dengan tepat tentukan harga jual.
  2. Setelah mengetahui produk luar negeri yang diminati, pastinya Anda pun harus mengetahui mengenai model baju serta celana. Ada banyak jenis model yang kurang cocok untuk dipakai di sini. Ini perlu diketahui karena cukup banyak penjual yang hanya pentingkan brand namun melupakan model yang cukup berlebihan, sehingga barang pun tak laku terjual.
  3. Jika Anda sudah lakukan dua hal di atas, saatnya Anda cari distributor barang yang bagus. Lakukan riset dahulu pada beberapa distributor mulai dari kualitas barang, harga, dan lainnya lalu bandingkan. Dengan membandingkannya, Anda bisa menentukan mana distributor yang terbaik untuk Anda gunakan.

Nah, demikian pembahasan kali ini mengenai kelebihan baju import dan beberapa alasan banyak orang memilihnya. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya

Konsultasi gratis sekarang