Apa Perbedaan Dari Pengiriman Kargo Dengan Pengiriman Ekspedisi?

pengiriman kargo

Dengan seiring berkembangnya sebuah zaman dan pembangunan dalam infrastruktur yang semakin kesini semakin merata untuk keseluruhan pelosok yang ada di Indonesia. Dan akses untuk dapat menjangkau daerah akan semakin lebih mudah nantinya. Hal itu semakin ditambah lagi dengan kemudahan dalam mengakses internet untuk masyarakat umum. Maka akan semakin dorong kenaikan yang begitu cukup signifikan untuk perkembangan industri logistik baik itu untuk dalam negeri maupun luar negeri. Khususnya beberapa tahun ini semakin meningkatkan konsumen di bidang pengiriman logistik terutama untuk pengiriman kargo juga semakin menarik beberapa pemain yang baru untuk melakukan bantuan dalam bidang penyediaan jasa ekspedisi, entah itu untuk skala yang besar, menengah dan kecil sekalipun.

Banyak sekali konsumen yang ingin lakukan pengiriman, tidak akan mengetahui siapa yang harus segera dihubungi atau bagaimana cara supaya dapat menemukan jenis jasa pengiriman yang memang sesuai dengan kebutuhanmu.

Maka dari itu pengiriman perlu untuk mengetahui bahwa jenis pengiriman yang memang dibutuhkan akan sangat bergantung kepada beberapa faktor, terutama yang memang berkaitan dengan berbagai jenis barang yang akan dikirimkan.

Walaupun memang tidak ada perbedaan yang teoritis antara berbagi jenis pengirimannya, tetapi secara umum pada jasa logistik ada dua tipe macam pengiriman, yaitu jasa pengiriman ekspedisi dan jasa pengiriman kargo. Lalu apa perbedaan jika digunakan untuk pengiriman? Berikut ini kami akan berikan penjelasan mengenai kedua perbedaan pengiriman tersebut.

Perbedaan Jasa Pengiriman Cargo Dan Pengiriman Ekspedisi

Pada umumnya pengiriman ekspedisi sering kali dipakai untuk menyebutkan jenis pengiriman dalam partai yang kecil yaitu sekitar satuan yang berada di bawah 5 kg. Dan untuk pengiriman kargo sendiri digunakan untuk melakukan pengiriman barang yang dalam jumlah yang begitu besar dan banyak biasanya mempunyai berat lebih dari 10 kg untuk setiap paketnya.

Jika untuk lebih memahami dari perbedaan di antara kedua jenis tersebut maka kita akan membahas tiga hal yang paling utama yang dijadikan dasar dan menjadi sebuah keputusan terhadap jenis pengiriman yang memang disesuaikan dengan kebutuhannya.

Jumlah, Berat Dan Jenis Barangnya

Hal pertama yang harus selalu diperhatikan adalah jenis, berat, jumlah barang yang akan dikirimkan. Untuk pengiriman ekspedisi biasanya akan menggunakan untuk pengiriman barang dengan cara satuan yang relatif ringan dengan jumlah yang memang tidak terlalu besar.

Ekspedisi reguler ini merupakan salah satu jenis yang memang paling sering dipilih oleh para konsumen individu dengan menyesuaikan kebutuhan pengiriman yang kecil karena tidak adanya berat minimum yang memang di isyaratkan.

Biasanya akan ditujukan untuk melakukan pengiriman barang yang kecil hingga sedang, pengiriman ini paling sering dipakai untuk seller online shop untuk mengirimkan barang ke pembeli mereka. Berikut ini adalah beberapa barang yang biasa di kirimkan pada ekspedisi yaitu pakaian, dokumen, makanan, barang rumah tangga dan untuk kebutuhan sehari-hari.

Sedangkan untuk pengiriman Cargo akan lebih ditujukan untuk melakukan pengiriman barang yang berat dengan partai yang besar dengan minimum berat yang memang sudah ditentukan oleh pihak cargo, misalkan dengan berat 10 kg maupun 50 kg untuk beberapa jenis cargo yang tertentu. Maka dari itu cargo akan lebih sering dipakai untuk melakukan pengiriman barang yang besar seperti mobil, bahan industri, motor, maupun barang-barang pindahan untuk rumah.

Untuk seller yang partai besar juga dapat menggunakan cargo untuk melakukan pengiriman barang kepada reseller maupun distributor mereka nantinya. Sehingga dalam cargo akan muncul sebuah istilah Full Than Truck Load dan Less Than Truck Load.

Lama Pengiriman

Untuk durasi pengiriman memang bisa dibilang menjadi suatu hal yang penting yang akan menjadi sebuah pertimbangan dalam pengiriman sebuah barang. Untuk berbagai barang yang membutuhkan pengiriman dengan cara ekspres layaknya makanan maupun bahan-bahan yang mudah rusak maka pengiriman ekspedisi akan memberikan beberapa opsi untuk layanan, seperti kilat ekspres, reguler dan same – day – service.

Untuk melakukan pengiriman yang cepat pastinya ekspedisi akan melakukan proses pada barang tersebut dengan cara melalui jalur udara menggunakan pesawat terbang sehingga dapat diterima lebih cepat ke alamat tujuan. Jika kamu membutuhkan hanya sekedar layanan standar yang mempunyai harga yang lebih murah yang dibandingkan dengan layanan kilat.

Hal ini akan berbeda dengan pengiriman kargo karena mayoritas untuk melakukan pengiriman menggunakan cargo akan menggunakan jalur darat yang berupa truk jika itu dalam pulau dan kapal untuk luar pulau. Maka dari itu pengiriman akan jauh lebih lama dibanding dengan pengiriman secara reguler.

Biasanya pada cargo reguler akan membutuhkan waktu sekitar 3 – 15 hari dan beberapa cargo akan menyediakan sebuah pengiriman melalui udara tetapi yang pasti biaya yang akan dibebankan juga akan lebih mahal jika dibandingkan dengan cargo yang biasanya.

Jika kamu akan kirim barang yang berat dan lebih dari 10 kg dan berencana menggunakan cargo maka lebih baik kamu rencanakan dengan sebaik-baiknya dengan mencari berbagai informasi durasi dalam perjalanannya yang memang sudah disediakan oleh para pihak cargo tersebut.

Harga Pengiriman

Harga untuk pengiriman ini adalah salah satu hal yang terpenting sebelum kamu mententukan jasa pengiriman yang akan dipilih. Untuk perhitungan tarif cargo dan ekspedisi sendiri akan lebih berbeda.

Jika pada ekspedisi akan mengenakan tarif secara per 1 kg, nantinya jika barang milikmu semakin berat maka pastinya akan semakin mahal pula. Dan yang lainnya adalah dimensi dan volume pada barang milikmu barang ringan dengan volume yang begitu besar maka akan dikenakan volume tarif yang lebih mahal dibandingkan dengan volume berat aslinya.

Pada ekspedisi reguler juga akan menyediakan beberapa tarif yang begitu bervariasi dan semua itu tergantung dengan kecepatan pengiriman yang memang diinginkan. Jika semakin cepat untuk durasi pengirimannya maka pastinya juga akan semakin mahal.

Jika cargo akan menggunakan perhitungan tarif yang memang berbeda. Cargo akan melakukan perhitungan dengan cara berat minimum yang memang sudah ditentukan. Bila kamu kirimkan barang berat, tentu saja untuk tarif perkilonya akan terhitung jauh lebih murah jika dibandingkan dengan ekspedisi reguler.

Tetapi jika kamu kirimkan barang yang masih di bawah berat minimum melalui cargo maka kamu tetap akan dikenakan tarif berdasarkan berat minimum tersebut.

Tips Dalam Melakukan Pengiriman

Pengemasan

Supaya dapat menjamin keamanan dan kondisi barang ketika nantinya dalam perjalanan, maka pengemasan yang baik dan sudah sesuai itu pastinya akan begitu penting. Untuk melakukan pengiriman ekspedisi yang mempunyai berat yang ringan maka pengiriman dapat dilakukan sesuai dengan jenis barangnya.

Jika kita melakukan pengemasan dengan paperbag maupun plastik akan aman jika akan digunakan untuk pengemasan pakaian maupun barang yang memang tidak akan mudah patah. Sedangkan pada barang yang nantinya mudah pecah, makanan maupun barang rumah tangga kamu dapat melakukan pengemasan dengan kardus dan bubble wrap supaya lebih untuk menambah keamanan pada barang.

Dan untuk pengiriman menggunakan cargo kamu dapat melakukan pengemasan dengan kardus maupun karung plastik yang besar. Dan pastikan kamu memberikan cover dengan plastik supaya menghindari kemungkinan basah terutama pada musim hujan.

Kunjungi Kantor Cabang Ekspedisi

Menemukan kantor-kantor cabang ekspedisi yang ada di Indonesia memang bisa sangat mudah karena pastinya di setiap daerah sudah ada banyak sekali kantor cabang untuk ekspedisi.

Sedangkan untuk kantor cabang cargo memang akan lebih sulit untuk dapat menemukannya karena tersebar tidak sebanyak kantor ekspedisi. Para pengiriman biasanya harus melakukan pengiriman barang yang akan dikirim ke kantor cabang yang memang sesuai.

Dan biasanya layanan pick up hanya akan ada di beberapa kantor tertentu karena tidak keseluruhan kantor akan mempunyai armada yang memang sesuai untuk dapat masuk ke wilayah pemukiman para warga.

Tracking Dan Resi

Setelah kamu berhasil melakukan sebuah pengiriman maka jangan lupa untuk meminta sebuah bukti pembayaran dan nomor pengirimanannya. Jika kamu menggunakan ekspedisi maka nomor resi yang tercantum akan begitu berguna untuk melacak dimana barang milikmu sekarang dari awal paket dikirim hingga sampai ke alamat tujuan.

Jika kargo akan menghubungkan pihak pengirim dan juga seorang vendor trucking supaya lebih mempermudah untuk melakukan transaksi dan memenuhi kebutuhan logistik milikmu.

Artikel Lainnya

Konsultasi gratis sekarang