Apa Itu Impor Dan Apa Tujuan Suatu Negara Melakukan Impor

apa itu impor

Sebagian dari kalian pastinya sudah sering mendengar istilah apa itu impor dan ekspor bukan ? Ekspor dan impor merupakan salah satu jual beli yang memang dilakukan antar negara. Namun tidak hanya sebatas itu saja. Lalu apa saja pengertian lengkapnya mengenai impor dan ekspor tersebut.

Pengertian Impor

Apa itu impor ? Impor adalah sebuah kegiatan pembelian maupun memasukkan barang dan jasa yang berasal dari luar negeri ke dalam negeri yang bertujuan untuk dapat memenuhi bahan dasar masyarakat.

Kegiatan ini akan dilakukan apabila suatu negara tidak bisa untuk memproduksi sebuah barang ataupun produksinya tidak dapat memenuhi angka kebutuhan masyarakat.

Misalnya di Indonesia kita tidak akan bisa untuk memproduksi buah kurma yang berjumlah banyak karena mengalami permasalahan pada iklimnya. Solusi dari hal tersebut adalah Indonesia melakukan impor kurama dari Arab yang memang terkenal dengan produk kurmanya yang melimpah.

Bagi perusahaan yang melakukan aktivitas impor disebut dengan importir. Jika sebuah perusahaan melakukan proses impor yang memiliki jumlah besar maka hal tersebut harus ada pendampingan dari Bea Cukai. Hal tersebut untuk memudahkan pemerintah untuk memberikan tarif pajak pada berbagai produk impor tersebut.

Kamu harus tahu bahwa perusahaan tidak dapat membeli sebuah produk dengan bebas. Ada beberapa hal yang harus selalu di patuhi oleh perusahaan dalam melakukan jual beli di perdagangan internasional.

Jika di Indonesia Bea Cukai menentukan beberapa barang yang tidak dapat masuk antara lain untuk obat-obatan terlarang, senjata api yang ilegal, hewan dan seluruh barang yang berunsur pornografi.

Tujuan Impor

  1. Untuk Memenuhi Kebutuhan Perusahaan

Aktivitas ini dilakukan supaya dapat memenuhi kebutuhan perusahaan yang memang belum tersedia. Seperti yang di jabarkan di atas bahwa kita melakukan impor karena tidak dapat untuk memenuhi atau memproduksi suatu barang.

  1. Menambah Devisa Suatu Negara

Melakukan aktivasi impor ternyata mampu untuk dapat menambah devisa suatu negara. Pendapatan tersebut diperoleh dari pembayaran biaya Bea cukai untuk masing-masing barang yang di impor dengan memberikan harga yang memang besar.

  1. Bisa Mendapatkan Teknologi Terbaru Dari Negara Pengirim

Supaya negara dapat memproduksi barang dengan maksimal pastinya akan membutuhkan alat produksi yang lebih terbaru dan juga modern. Hal tersebut mempunyai sebuah tujuan agar proses produksi tersebut dapat berjalan dengan cepat.

Maka dari itu aktivitas impor mempunyai tujuan supaya perusahaan bisa untuk mendapatkan teknologi yang terbaru, lebih maju dan efektif untuk dapat melakukan pengolahan sebuah produk.

Manfaat Melakukan Impor

  • Untuk Mendapatkan Sebuah Produk Yang Belum Ada Di Dalam Negeri

Tidak hanya di Indonesia tetapi di berbagi negara pastinya tidak bisa untuk dapat menghasilkan seluruh produk yang akan di butuhkan oleh masyarakat. Dengan melakukan impor, sebuah negara bisa untuk mendapatkan produk yang memang belum tersedia.

  • Apa itu impor untuk mendapatkan bahan baku

Supaya dapat menghasilkan produk yang memang berkualitas yang pasti harus mempunyai sebuah bahan baku yang memang terbaik. Namun tidak semua negara memiliki bahan baku yang dibutuhkan tersebut.

Jadi biasanya setiap negara pastinya akan mencari kelengkapan bahan baku tersebut dari luar negeri.

  • Untuk mengatasi kekurangan produk yang ada di dalam negeri

Memiliki tingkat produksi yang terbilang rendah pastinya tidak akan mampu untuk dapat memenuhi kebutuhan setiap masyarakat. Adanya impor tersebut bisa untuk mengatasi kekurangan yang ada di dalam negeri.

Jenis – Jenis Impor

Setelah kamu mengetahui apa itu impor, kamu juga harus tahu jenis-jenis impor itu ada apa saja. Kegiatan impor ini dibagi menjadi dua berdasarkan pengirimannya dan berdasarkan kegiatan yang dilakukannya.

Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya :

  1. Berdasarkan Pengiriman

Full Container Load

Ini merupakan jenis pengiriman sebuah barang dengan menggunakan container. Dalam melakukan pengiriman barang untuk jenis pengiriman yang ini hanya dapat dilakukan oleh satu pengirim saja.

Container yang di pakai hanya akan berisi barang-barang yang hanya milik satu orang pengirim ke negara tujuannya dengan hanya satu importir.

Less Than Container Load

Jenis pengiriman ini masih sama dengan jenis pengiriman full container load yang cara pengirimanannya masih menggunakan container tetapi dalam container tersebut akan berisi barang-barang yang berasal dari lebih satu pengirim yang mana nantinya akan dikirim ke negara yang mempunyai tujuan yang sama.

  1. Berdasarkan Kegiatanannya

Impor Sementara

Merupakan sebuah kegiatan untuk memasukkan barang atau jasa ke dalam wilayah pabean yang ada di Indonesia yang mana mempunyai tujuan untuk dilakukan ekspor kembali ke luar negeri yang memiliki waktu paling lama selama 3 tahun.

Impor Untuk Digunakan

Kegiatan yang dilakukan untuk memasukkan barang ataupun jasa ke wilayah pabean Indonesia yang mempunyai tujuan untuk dipergunakan, dimiliki atau dikuasai oleh orang-orang yang memang berdomisili di Indonesia.

Impor Untuk Ditimbun

Ini adalah sebuah kegiatan dalam mengangkut barang dengan memakai sarana yang di pakai untuk mengangkut melalui suatu kantor ke kantor yang lainnya dengan menggunakan sebuah proses pembongkaran terlebih dahulu.

Impor Angkut Lanjut

Kegiatan mengangkut barang dengan memakai sarana pengangkut lewat suatu kantor ke kantor yang lainnya tanpa ada proses pembongkaran terlebih dahulu.

Impor Untuk Re – Ekspor

Kegiatan pengangkutan barang impor yang masih berada di wilayah pabean untuk dilakukan ekspor kembali ke luar negeri. Hal tersebut dilakukan terhadap barang impor yang mempunyai kondisi, salah kirim, tidak sesuai dengan pesanan, tidak memenuhi syarat teknis, rusak dan terjadi perubahan peraturan.

Contoh Barang Impor Yang Ada Di Indonesia

Di negara kita melakukan suatu kegiatan impor guna mendatangkan barang-barang yang diperuntukkan untuk bahan baku, konsumsi, bahan modal dan bahan penolong.

Berikut ini adalah beberapa pengertian tentang masing-masing produk impor yang ada di Indonesia :

  1. Bahan Modal, merupakan sebuah barang yang akan digunakan untuk sebuah modal usaha seperti mesin, komputer, alat berat, suku cadang.
  2. Barang Konsumsi, barang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari seperti minuman, makanan, beras, susu dan daging.
  3. Bahan penolong dan bahan baku, sebuah barang yang akan dipakai untuk sebuah kegiatan industri baik itu bahan baku ataupun bahan pendukung seperti kertas, bahan kimia, dan kendaraan bermotor.

Kenali Kebijakan Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional yang akan terus berjalan ini bisa saja kehilangan arah jika tidak adanya peraturan dan jaminan dari pemerintah yang sedang berkuasa. Maka dari itu dibutuhkan sebuah kebijakan dalam mengaturnya.

Kebijakan tersebut kerap diterapkan oleh setiap negara-negara yaitu :

  1. Kuota

Merupakan sebuah batas maksimal maupun minimal yang berlaku dalam suatu negara yang bertujuan untuk mematok jumlah barang impor maupun ekspor. Hal tersebut memiliki tujuan untuk dapat menciptakan stabilitas harga yang ada di pasar dan untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi suatu negara. Ada dua kuota yang berlaku yaitu kuota untuk impor dan kuota untuk ekspor.

  1. Tarif

Tarif merupakan biaya yang akan dikenakan kepada produk impor maupun ekspor yang memang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Biasanya pemerintah akan melihat melalui harga maupun pola pasar ketika akan menaikkan sebuah tarif, khususnya untuk sebuah barang impor.

Pemerintah biasanya akan memberikan tarif yang tinggi untuk produk impor hal itu dilakukan guna melindungi produk lokal yang ada di pasaran sehingga jika nantinya tarif impor terlalu tinggi maka produk impor juga akan cenderung naik.

  1. Subsidi

Subsidi merupakan sebuah biaya operasional yang diberikan pada barang ataupun komoditas lokal di pasaran supaya harganya lebih cenderung stabil dan bisa bersaing di pasaran. Biasanya produk impor akan lebih mempunyai harga yang murah dibandingkan produk lokal.

Dengan diberikan subsidi ini maka produk lokal akan jauh lebih murah dan bisa sama dengan produk impor yang sudah ada. Subsidi dan tarif akan saling mempengaruhi satu sama lainnya. Sehingga ketika diberikan kebijakan yang tepat oleh pemerintah, berharap dapat terjadinya stabilitas harga di pasaran dapat terjadi.

  1. Diskriminasi Harga

Ini merupakan sebuah tindakan yang dilakukan suatu negara yang mana menetapkan harga barang dan komoditas dengan harga yang berbeda dari pada negara lainnya. Hal ini dinamakan dengan perangai tarif supaya barang dagangan laku di pasaran Internasional. Biasanya tarif yang akan dikenakan bisa jauh lebih murah maupun jauh lebih mahal. Sehingga dengan adanya kebijakan tersebut pemerintah dapat melindungi produk lokal yang sejenis.

Artikel Lainnya

Konsultasi gratis sekarang