Titip Beliin Barang Dari China Pakai Jasa Transporter Cepat

titip beliin barang dari china

Banyak sekali toko online China yang hadir dengan varian produk unik dan menarik yang bisa Anda miliki dalam jumlah skala besar untuk keperluan usaha. Namun, saat Anda berpikir bagaimana caranya belanja Titip beliin barang dari China aman, sampai tujuan Indonesia ada beberapa hal yang harus dipersiapkan.

Yuk simak ulasan lengkap jika Anda ingin memulai bisnis impor produk dari China!

  1. Cek produk yang akan diimpor

Saat Anda berencana membeli barang dari China kenali dahulu tentang jenis barangnya apakah ada pajak bea cukai atau tidak. Biasanya jika membeli dalam jumlah partai besar ada pajak cukai masuk ke Indonesia untuk kuota tertentu. Nantinya pajak cukai tersebut akan mempengaruhi besarnya harga barang ketika dijual di negara kita. Selain biaya cukai, ada biaya lainnya yang mungkin Anda belum ketahui seperti biaya untuk ijin impor barang, biaya pajak barang dari negara pengirim yang dibebankan oleh pembeli.

  1. Cek bagaimana cara produk tersebut dikirim

Setelah Anda melakukan cek produk belanja, akan ada metode pengiriman yang disediakan oleh toko online China. Kewajiban Anda sebagai importir tidak lepas, tetap mengawasi jalannya proses kiriman agar produk sampai dengan baik. Jika toko mengirimkan lewat agen ekspedisi China nantinya akan masuk ke gudang forwarder di kota Guangzhou, China.

Dari gudang forwarder tersebut akan diseleksi cara kiriman lewat udara atau laut. Jika lewat udara, barang akan diterbangkan menggunakan pesawat khusus barang sedangkan jika lewat jalur darat, barang akan dikirim dengan bantuan kapal.

  1. Cek cara pembayaran

    Ada 6 cara transaksi yang bisa Anda pakai Titip beliin barang dari China, antara lain:

  • Cash in Advance Payment
  • Documentary Collection
  • Open Account
  • Usance
  • Sight LC
  • Red Clause
  1. Cek cara mengurus ijin impor barang

Setiap kali Anda membeli barang apalagi dalam jumlah besar dan digunakan untuk keperluan bisnis akan ada ijin impor barang. Izin barang impor diatur dalam kebijakan pemerintah negara agar semua barang yang keluar atau masuk terdeteksi sebagai barang yang aman dan tidak menyalahi aturan. Ada 2 ijin yang harus importir ketahui, yaitu ijin pokok dan ijin khusus. Ijin pokok adalah ketentuan syarat yang wajib ditaati oleh objek belanja dalam hal ini pengimpor. Ijin pokok tersebut terdiri dari:

  • Izin resmi pendirian perusahaan baik bentuk CV dan atau PT
  • API (Angka Pengenal Impor) terdiri dari angka API-P atau API-U
  • Ada Nomor Induk Kepabeanan

Sedangkan untuk ijin khusus adalah ketentuan di luar ijin pokok yang digunakan sebagai tambahan penguat bukti, sebagai contoh izin mengimpor buah-buahan yang wajib masuk ke lembaga holtikultura. Lembaga tersebut akan menyeleksi apakah buah tersebut lolos uji impor ataukah tidak karena berpengaruh dengan keamanan makanan.

  1. Cek agen transporter

Pihak pengimpor atau importir harus bisa menentukan transporter yang tepat untuk barang yang dibeli, jangan sampai Anda mengambil jasa transporter yang salah sehingga mengakibatkan kerugian besar. Cek dahulu jasa transporter profesional yang sering wira-wiri dipakai oleh para pengimpor. Biasanya pada kolom toko online ada rating transporter ke luar negeri berbintang 4 atau 5. Gunakan patokan ini sebagai dasar Anda memilih jasa transporter.

  1. Cek jadwal pengiriman barang

Membeli barang dari China menuju Indonesia butuh ketelitian waktu, tidak bisa cepat dalam sehari karena pihak pengelola yang akan detil melakukan sortiran barang. Minimal waktu tercepat dengan biaya tinggi sekitar 4 – 7 hari kerja. Adapun tahapan yang dilakukan oleh pihak transporter dan forwarder yakni:

  • Mengurus  jenis barang yang akan diangkut
  • Mengurus cara pengambilan berkas produk yang akan  diimpor
  • Melakukan cek proses pengeluaran barang
  • Melakukan proses pengiriman barang ke gudang pusat

Jadi, kenapa membeli barang dari China atau negara lainnya tidak bisa instan dalam waktu 1-2 hari?

Karena ada aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah kedua pihak demi menjaga keamanan. Aturan tersebut termuat dalam tahapan pengangkutan barang oleh jasa transporter.

  1. Cek proses pengiriman barang atau pelacakan

Setelah barang tiba di gudang pusat tinggal menunggu perjalanan ke negara tujuan dalam hal ini misalnya Indonesia. Anda bisa melacak keberadaan barang dalam sistem website dengan memasukkan nomor resi pada struk belanja. Pihak jasa transporter selalu memasukkan kode daerah setiap kali berhenti di tujuan tertentu. Lama tidaknya tergantung dari jenis paket yang Anda pilih, jika Anda memilih paket harga terbaik maka lamanya waktu lebih singkat.

Anda telah selesai tahapan pertama dalam pengurusan impor barang dari China ke Indonesia ya, masih ada tahapan lagi untuk sampai ke alamat tujuan Anda (rumah atau toko). Berikut tahapan setelah barang tiba di gudang Indonesia:

  1. Barang dicek kembali

Setelah barang tiba di gudang dilakukan pengecekan kondisi. Setelah itu barang dipindahkan sesuai dengan kelompoknya, misalnya barang pakaian akan dikelompokkan dengan barang yang setipe.

  1. Cek biaya barang

Barang yang dibeli ada biaya pajak yang belum terbayarkan, importir atau pengimpor wajib membayar terlebih dulu agar barang bisa segera diantarkan. Pengimpor bisa membayar tagihan jasa dengan cara di negara kita, bisa transfer lewat berbagai model.

  1. Barang disortir ke jasa kiriman

Setelah lunas, pihak gudang besar akan menyerahkan barang tersebut ke agen kiriman seperti JNE, JnT, TIKI, atau sejenisnya sesuai dengan permintaan importir. Di gudang jasa kiriman kemudian dikelompokkan lagi sesuai kota tujuan. Lamanya kiriman ke kota tujuan dari gudang besar memakan waktu 2-4 hari setelah pelunasan, jika masih satu provinsi.

  1. Tagihan barang

Ada beberapa sistem pembayaran mungkin seperti COD tetapi hal ini sangat jarang sekali, kendati ada, pihak importir harus membayar lunas terlebih dahulu.

  1. Barang diantar ke tujuan

Setelah semua administrasi telah selesai, pihak jasa kiriman akan segera mengantarkan barang ke rumah Anda. Sistem akan memberitahukan minimal 1 hari sebelumnya bahwa kiriman akan tiba saat hari yang telah ditentukan. Tujuannya, agar Anda menerima secara langsung barang tersebut.

Jadi, saat Anda membeli produk China ada banyak tahapan dan berkas yang harus diurus. Cek semua sebelum Anda terjun langsung dalam jumlah besar. Produk dari China terbilang murah dan unik, sangat menarik untuk kebutuhan.

Rekomendasi toko online China terbaik dan terpercaya adalah sebagai berikut:

  1. Taobao

Situs jual beli online taobao memberikan harga grosiran semua barang termurah terutama bidang ritel. Hanya saja, Anda harus mengetahui bahasa mAndarin. Sistem taobao cukup detil dan memanjakan konsumen, sehingga semua toko yang terdaftar di taobao wajib berlisensi agar konsumen percaya.

  1. 1688

1688 juga situs toko online China yang menyediakan keperluan Anda dalam bahasa mandarin. 1688 adalah anak alibaba yang bagus juga untuk situs belanja. Pembayarannya menggunakan banyak sistem sehingga menjadi tujuan utama toko online terlaris.

  1. Alibaba

Pendirinya seorang China bernama Jack Ma, bermula di tahun 1999 sebagai toko online pertama di China. Alibaba memberikan banyak diskon harga istimewa sehingga banyak konsumen datang tak hanya dari Indonesia saja, ada dari benua Afrika, Eropa dan Amerika.

Alibaba menjadi salah satu kompetitor dari Amazon milik Amerika Serikat.

  1. Ali express

Ali express termasuk naungan alibaba yang setiap bahasa ditranslasi ke bahasa inggris. Harga yang ditawarkan juga terbilang murah baik grosir atau eceran. Situs ini telah menjangkau konsumen lebih dari 100 negara.

Membeli barang atau mengirimkan ke luar negeri sebaiknya menggunakan jasa forwarder yang telah berpengalaman lebih dari 15 tahun. Setiap kendala akan diselesaikan dengan cara yang baik, barang sampai tujuan tanpa kerusakan.  Alat transportasi untuk mengangkut barang ada 2 jenis, menggunakan darat-laut dan udara. Harga jasa kiriman dengan transportasi udara memang sedikit lebih tinggi tetapi lebih cepat sampai tujuan.

Titip beliin barang dari China memakai jasa antara logistic dengan kinerja profesional, amanah, bertanggung jawab dan lebih terjangkau. Antara memakai sistem input data terbaik dan aman, konsumen bisa cek setiap waktu setiap ada aktivitas jual beli ke luar negeri.

Artikel Lainnya

Konsultasi gratis sekarang