MOQ (Minimum Of Quantity) Import Adalah Tahun 2023: Manfaat dan Jenisnya

Pemesanan barang ke beberapa produsen dan grosir membuat Anda menerapkan strategi minimum order quantity. MOQ (minimum of quantity) import adalah tahun 2023 semakin tinggi. Hal ini dikarenakan pemasok dan supplier menolak beberapa pesanan dari pelanggan bila tidak memenuhi standard atau batas MOQ. Minimum of quantity untuk pembelian barang adalah strategi pemesanan yang bisa mengontrol inventaris Anda dengan baik. Anda juga bisa mengetahui beberapa jenis MOQ ini sebelum melakukan pemesanan barang secara online. 

Mengenal Minimum Order of Quantity 

Bila Anda mengelola MOQ dengan baik dan hati-hati, ini akan menjadi strategi tepat untuk meningkatkan pendapatan bisnis Anda. Minimum Order of Quantity adalah jumlah barang atau unit yang paling sedikit yang dimiliki oleh perusahaan atau penjual yang mana mereka ingin menjual barang-barangnya tersebut kepada satu pelanggan atau pembeli. Walaupun pembeli tersebut menjual secara eceran, maka pihak pembeli harus memenuhi pembelian minimum kepada supplier atau penjual. 

Terkadang pihak pembeli atau pengecer membutuhkan MOQ puluhan atau ratusan unit tergantung pihak penjual yang menjual unit dan produknya. Biasanya harga MOQ juga jauh lebih murah dibandingkan Anda membelinya secara eceran. Ada beberapa penjual yang menjual barangnya secara grosir kepada pihak pengecer sehingga Anda akan kesulitan saat membelinya. Dalam dunia e commerce, barang inventaris adalah aset terbesar di dalam bisnis. Hal ini berguna untuk memenuhi permintaan pasar sehingga transaksi penjualan dan pembelian berjalan lancar. MOQ (minimum of quantity) import adalah tahun 2023 tidak terlalu banyak agar tidak terjadi stok mati yang tak laku untuk dijual. Hal ini akan menyebabkan pengecer rugi. 

MOQ adalah jumlah unit atau barang yang dibutuhkan ataupun dibeli dalam waktu tertentu. Di dalam bisnis e commerce, MOQ dipakai oleh pemasok atau supplier dalam konteks produksi sehingga menempatkan MOQ untuk beragam jenis pesanan yang tepat. Sebagai contoh, MOQ untuk bisnis adalah sebanyak 1000 barang. Anda tak bisa membelinya kurang dari 1.000 unit. 

See also  Kelebihan Jasa Import Cepat / Jalur Express Bersama Jasa Forwarder Import Antara Logistic

Manfaat Minimum Order of Quantity Import 

Pembeli dan penjual akan mendapatkan manfaat yang sama ketika diterapkan minimum of quantity. Ada beberapa manfaat signifikan yang bisa dinikmati. Saat MOQ dikelola dengan baik, ini bisa menjadi indikator inventory control untuk menekan biaya pembelian dan menjaga keuntungan. Inilah beberapa manfaat yang bisa dirasakan dengan menerapkan MOQ. 

  1. Manfaat MOQ Untuk Penjual 

Table of Contents

Manfaat MOQ yang pertama adalah meningkatkan arus kas bagi penjual. Hal ini berdampak cukup baik dan signifikan. Saat harga produk dan pesanan dikelola dengan baik maka MOQ akan membantu peningkatan pemasok yang mempunyai arus kas baik. Minimum of quantity juga membantu supplier untuk menghemat biaya persediaan agar lebih terkendali dan berjalan dengan baik. Anda bisa membuat pesanan yang besar untuk mencari banyak pembeli eceran sehingga ini membantu margin profit penjualan Anda. Tentu saja ini berdampak pada proses produksi Anda yang jauh lebih meningkat apabila bisa menjual barang lebih banyak. 

2.      Manfaat MOQ Bagi Pembeli atau Konsumen 

Minimum of quantity juga bermanfaat bagi pembeli. Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh pembeli. Pihak konsumen akan mendapatkan harga per barang yang lebih murah ketika bekerja sama dengan penjual dengan menerapkan sistem minimum of quantity. Pembelian dalam jumlah minimum akan membawa keuntungan bagi pembeli. Anda bisa meningkatkan biaya gudang untuk menampung harga barang yang sudah didiskon. Tentu saja Anda bisa menjualnya nanti untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. 

Jenis – Jenis Minimum Of Quantity 

Minimum of quantity adalah refleksi dari hambatan ekonomi bagi penjual terkait pemesanan barang dari konsumen. Hal ini meliputi biaya bahan, mesin, dan lain-lain. Ada beberapa jenis minimum of quantity yang bisa diterapkan saat transaksi jual beli barang import seperti dibawah ini. 

1.      Simple MOQ 

Jenis ini adalah yang paling umum digunakan oleh penjual atau pihak perusahaan. Ada pembatasan kepada pembeli untuk membeli barang dalam jumlah minimum. Sebagai contoh, Anda ingin membeli pakaian anak di perusahaan tertentu. Ada batasan minimal Anda harus membeli sebanyak 1.000 unit per model. 

2.      Complex MOQ

Anda juga bisa menerapkan MOQ (minimum of quantity) import adalah tahun 2023 dengan cara complex MOQ. Jenis ini memiliki dua atau lebih syarat saat Anda ingin mengorder barang import. Selain menerapkan minimum jumlah orderan biasanya penjual juga menerapkan panjang minimal, kain, atau jenisnya. Jadi, lebih ribet untuk pihak pembeli karena harus menentukan detailnya. 

Artikel Lainnya

Konsultasi gratis sekarang