Mengenal Tongsis Tripod: Asal Muasal, Jenis-Jenis, Serta Cara Impor Dari China

tongsis tripod

Buat kamu yang melek gadget, pastinya kamu tahu kalau kamera ponsel saat ini sudah sangat mumpuni untuk mengambil foto dengan kualitas selayaknya kamera DSLR, ataupun mengambil video berkualitas full HD.

Meski demikian, proses pengambilan gambar melalui kamera ponsel cukup sulit untuk dilakukan. Seringkali hasil gambar menjadi goyang atau buram. Hal ini wajar, mengingat sejatinya ponsel memang tidak dirancang sebagai alat pengambil gambar.

Salah satu cara paling mudah untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan tongsis yang dilengkapi tripod. Dengannya, gambar akan terlihat lebih stabil dan minim goyangan.

Tongsis tripod dapat dengan mudah didapat di toko-toko elektronik. Selain itu, bila ingin membeli dalam partai besar atau untuk dijual kembali, kamu bisa melakukan import tongsis tripod melalui berbagai jasa freight forwarding, seperti Antara Logistic atau lainnya.

Tetapi, tahukah kamu bagaimana asal muasal tongsis dapat tercipta? Bagaimana menggunakannya? Serta bagaimana cara mengimpor tongsis dari negeri China?

Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak artikel berikut sampai selesai.

Sejarah Tongsis

Tongsis atau tongkat narsis (Bahasa Inggris : selfie stick) merupakan alat bantu untuk mengambil selfie dari sebuah perangkat kamera. Alat ini umumnya berwujud sebuah tongkat yang panjangnya dapat disesuaikan, dengan sebuah wadah untuk menaruh perangkat di ujungnya.

Kepopuleran tongsis bermula di awal tahun 2010an, atau begitu era smartphone meledak di pasaran. Kendati demikian, konsep tongsis sebetulnya sudah ada semenjak tahun 1925. Hampir 100 tahun sebelum dikenal masyarakat.

Kala itu, sepasang suami istri bernama Arnold Hogg dan Helen Hogg mengambil foto selfie mereka dengan bantuan sebuah tongkat panjang yang digunakan untuk menekan shutter. Hasil foto tersebut diklaim sebagai penampakan paling awal tongsis dalam sejarah.

Konsep tongsis juga muncul di tahun 1969 pada sebuah film asal Cekoslovakia berjudul “I Killed Einstein, Gentlemen”. Dalam film tersebut, seorang karakter memegang sebuah tongkat dan tersenyum di depannya, sebelum tongkat tersebut mengeluarkan flash kamera dan menghasilkan foto dirinya.

Tongsis mulai dianggap sebagai sebuah benda temuan pada tahun 1995, tepatnya di negara Jepang. Lucunya, kala itu tongsis termasuk ke dalam daftar 101 benda temuan paling tidak berguna menurut sebuah buku di Jepang.

Meski demikian, pada tahun 2005, seseorang asal Kanada bernama Wayne Fromm mempatenkan sebuah temuan bernama Quik Pod yang pada dasarnya merupakan sebuah tongsis. Quik Pod kemudian muncul secara komersial di Amerika Serikat pada tahun 2006.

Sementara itu, seorang penemu bernama Yeong Ming Wang mematenkan sebuah temuan berupa “multi-axis omni-directional shooting extender” di tahun 2012. Temuan inilah yang kelak menjadi dasar perkembangan dan kepopuleran tongsis di masa sekarang.

Cara menggunakan tongsis

Menggunakan tongsis bukanlah hal yang sulit dilakukan. Kamu yang doyan selfie pasti bakal mengerti cara menggunakannya dengan cepat.

Pada dasarnya, prinsip penggunaan tongsis hanyalah dengan menjepit perangkat kamera pada sebuah penjepit di ujung tongkat, dan mengarahkan kameranya agar menghadap padamu.

Tergantung dari jenis-jenis tongsis yang ada, umumnya terdapat tiga cara dalam menggunakan tongsis, yaitu :

  • Pada tongsis manual, kamu perlu menyetel timer kamera sebelum melakukan selfie. Kamu harus bisa menyesuaikan pose yang diinginkan sebelum timer selesai bergerak. Terdengar ribet, namun hanya inilah kemampuan tongsis manual.
  • Pada tongsis dengan koneksi kabel, kamu perlu memasukkan kepala kabel berupa earphone jack dari tongsis ke ponsel kamu. Dengannya, kamu tidak perlu terburu-buru mengambil pose karena shutter kamera sudah terkoneksi dengan tombol shutter pada tongsis.
  • Pada tongsis dengan koneksi Bluetooth, pertama kamu harus melakukan pairing device kamu dengan Bluetooth pada tongsis. Setelah kedua perangkat tersambung, kamu bisa langsung berfoto.

Perlu dicatat bahwa pengaturan tersebut tidak bersifat mutlak dan dapat berbeda tergantung dari pabrikan tongsis itu sendiri. Kamu bisa mencari informasi penggunaan lewat penyedia produk bila cara diatas tidak berhasil

Tongsis Tripod

Seiring dengan semakin canggihnya kualitas kamera pada ponsel, fungsi tongsis yang pada mulanya hanya sebatas melakukan selfie kini menjadi semakin berkembang.

Memadukan fungsi tripod yang awalnya digunakan untuk kamera konvensional, saat ini mulai bermunculan tongsis yang juga dilengkapi dengan tripod. Hal ini bertujuan agar tongsis memiliki dua fungsi utama.

Kedua fungsi tersebut yaitu :

  • Sebagai tongkat monopod

Tongsis dapat lebih memudahkanmu melakukan selfie ketimbang bila hanya melakukannya dengan tangan kosong. Hasil selfie juga akan lebih baik, sebab pengambilan gambar bisa dilakukan melalui berbagai sudut.

Tongsis juga dapat membantumu mengambil gambar diri dengan latar belakang luas, seperti saat kamu berada di gunung, pantai, atau tempat dengan pemandangan menakjubkan. Sebab, ukuran tongsis dapat disetel sesuai keinginan.

  • Mengambil gambar yang bebas goncangan

Penggunaan tripod pada tongsis umumnya ditemukan pada tongsis hp berdiri. Dengan adanya tripod yang menopang perangkat, kamu bisa mengambil gambar bergerak dengan lebih jernih.

Seringkali hasil gambar menjadi buram akibat goncangan yang terjadi dikala pengambilan. Masalah yang sama muncul saat kamu hendak mengambil gambar bergerak atau video. Jika kamu hanya mengandalkan monopod atau tangan kosong, hasil video seringkali menjadi shaky.

Dengan menggunakan tongsis tripod, kamu tidak perlu takut hal ini terjadi. Cukup letakkan tripod di tempat yang kamu inginkan, dan proses pengambilan gambar bisa dilakukan tanpa guncangan.

Merk Tongsis Tripod Yang Bagus

Saat ini terdapat banyak sekali merk tongsis tripod yang ada di pasaran. Bila kamu tertarik memilikinya, terdapat beberapa merk tongsis berkualitas yang mungkin bisa jadi rekomendasimu.

Beberapa merk tongsis yang dimaksud antara lain :

  1. Xiaomi selfie stick

Produk ini mungkin cocok buat kamu yang sedang mencari tripod smartphone multifungsi. Sebab, gagang tongsi ini dapat dibuka menjadi tiga bagian, dan berfungsi sebagai tripod.

Berat dari tongsis ini tergolong ringan, hanya sekitar 155 gram saja. Ukurannya juga relatif kecil sehingga mudah untuk dimasukkan kedalam kantong dan dibawa kemanapun.

Tongsis ini terbuat dari material yang kokoh, dan dapat menopang smartphone yang cukup berat sekalipun. Selain itu, tombol shutter pada tongsis ini dapat dibongkar pasang sesuai keinginan.

Harga tongsis tripod ini berada di angka 250 ribu-an.

  1. Yunteng YT-228 mini tripod

Produk ini sebetulnya merupakan ekstensi dari produk tongsis Yunteng YT 1288. Bila kamu memilikinya, kamu bisa menggabungkannya dengan produk mini tripod ini.

Disebut mini tripod karena memang memiliki ukuran yang mini. Meski demikian, produk ini dilengkapi dengan panorama rotasi 360. Kamu akan dimanjakan dengan pengambilan gambar dari berbagai sudut.

Keunggulan utama dari tripod ini adalah material pembuatnya yang berupa ABS PA. Material yang satu ini terkenal kokoh namun ringan. Dengannya, kamu bisa memasang berbagai jenis gadget pada tripod. Mulai dari ponsel android, tablet, hingga kamera DSLR sekalipun.

  1. Benro Mk 10 Mini Tripod Selfie Stick

Tongsis ini berbobot cukup berat sehingga kurang nyaman saat dibawa bepergian. Meski demikian, material pembuatnya tergolong kokoh, membuat tongsis ini tidak mudah rusak.

Produk ini memiliki tombol shutter yang bisa digunakan dari jarak jauh. Dengannya, kamu tidak perlu ribet dalam mengambil gambar.

Selain itu, Benro Mk 10 juga dibekali anti slip pada bagian bawah. Anti slip ini berfungsi untuk menghindari tongsis terjatuh sehingga menyebabkan perangkat rusak.

Kamu bisa mendapatkan merk-merk tripod tersebut melalui berbagai toko elektronik, atau dengan melakukan impor tongsis tripod bila ingin membeli secara langsung dari negara asalnya.

Impor tongsis tripod melalui Antara Logistic

Bila kamu berminat untuk mengimpor tongsis dari China, kamu bisa melakukannya lewat Antara Logistic.

Mengapa harus Antara Logistic? Sebab, perusahaan muatan ini memiliki agen dan gudang di berbagai belahan dunia. Kamu tidak akan kesulitan dalam mendapatkan tongsis pilihanmu.

Antara Logistic merupakan perusahaan jasa kurir dengan pengalaman pengantaran lintas negara selama lebih dari 8 tahun, menjadikannya perusahaan ekspedisi yang kenyang pengalaman.

Selain itu, layanan impor tongsis tripod melalui perusahaan ini juga dijamin cepat dan tepat. Hal ini terbukti dari banyaknya perusahaan ternama yang mempercayakan pengiriman barang melalui Antara Logistic, diantaranya Xiaomi, BioAqua, Haier, serta BYD electronics.

Antara Logistic juga melayani pembelian dari berbagai platform jual beli online, seperti Alibaba dan JD.ID. Kamu yang doyan belanja online tentu akan semakin dimanjakan dengan layanan ini.

Artikel Lainnya

Konsultasi gratis sekarang