Kenali Keramik Murah Dari Jenis, Keunggulan, Dan Tips Merawatnya

keramik murah

Keramik merupakan campuran antara unsur bukan logam dan unsur logam. Keramik pada zaman dahulu biasanya hanya digunakan pada ubin dan cangkir. Namun, seiring waktu banyak benda interior yang terbuat dari keramik salah satunya lantai keramik. Hal ini dikarenakan keramik yang unik, indah, dan bagus dalam penggunaan untuk interior. Untuk kamu yang sedang akan menggunakan dan mencari keramik murah, pahami artikel ini ya, tentunya dapat membantu kamu menentukan pilihan yang tepat.

Jenis-Jenis Keramik Murah yang Sering Digunakan

  1. Keramik Pavers

Keramik ini terbuat dari tanah liat. Keramik pavers memiliki ketebalan yang lebih besar daripada keramik lainnya, yakni sampai 12 inch. Warnanya cenderung netral dan natural, seperti krem, coklat, abu-abu, dan lain-lain. Tekstur yang dimiliki cenderung kasar. Bahannya yang kokoh sangat cocok untuk digunakan diluar ruangan, seperti tepi kolam renang atau teras rumah.

  1. Keramik Granit

Keramik Granit merupakan keramik yang terbuat dari bahan batu alam dari pegunungan atau pertambangan. Kebanyakan warna dan motif yang dimiliki keramik dari batu alam memiliki persamaan. Namun, terdapat perbedaan yang identik antara coraknya, sehingga terlihat cukup unik.  Jika kamu mencari keramik agar interior terlihat bagus, bisa memilih keramik granit ini. Harganya pun terbilang lebih murah daripada keramik marmer.

  1. Keramik Limestone

Jika kamu menyukai interior dengan nuansa yang segar dan alami, kamu dapat menggunakan keramik limestone. Keramik ini cocok untuk kamu yang memiliki ruangan dengan gaya minimalis. Keramik ini terbuat dari batu alam, memiliki berbagai macam warna, seperti hijau, biru, coklat, abu-abu, beiges dan lain-lain. Kelebihan dari keramik ini ialah tahan lama.

  1. Keramik Teraso

Keramik teraso terbuat dari berbagai campuran limbah, seperti marmer, tegel, pasir, dan semen. Corak dari keramik ini seperti pecahan batu. Keramik ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai interior gaya etnik dan klasik, karena keramik ini memberikan nuansa tradisional yang unik di dalam ruangan. Kamu bisa menggunakan keramik ini untuk ruang keluarga, ruang makan, atau ruang lainnya yang dirasa cocok.

  1. Keramik Kuadrat

Keramik ini terbuat dari bahan tanah liat dan tanpa glasir yang dipanaskan dengan suhu tinggi.  Keramik kuadrat lebih cocok untuk digunakan diluar ruangan seperti keramik teras rumah, karena memiliki porositas yang rendah. Warna dari keramik ini pada umumnya berwarna coklat atau kemerahan-merahan. Kelebihan dari keramik ini ialah tahan lama.

  1. Keramik Marmer

Jika kamu menyukai interior yang mewah dan elegan, keramik ini sangat cocok untuk menghiasi ruangan kamu. Di Indonesia sendiri, keramik marmer cukup digemari untuk tambahan pada interior. Yang membuat keramik ini semakin menarik, karena memiliki serat-serat yang membuatnya indah. Terlebih lagi biasanya marmer memiliki tampilan yang bersih dan mengkilap. Daya kilap pada marmer dapat bertahan sampai delapan tahun.

Dalam proses pembuatan keramik marmer, terdapat proses kristalisasi batu kapur. Sehingga harganya agak cenderung lebih mahal daripada keramik murah lainnya. Keramik ini juga perlu memiliki perawatan yang khusus agar terhindar dari goresan atau kerusakan lainnya.

  1. Keramik Mosaik

Keramik mosaik bermotif heksagonal dengan warna dan corak yang beragam. Keramik ini terbilang cukup mudah dibersihkan karena permukaanya yang yang berlapis kaca.  Keramik mosaik memiliki dua tipe, yaitu keramik mosaik berlapis kaca dan keramik mosaik tanpa glasir. Kedua keramik ini memiliki perbedaan. Keramik mosaik berlapis kaca memiliki daya penyerapan air yang rendah, sedangkan mosaik tanpa glasir memiliki warna dan permukaannya yang tidak licin.

Keunggulan Menggunakan Keramik

  1. Terdapat Beragam Pilihan

Daya tarik dari keramik salah satunya ialah memiliki beragam macam pilihan yang sangat banyak. Keramik tersedia dengan pilihan warna, tekstur, dan jenis corak yang menarik untuk menghiasi ruangan kamu. Pilihannya yang banyak ini tentu saja memberikan keleluasan pada kamu menentukan keramik mana yang cocok dan tepat sesuai kebutuhan untuk digunakan.

  1. Tahan terhadap air

Keramik telah teruji untuk menahan air atau kelembaban, karena keramik memiliki lapisan pelindung yang mengakibatkan tahan penyerapan terhadap air. Keramik juga memiliki keistimewaan alami yang tahan pada kelembaban yang cenderung tinggi. Sehingga keramik minim akan jamur dan kerusakan. Penggunaan keramik untuk lantai ataupun interior lainnya sangat cocok untuk digunakan yang rentan terhadap air, misalnya di dapur, kamar mandi, tepian kolam renang, dan lain-lain.

  1. Harga terjangkau

Penggunaan keramik relatif terjangkau. Terdapat harga keramik murah yang bervariasi. Namun, juga terdapat beberapa variasi harga keramik lainnya sesuai pasar. Harga dari keramik ditentukan dari corak, motif, jenis, dan ukuran dari keramik.

  1. Tahan lama dan Kuat

Keramik memiliki daya tahan yang kuat serta cukup sulit untuk dipecahkan. Lantai keramik dapat bertahan sampai 10 hingga 20 tahun, dan dapat bertahan lebih daripada itu jika rajin dalam merawatnya. Keramik juga mudah diganti jika terdapat kerusakan.

  1. Mudah dalam perawatannya

Keramik cenderung memiliki perawatan yang mudah dalam membersihkannya. Kamu tidak perlu repot dan kesusahan, karena tekstur yang dimiliki keramik biasanya licin, sehingga mudah untuk dibersihkan. Cukup dengan dipel dan disapu, tanah, debu ataupun cairan yang mengenai lantai bisa cepat bersih. Jika terdapat noda, kamu bisa menggunakan cairan pembersih kimiawi atau yang alami, jadi tidak usah khawatir akan merusak keramik.

keramik murah

Tips Dalam Merawat Keramik

  • Membersihkan Keramik

Kegiatan membersihkan keramik murah dapat dilakukan setiap hari dengan mengelap, mengepel, dan menyapu. Dengan membersihkan keramik secara teratur dan rutin dapat menjaga keawetan serta kebersihan dari keramik itu sendiri.  Kamu bisa menggunakan sabun pembersih kimiawi ataupun alami agar hasilnya maksimal. Cairan pembersih juga membantu ruangan kamu untuk tetap harum setiap harinya.

  • Menjaga kebersihan area sudut

Hal yang biasanya sering terlupakan, namun sangat penting dilakukan, yaitu membersihkan pada bagian pinggir area sudut ruangan atau benda, terlebih pada keramik lantai. Agar keramik selalu tetap bersih, kamu perlu telaten membersihkan area sudut-sudut. Kamu dapat menggunakan alat pembersih seperti sapu khusus untuk menjangkau area yang sulit dibersihkan.

  • Menggunakan cuka untuk kilau keramik

Apabila keramik yang ada di rumah mulai terlihat kusam, kamu bisa menggunakan bahan alami yang ada di dapur yaitu, larutan cuka. Gunakan sedikit cuka yang telah dicampur dengan air. Setelah itu, lap secara perlahan-lahan pada keramik. Perlu diingat, jangan menggunakan cuka murni karena dapat merusak tekstur keramik.

  • Membersihkan kerak pada keramik

Kerak pada keramik umumnya mungkin saja terjadi, terlebih di area-area seperti dapur atau ruang makan. Atau bisa terjadi juga kerak muncul akibat semen dan paparan sinar matahari. Akibatnya meninggal noda yang tidak bagus untuk dilihat pada keramik.

Larutan cuka dan air selain digunakan untuk mengkilaukan keramik, namun bisa juga untuk sebagai pembersih kerak. Larutan yang cukup keras pada cuka mampu untuk membersihkan keramik dari dari kerak.

Selain menggunakan cuka, kamu juga dapat menggunakan baking soda yang telah dicampur pasta gigi. Campurannya dituangkan pada area berkerak. Setelah itu, diamkan beberapa saat dan bersihkan dengan lap.

Menjaga keramik dari benda berat

Jauhi atau jaga keramik dari benda-benda berat. Karena benda-benda berat dapat membuat keramik kamu retak, tergores, bahkan patah. Jika ingin memindahkan barang-barang berat, lakukanlah secara hati-hati.

Dapatkan Keramik Murah Import dengan Jasa Terpercaya

Kamu berniat untuk membeli keramik murah import? Harus berhati-hati ya dalam memilih jasa. Karena jika salah pilih kamu bisa mengalami kerugian, terlebih lagi barang yang kamu beli adalah keramik yang cukup mudah pecah. Agar tidak mengalami kerugian, gunakan jasa terpercaya Antara Logistic.

  1. Antara Logistic membantu kamu mengantarkan keramik import sampai alamat kamu.

  2. Memiliki angkutan 2 jalur yakni udara dan laut.

  3. Proses registrasi dan pelacakan yang mudah.

  4. Kamu bisa import keramik dari negara Taiwan, China, Korea, Singapore, dan Thailand.

Itulah Keramik Murah Dari Jenis, Keunggulan, Dan Tips Merawatnya. Selalu pastikan untuk memilih jenis dan ukuran keramik yang tepat serta merawatnya dengan baik. Gunakan Jasa terpercaya Antara Logistic, agar keramik yang kamu pesan selamat sampai alamatmu.

Artikel Lainnya

Konsultasi gratis sekarang