Kapal Kargo Kenapa Delay?

Kapal Kargo Kenapa Delay?

Terdapat beberapa jenis kapal laut yang digunakan sebagai transportasi angkutan laut, namun apakah dari semuanya memiliki fungsi yang sama? Tentu saja dari beberapa jenis kapal laut mempunyai fungsi yang berbeda seperti salah satunya kapal kargo yang sering digunakan untuk mengirim barang dalam jumlah besar, saat pengiriman barang terkadang kapal mengalami sedikit kendala dan berakibat pada keterlambatan, lantas alasan yang membuat kapal kargo kenapa delay?

Jenis-Jenis Kapal

Tahukah Anda bahwa jenis kapal terdiri dari beberapa macam? Lewat kemajuan teknologi seperti saat ini kebutuhan transportasi juga semakin beragam, tidak hanya transportasi darat dan udara saja namun transportasi laut juga tidak luput dari perhatian, terdapat banyak jenis kapal yang dioperasikan dan biasa berlayar di laut.

Kapal Barang atau Kapal Kargo

Seperti namanya kapal yang satu ini memang diperuntukan untuk mengangkut barang lewat jalur laut, mungkin Anda pernah melihat secara langsung wujud dari kapal berukuran besar yang mengangkut muatan barang, barang-barang yang diangkut umumnya merupakan barang antar pulau hingga barang perdagangan internasional.

Setiap tahun kapal barang atau cargo ship menyusuri wilayah lautan serta samudera dunia, kapal kargo dibuat dalam beberapa ukuran dan memiliki desain yang khusus tidak seperti kapal yang lain, kapal kargo dilengkapi dengan crane serta mekanisme lain yang berfungsi saat proses bongkar muat, beberapa jenis kapal kargo yang digunakan untuk mengirim barang diantaranya seperti kapal kargo curah; kapal kargo umum; kapal kontainer dan kapal tanker.

Kapal kargo curah atau bulk carrier merupakan salah satu kapal yang memiliki jumlah paling banyak di seluruh dunia, mengapa namanya kapal kargo curah? Karena bulk carrier berfungsi untuk mengangkut bahan mentah seperti batu bara; biji-bijian; biji besi; mineral dan lainnya, yang cukup membedakan kapal kargo curah dengan kapal kargo umum yaitu muatan kapal kargo curah hanya bisa digunakan untuk mengangkut satu jenis kargo, jadi kapal kargo curah tidak bisa digunakan untuk mengangkut kontainer.

Kapal kargo umum merupakan jenis sea freight transport yang diproduksi dalam jumlah banyak pada saat perang dunia ke-2, jika kapal kargo curah hanya bisa mengangkut satu jenis kargo saja berbeda halnya dengan kapal kargo umum, kapal yang satu ini bisa digunakan untuk menampung berbagai jenis kargo baik itu kargo karung; curah ataupun kontainer dengan kapasitas 5000 dwt hingga 25000 dwt, kini terdapat kapal general cargo modern yang memiliki twin decker sehingga lebih multifungsi karena bisa menampung beragam muatan.

Sudah pernah melihat kapal yang mengangkut muatan kontainer dalam jumlah cukup banyak? Sesuai dengan muatan yang diangkut jenis sea freight transport tersebut merupakan kapal kontainer, umumnya kapal kargo kontainer mampu menampung muatan peti kemas dalam jumlah tertentu, muatan peti kemas berbentuk box tersebut diangkut dari satu tempat ke tempat lain untuk memenuhi kebutuhan atau permintaan.

Kapal tanker juga termasuk dalam salah satu jenis sea freight transport yang dirancang untuk mengangkut beberapa material atau minyak, kapal tanker dibagi berdasarkan jenis bahan material yang diangkut, seperti misalnya kapal tanker yang dibuat untuk mengangkut minyak mentah; minyak yang sudah diproses hingga material kimia, untuk kapal tanker yang digunakan mengangkut material kimia seperti metanol dan soda kaustik biasa disebut dengan chemical tanker, jadi kapal tanker dirancang sesuai dengan standart demi memenuhi sistem keselamatan para awak kapal.

Kapal Derek

Jenis kapal yang satu ini merupakan salah satu jenis kapal fungsional karena digunakan untuk menjalankan tugas tertentu, kapal derek memiliki ukuran yang besar mengingat fungsinya untuk membantu pekerjaan konstruksi lepas pantai atau mengangkat barang berat, jadi sudah pasti memiliki ukuran yang besar dengan dilengkapi beberapa derek yang ukurannya juga tidak kalah besar.

Kapal Tunda

Kapal fungsional yang berikut ini biasanya digunakan untuk kapal penyelamatan atau pembuka pintu laut pelabuhan, meskipun memiliki ukuran yang kecil kapal tunda sering melakukan manuver untuk mendorong atau menarik kapal, tidak hanya itu kapal tundah biasanya juga digunakan untuk memindahkan kapal yang rusak atau tidak bisa bergerak sendiri.

Kapal Pemadam Kebakaran

Kebakaran bisa juga terjadi di kapal yang mungkin sedang berada di tengah lautan, sebagai upaya pemadaman api maka dibutuhkan sebuah kapal yang memiliki fungsi seperti mobil pemadam kebakaran, kapal pemadam kebakaran memiliki desain seperti kapal tunda, kapal fungsional yang satu ini dirancang dengan nosel dan pompa yang berfungsi sebagai penyemprot air, sehingga kapal yang sedang terbakar di perairan bisa segera dipadamkan lewat bantuan kapal pemadam kebakaran.

Kapal Feri

Sudah pernah naik kapal feri? Keberadaan kapal feri tentu memiliki peranan yang besar para penggemar transmigrasi, tidak hanya bisa digunakan untuk menyebrangi laut tapi jenis kapal penumpang feri juga bisa digunakan untuk menyebrangi sungai, namun umumnya kapal feri sering menjadi transportasi berlayar jarak dekat seperti menyebrangi pulau.

Selain mengangkut penumpang kapal feri juga mengangkut kendaraan yang beragam mulai dari mobil pribadi; bus hingga truk semi-trailer, tidak heran jika tempat berlabuh kapal feri dibuat khusus yang memungkinkan penurunan dan pengisian kapal dengan mudah, jika ingin merasakan sensasi naik kapal meski dalam waktu relatif singkat coba saja naik kapal feri.

Kapal Pesiar

Jika ingin menghabiskan waktu cukup lama menikmati suasana di laut Anda bisa mencoba naik kapal pesiar, sebagai kapal yang dibuat khusus untuk berwisata ini tentunya sudah dilengkapi dengan fasilitas yang mendukung layaknya hotel berbintang, agar para penumpang semakin nyaman saat menikmati perjalanan laut maka design dari jenis kapal pesiar juga dibuat semenarik mungkin.

Waktu yang dibutuhkan untuk berlayar menggunakan kapal pesiar ini juga beragam tergantung rute pelayaran yang dipilih, biasanya rute pelayaran keberangkatan dan pulang akan berada di titik awal yang sama, apakah Anda pernah berekreasi menghabiskan waktu menikmati suasana laut dengan menggunakan kapal pesiar?

Kapal Penelitian

Penelitian segala spesimen di laut atau segala riset lapangan yang ada di laut bisa dilakukan dengan menggunakan kapal penelitian, kapal ini didesain untuk keperluan investigator serta keperluan penelitian, ada beberapa jenis kapal penelitian atau kapal riset yang sesuai dengan penggunaannya seperti salah satunya kapal riset oseanografi, sedangkan di Indonesia sendiri memiliki kapal penelitian Geomarin III di bawah naungan Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral.

Kapal Perang

Kapal perang tentunya dibuat berbeda dengan jenis kapal lainnya, apalagi fungsi dari kapal perang yaitu untuk bertempur, jenis kapal perang dilengkapi senjata perang serta dirancang agar tahan serangan atau tahan tembakan dari musuh.

Setelah mengenal jenis-jenis kapal laut sekarang perlu diketahui juga hal tentang pengiriman barang yang dilakukan via laut, dari beberapa jenis pengiriman ternyata pengiriman barang via laut juga banyak dipilih, apalagi kapasitas angkut yang tinggi menjadi salah satu alasan mengapa menggunakan jasa angkut kargo, meski terkadang timbul pertanyaan kapal kargo kenapa delay? Namun pengiriman barang via laut tetap saja menjadi pilihan karena pengiriman jenis kargo mematok biaya jauh lebih murah.

Keuntungan

Beberapa aspek yang menjadi alasan memilih moda transportasi laut diantaranya waktu transit; volume kargo serta aksesibilitas, sudah pasti dalam bisnis import barang para pebisnis mempertimbangkan beberapa hal tersebut, selain itu ada keuntungan lain yang didapatkan pebisnis retail atau importir ketika memilih jasa pengiriman via laut.

Fleksibel Menerima Barang

Ada jenis barang yang memang tidak bisa dikirimkan via transportasi lain, namun dengan mengirimkan barang via laut Anda lebih leluasa dalam mengirimkan atau menerima jenis barang yang tidak bisa dikirimkan via transportasi lain, meskipun lebih leluasa barang yang dikirim atau diterima tetaplah barang legal, jadi jangan berprasangka barang ilegal dapat diterima secara bebas.

Lantas apa saja jenis barang yang biasanya tidak bisa diterima via transportasi lain? Adapun barang-barang yang bisa diterima via laut diantaranya seperti barang elektronik ukuran besar; barang mudah meledak; cairan kimia, tidak semua ekspedisi kargo udara atau darat mau menerima barang-barang tersebut.

Biaya Pengiriman Lebih Terjangkau

Dalam melakukan pengiriman barang pelaku bisnis akan selalu mempertimbangkan perihal biaya, itulah salah satu alasan mengapa pengiriman via laut lebih dipilih daripada pengiriman via transportasi darat atau udara, biasanya pengiriman dari dan ke luar negeri lebih sering menggunakan kargo jalur laut yang terbilang ekonomis.

Namun perlu diperhatikan untuk barang yang membutuhkan perputaran yang cepat tidak disarankan menggunakan pengiriman via laut, jadi sebelum memilih kargo laut perlu dilakukan perhitungan jenis barang; volume barang; waktu kedatangan barang, apalagi proses pengiriman akan membutuhkan biaya yang besar jika tidak dilakukan perhitungan yang tepat.

Space Lebih Luas

Alasan lain memilih pengiriman lewat jasa kargo laut karena ketersediaan ruang cargo yang luas, jika barang yang akan dikirim memiliki volume besar maka pengiriman via laut adalah pilihannya, berbeda halnya jika volume barang kecil namun memiliki nilai yang tinggi bisa memilih menggunakan pengiriman lain seperti misalnya via udara, semua jenis produk berbagai ukuran dan berat akan lebih fleksibel jika dikirim melalui transportasi laut yang menyediakan ruang lebih banyak.

Cara Pengiriman Barang via Laut

Sebelum melakukan pengiriman barang via laut Anda perlu mengetahui syarat dan ketentuan yang berlaku, seiring dengan perkembangan teknologi kini Anda diberikan kemudahan dalam mengurus pengiriman termasuk pengiriman via laut, Anda bisa menikmati proses pengurusan menggunakan platform digital, jika Anda masih merasa bingung dengan cara pengiriman barang laut yang dilakukan secara online bisa memperhatikan cara berikut.

Registrasi

Sebelum masuk ke tahap pemesanan pastikan Anda sudah membuat registrasi akun sebagai langkah pertama yang penting dilakukan, saat registrasi akun Anda akan diminta memasukkan alamat email serta password yang merupakan standar keamanan data dan transaksi online, setelah selesai registrasi cobalah untuk mengecek email apakah sudah menerima email verifikasi atau belum.

Buka link yang tertera pada email verifikasi akun sehingga Anda bisa melengkapi informasi data diri, setelah akun sukses diverifikasi Anda perlu melakukan login kembali agar bisa melanjutkan tahap pemesanan.

Rute Pengiriman

Pada kolom pencarian rute Anda bisa mengetahui harga dan jadwal rute sesuai dengan yang diinginkan seperti memasukkan Pelabuhan Asal serta Pelabuhan Tujuan, selesai mencari rute pengiriman lanjut dengan estimasi tanggal berangkat dan tanggal tiba, maka tampilan layar akan menunjukkan beragam tarif; biaya serta syarat dan ketentuan pengiriman, dengan mengetahui informasi cek kargo tersebut tentunya akan lebih memudahkan Anda dalam memilih jenis pelayaran.

Pemesanan

Sudah selesai menentukan rute dan jenis pelayaran? Selanjutnya Anda akan mengisi data pengirim dan penerima barang, biasanya data yang diminta seperti alamat dan nomor telepon orang yang bisa dihubungi selama proses pengiriman, baru kemudian Anda perlu mengisi daftar muatan pengiriman barang berdasarkan klasifikasi jenis barangnya, jadi sebelum mengirim barang lewat kapal kargo jangan lupa menyiapkan dokumen pengiriman barang.

Dokumen setiap jenis barang tentunya juga berbeda baik itu Non Dangerous Goods maupun Dangerous Goods, seperti pada general cargo yang merupakan istilah pengiriman barang tahan lama, apa saja yang termasuk dalam barang tahan lama? Adapun yang termasuk barang tahan lama diantaranya seperti bahan bangunan; furniture; kendaraan; pupuk; tekstil dan barang lain yang tidak perlu perawatan khusus.

Dokumen yang diperlukan untuk pengiriman kendaraan yaitu identitas kendaraan; identitas penerima dan pengirim barang; surat jalan dari kepolisian dan surat dealer jika kendaraan baru, sedangkan dokumen yang diperlukan untuk barang selain kendaraan yaitu data jenis barang; surat jalan; surat kuasa dan surat perintah muat.

Bagaimana dengan dokumen yang dibutuhkan untuk jenis food grade? Untuk produk makanan atau minuman biasanya akan menggunakan kontainer yang memiliki sirkulasi udara cukup guna menjaga kualitas makanan, dokumen yang perlu disiapkan juga tidak jauh dari dokumen general cargo diantaranya surat kuasa; surat perintah muat; surat jalan dan data jenis barang.

Sedangkan dokumen yang dibutuhkan untuk barang yang termasuk dangerous goods sebenarnya juga tidak jauh berbeda dengan non dangerous goods, yang membuat berbeda adalah adanya dokumen MSDS atau material safety data sheet, karena dalam mengirim dangerous goods dibutuhkan penanganan khusus dan tentunya ketentuan pengiriman yang berbeda dari lainnya.

Pembayaran

Setelah melewati beberapa tahapan di atas tiba ke proses akhir yaitu proses pembayaran, dengan adanya proses online ini memudahkan siapa saja yang hendak melakukan pengiriman barang mengurus proses pembayaran, proses pembayaran bisa dilakukan melalui smartphone atau gadget lainnya, selain itu Anda bisa melakukan pembayaran melalui e-banking baik debit atau credit card online, jadi tidak perlu lagi membawa uang cash dalam jumlah besar.

Mungkin Anda masih menimbang-nimbang saat akan melakukan pengiriman kargo barang via laut karena waktu tiba barang, banyak faktor yang turut menjadi pengaruh pengiriman barang di pelabuhan, kelancaran arus kapal maupun kelancaran arus barang juga menjadi salah satu faktor terjadinya delay, karena kapal yang masuk perairan pelabuhan harus melapor terlebih dahulu ke kantor otoritas pelabuhan, kapal bisa saja tidak diizinkan masuk pelabuhan karena berkenaan dengan keamanan negara.

Lamanya barang yang berada di pelabuhan bisa karena proses kapal berlabuh, selain itu kapal juga belum dilayani masuk ke area tambatan, belum lagi pemilik barang yang dikuasakan belum mengambil barang di lini I quay yard, jadi beberapa faktor tersebut mungkin yang menjadi pertimbangan saat menggunakan pengiriman via laut hingga alasan kapal kargo kenapa delay?

Artikel Lainnya

Konsultasi gratis sekarang