Cek Resi Barang di Jasa Layanan Antara Logistic

Cek Resi

Melakukan pembelanjaan produk – produk tertentu di berbagai situs E-commerce seperti di masa pandemi Covid-19 sekarang ini, memang menjadi salah satu solusi efektif untuk menekan penyebaran virus Covid-19. Meski demikian, membeli produk di situs E-commerce juga harus Anda perhatikan mengenai cek resi barang. Hal ini sangat penting dilakukan agar produk / barang yang dibeli dapat dilacak dan mampu meminimalisir tindakan kejahatan penipuan oleh oknum tak bertanggung jawab.

Tahukah Anda mengenai apa itu cara cek resi pengiriman barang?

Seiring dengan perkembangan zaman, trend belanja online memang tidak bisa lepas dari kehidupan kalangan masyarakat itu sendiri. Sebab, keinginan untuk membeli produk – produk tertentu nyatanya dilakukan untuk menunjang kebutuhan sehari – hari. Baik itu dalam hal kebutuhan rumah tangga, perawatan kecantikan, penampilan dan lain sebagainya.

Alasan inilah yang akhirnya membuat perilaku konsumtif masyarakat terbilang cukup tinggi, terutama di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang. Tingginya perilaku orang – orang dalam berbelanja di situs E-commerce ini juga sangat berkaitan erat dengan yang namanya resi barang. Berbicara mengenai resi barang, tahukah Anda mengenai definisi lengkap resi barang tersebut?

Secara umum, resi barang merupakan sebuah tanda terima secara tertulis yang biasa berbentuk surat, paket maupun uang kiriman. Dalam pembelian produk online, resi barang ini nantinya akan diterima oleh konsumen dari penjual yang menyatakan bahwa produk tersebut sudah dikirimkan ke alamat konsumen. Adapun nomor resi barang ini akan diperoleh oleh penyedia jasa antar jika barang yang akan dikirm sudah diproses oleh penyedia jasa tersebut.

Mengapa nomor resi penting bagi pelanggan toko online?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai bagaimana cara cek resi pengiriman barang, ada baiknya Anda mengetahui mengenai alasan pentingnya nomor resi bagi pelanggan toko online. Ya, nomor resi yang umumnya berupa lembaran kerta dengan nomor seri tertentu ini memiliki kegunaan penting sebagai identitas sebuah paket dan bukti bahwa paket pesanan customer benar – benar dikirim oleh toko online / penjual.

Meski demikian, Anda juga perlu untuk berhati – hati ketika menerima nomor resi dari pihak penjual. Sebab, sekarang ini banyak sekali kasus customer diberikan nomor resi palsu oleh oknum – oknum penjual yang tidak bertanggung jawab karena sekedar mencari keuntungan tanpa memikirkan kerugian yang dialami orang lain. Maka dari itu, ada baiknya setiap Anda melakukan pembelanjaan online, jangan lupa menanyakan nomor resi pengiriman paket.

Dari ulasan tersebut, Anda tentu bisa menebak mengenai pentingnya pemberian nomor resi dalam pengiriman barang, bukan? Ya, pentingnya pemberian nomor resi barang ini dapat digunakan untuk meminimalisir rasa khawatir dan was – was pembeli / customer dari kasus tindakan penipuan yang ada dari pihak penjual toko online.

Apa saja manfaat pemberian nomor resi dalam pengiriman barang?

Sesuai standar pengiriman, sebuah barang yang akan dikirimkan kepada pembeli / customer akan diberikan nomor resi yang telah ditetapkan. Dengan tujuan untuk menghindari tindakan kejahatan penipuan oleh oknum – oknum tak bertanggung jawab, nomor resi sendiri umumnya memiliki banyak manfaat di antaranya sebagai berikut :

  • Sebagai bukti pengiriman barang

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, nomor resi ini memiliki manfaat sebagai bukti pengiriman barang yang telah diproses oleh penjual toko online. Umumnya, resi yang berbentuk struk ini akan diterima oleh penyedia jasa pengiriman barang yang siap dikirimkan ke alamat tujuan pembeli / customer. Sehingga, hal ini akan meningkatkan kepercayaan pembeli / customer kepada penjual toko.

  • Dapat melacak lokasi pengiriman barang

Dengan adanya nomor resi yang diberikan, maka pembeli / customer juga dapat lebih mudah untuk melakukan pelacakan lokasi pengiriman yang sedang dikirim oleh penyedia jasa pengiriman. Biasanya, pihak pembeli / customer dapat melakukan pelacakan barang melalui website penyedia jasa pengiriman jika sewaktu – waktu barang yang dibeli belum sampai ke alamat tujuan. Dengan begitu, pembeli / customer akan terhindar dari pikiran negatif berupa barang tak kunjung sampai ke rumah.

  • Memudahkan dalam mengambil paket di gudang

Mengingat banyaknya barang / paket yang harus diantarkan oleh kurir penyedia jasa pengiriman, maka tak jarang jika barang tersebut sering menginap beberapa hari di gudang penyimpanan. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi karena dengan adanya nomor resi yang diterima, maka Anda bisa mengambil barang tersebut di gudang tempat penyedia jasa pengiriman tersebut. Dalam hal ini, Anda bisa menunjukkan kepada petugas mengenai nomor resi barang tersebut.

  • Dapat dijadikan sebagai syarat pengajuan komplain

Banyak sekali kasus barang yang diterima oleh pembeli / customer terkadang tidak sesuai dengan pesanan atau justru mengalami kerusakan. Nah, dengan melihat cek resi nomor pengiriman barang tersebut, Anda bisa dengan mudah mengajukan komplain ke perusahaan untuk mendapatkan ganti rugi atau solusi terbaik atas permasalahan penerimaan barang yang tidak sesuai dengan keinginan tersebut.

  • Memudahkan dalam mengetahui kondisi barang

Tak hanya kasus kerusakan barang, pembeli / customer juga terkadang sering mengalami yang namanya salah dalam pengiriman barang. Hal ini sering kali terjadi lantaran kesalahan kurir dari jasa ekspedisi pengiriman. Apabila Anda mengalami hal demikian, bisa dengan mudah melakukan pengecekan resi pengiriman untuk mengetahui kondisi barang yang tak kunjung diterima dari pihak penyedia jasa pengiriman.

  • Mampu meningkatkan kepercayaan pembeli / customer

Manfaat adanya nomor resi pengiriman barang ini yakni mampu meningkatkan kepercayaan pembeli / customer. Sehingga, pihak dari pembeli / customer tidak hanya memperhatikan tarif pengiriman saja, namun juga bisa memperhatikan bagaimana sikap profesionalisme suatu ekspedisi yang diminta untuk mengirimkan barang ke alamat tujuan.

Rekomendasi jasa pengiriman barang terpercaya

Jika melihat dari pentingnya cara cek resi online bagi pembeli / customer, Anda tentu saja menginginkan untuk menggunakan jasa layanan pengiriman barang yang sudah aman dan terpercaya, bukan? Nah, jasa pengiriman yang direkomendasikan untuk Anda gunakan dalam mengirimkan barang secara aman dan terpercaya yakni menggunakan jasa Antara Logistic atau dengan mengunjungi alamat websitenya di https://antaralogistic.com/.

Pada umumnya, jasa layanan Antara Logistic ini merupakan perusahaan freight forwarding dan kurir berbasis online yang memudahkan pembeli / customer dalam mengirimkan paket import dalam jumlah kecil maupun banyak (grosir). Di jasa pengiriman barang ini biasanya menggunakan dua jalur pengiriman, yakni melalui jalur udara dan jalur laut dengan waktu yang terbilang singkat. Bahkan, pengiriman paket dapat dilakukan dari negara China, Taiwan, Thailand, Korea dan Singapura.

Bagaimana cara kerja jasa layanan Antara Logistic?

Sebagai jasa layanan pengiriman barang, Antara Logistic umumnya menggunakan sistem kerja sebagai berikut :

  • Proses registrasi akun pembeli / customer melalui WhatsApp Official Antara Logistic.
  • Setelah itu, pembeli / customer akan dibantu pihak marketing untuk mendapatkan notifikasi dan marking code sebagai identitas barang yang akan diterima.
  • Apabila sudah memperoleh supplier, pembeli / customer akan mendapatkan petunjuk alamat pengiriman gudang Antara Logistic di luar negeri.
  • Jika barang pembeli / customer sudah diterima di gudang pihak jasa layanan, maka nantinya akan diberikan notifikasi pemberitahuan melalui WhatsApp ataupun email bahwa barang telah tiba.
  • Terakhir, barang pembeli / customer akan siap dikirimkan kembali ke alamat tujuan yang telah disepakati sebelumnya.

Tips dan trik mudah mengenai cara cek resi di Antara Logistic

Sebagai jasa pengiriman barang import terpercaya dan aman, Antara Logistic ini ternyata juga mendapat dukungan layanan pembelian dari berbagai perusahaan – perusahaan besar. Adapun perusahaan – perusahaan tersebut di antaranya yakni Alibaba.com, 1668.c0m, Taobao.com, JD.ID, Made-in-China, China.cn, Dhgate.com dan berbagai perusahaan di bidang E-commerce lainnya.

Nah, untuk melakukan pengecekan nomor resi di jasa Antara Logistic ini terbilang cukup mudah dan cepat. Langkah – langkah yang bisa Anda lakukan yakni sebagai berikut :

  • Pertama – tama, Anda tinggal mengunjungi alamat resmi jasa pengiriman barang Antara Logistic di https://antaralogistic.com/.
  • Setelah itu, Anda lihat pada kolom bagian ‘Lacak Kiriman’ yang tersedia di dalam website tersebut.
  • Kemudian, masukkan nomor resi barang yang telah dikirimkan di kolom yang disediakan dan klik ‘Cek Resi’.
  • Terakhir, Anda bisa melihat lokasi barang yang sedang dikirimkan oleh kurir pengantar barang ke alamat tujuan.

 

Artikel Lainnya

Konsultasi gratis sekarang