Tmall, Raksasa Bisnis Online China

Tmall

Tmall China, mungkin masih agak asing di telinga masyarakat Indonesia namun sangat familiar bagi para shopaholic. Tmall ini merupakan online shop dengan marketplace besar yang dilaunching pada April 2008. Berbasis di China dan merupakan platform online shop yang menyediakan pengalaman berbelanja produk-produk high quality dari China. Tmall sendiri merupakan bagian dari Alibaba Group.

Model Bisnis

Tmall China merupakan salah satu bisnis raksasa dari milik alibaba group. Model bisnis Tmall sendiri berfokus pada B2C dan juga online retail. Pendapatan dari bisnis ini menjadi salah satu yang tertinggi di Asia bahkan global sehingga mempunyai sumbangsih yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi dunia.

  • Business To Consumer/B2C

Dikatakan bisnis B2C karena seluruh penjual brand-brand besar di seluruh bagian di dunia bisa menjual ratusan produknya langsung kepada konsumen China dan juga negara lainnya. Jutaan penjual dan konsumen terkoneksi satu sama lain untuk saling mendapatkan informasi dan peluang usaha.

  • Online Retail

Melalui Tmall Alibaba, para pelaku usaha menjadi lebih memperluas jangkauan marketplace lebih luas. Pelaku usaha dapat melakukan uji coba produknya di Tmall hanya untuk melihat bagaimana respon konsumen kepada produknya.

Tmall.com

Website Tmall China dapat langsung diakses oleh konsumen di berbagai negara. Akan tetapi bahasanya masih full bahasa China sehingga perlu untuk menggunakan bantuan Google translate. Namun untuk tampilan dan cara bertransaksi rata-rata mirip dengan platform online shop lainnya.

  • Tmall.com dikhususkan untuk pelaku usaha yang berdomisili di China dan produknya pun harus berlokasi di China. Pelaku usaha dalam Tmall memiliki aturan untuk melakukan pengiriman maksimal 72 jam setelah order dilakukan.

  • Untuk dapat berbelanja di Tmall.com, konsumen bisa langsung mencari barang yang dimau. Disini akan banyak produk yang dapat dipilih konsumen. Selanjutnya konsumen dapat melihat setiap detail informasi produk. Kalau oke, bisa langsung order produk, memberikan detail informasi pengiriman lanjut pembayaran.

  • Tmall.com juga dilengkapi dengan order management untuk membantu konsumen melakukan pelacakan pengiriman. Merchant Feedback juga disediakan untuk memantau kualitas produk dan pelayanan penjual.

  • Dari segi penjual, setelah payment dilakukan, order transaksi secara otomatis terdeteksi dalam sistem penjual. Setiap proses yang dilakukan pelanggan, mulai pemilihan produk, pengemasan hingga keluar dari gudang untuk dikirim terus dipantau oleh sistem Tmall.com.

  • Biaya yang dibebankan ke penjual meliputi security deposit, annual technology fee, fee dalam rangka program loyalty konsumen dan komisi transaksi.

  • Tahapan untuk dapat menjadi salah satu penjual di tmall.com terdiri dari entry preparation, pendaftaran, kemudian development dimana pada tahap ini penjual perlu menentukan strategi pricing, kemudian tahap pre launch hingga tahap yang paling akhir adalah launch secara resmi.

  • Penjual dapat menjual satu brand milik sendiri atau lebih dari satu brand jika penjual adalah seorang retailer. Penjual juga wajib memberikan informasi terkait jumlah stock sehingga tidak mengecewakan konsumen yang ingin membeli barang tersebut.

Tmall Global

Pengembangan tmall selanjutnya adalah membuat platform bernama Tmall Global yang bermaksud untuk menjangkau pelaku usaha lebih luas secara global.

  • Tmall Global ini merupakan platform yang dibuat dalam rangka mendukung pelaku usaha UMKM dalam menjangkau pasar China. Hal ini sangat mempermudah brand-brand internasional yang bermaksud melakukan ekspansi bisnis ke China.

  • Tmall Global dilaunching pada tahun 2014 yang kemudian membantu para pelaku usaha dalam menciptakan peluang bisnis di marketplace China.

  • Strategi yang dilakukan adalah melalui brand awareness yang meningkatkan kesadaran konsumen China terhadap brand global.

  • Untuk Brand Baru yang akan bergabung di Tmall Global pun dapat mulai mengenalkan produknya selama memenuhi kriteria yang ditentukan.

Tmall

Barang Apa Saja Yang Dijual

Kalau di lihat di Tmall.com produk-produk yang dijual sangat lengkap. Pilihan produknya pun lebih beragam karena penjualnya juga berasal dari berbagai belahan dunia.

  • Produk fashion yang dikategorikan berdasarkan jenis dan brand mulai dari baju, sepatu, tas, jam tangan dan lainnya.

  • Selanjutnya ada pula produk-produk yang berhubungan dengan perawatan dan kesehatan bayi, seperti susu, popok dan perlengkapan bayi lainnya.

  • Produk kebutuhan sehari-hari seperti cemilan, makanan instan, kue dan lainnya juga ada di Tmall Alibaba.

  • Produk Make Up dan Skincare yang mendukung kecantikan.

  • Produk-produk teknologi seperti kamera, smartphone dari berbagai merk.

  • Peralatan elektronik yang mendukung gaya hidup modern seperti mesin kopi, mesin cuci, kulkas dan sebagainya.

  • Pernak-pernik lucu yang mempercantik rumah juga ada.

  • Produk obat-obatan herbal dari China juga bisa dicari di web Tmall bagi konsumen penikmat obat-obatan herbal.

  • Produk-produk kekinian seperti kopi, coklat yang hits pada waktu tertentu juga  bisa dibeli di Tmall.

Fitur Yang Ada Pada Tmall

Untuk memudahkan promosi dan bertransaksi, Tmall China memberikan fitur-fitur yang membantu penjual dalam mengenalkan produknya.

  • Aturan Perdagangan Hingga Terjemahan

Untuk dapat menjual produk di Tmall China, penjual bisa  menjual produk merek sendiri yang berkualitas dan terpercaya. Selain itu, jika penjual juga bisa dibantu dalam hal pemasaran, logistik dan juga layanan pelanggan. Bagi penjual yang tidak paham dengan bahasa China, Tmall menyediakan fitur terjemahan yang membantu penjual memahami cara bertransaksi di Tmall.

  • Fasilitas Streaming Langsung

Di Tmall juga disediakan fasilitas streaming live. Fitur ini bisa digunakan penjual ketika ada informasi ter up to date. Misalnya saja ketika ada diskon, ada paket promo tertentu atau saat cuci gudang. Fitur ini juga bermanfaat untuk berinteraksi dengan konsumen untuk meningkatkan brand awareness terhadap produk yang dijual.

  • Fitur Feed Berita

Feed Berita juga menjadi salah satu fitur yang digunakan untuk meningkatkan interaksi dengan konsumen. Dengan mengelola feed yang ada di Tmall, konsumen menjadi lebih sering mengingat online store tersebut. Jadi ketika akan membeli barang, konsumen sudah langsung tahu online store mana yang akan dituju.

  • Akses Terhadap Supply Marketing

Tmall menyediakan informasi terkait bagaimana meningkatkan brand awareness konsumen dengan bekerja sama dengan influencer dan juga video maker. Menggandeng influencer menjadi cara ampuh untuk memasarkan produk karena influencer sudah memiliki fans tersendiri dan apapun yang dipakai influencer akan dipakai juga oleh pengikutnya.

Rasakan Kemudahan Bertransaksi di Tmall

Bertransaksi di Tmall China sangat mudah karena didukung dengan bantuan teknologi dan metode pembayaran untuk transaksi internasional.

  • Produk High Quality

Produk yang dijual di Tmall merupakan produk yang berkualitas tinggi. Sebelum dapat menjadi penjual di Tmall, penjual wajib memenuhi standar kriteria tertentu baik dari segi produk maupun kualitas pendukung online shopping. Tmall juga memastikan informasi yang disediakan dalam detail produk dapat membantu konsumen menilai kualitas antara kualitas produk yang satu dengan yang lain.

  • Harga Produk Murah

China sangat terkenal dengan surganya barang murah. Jadi sudah pasti harga barang disini sangatlah terjangkau dan sangat bersaing jika dibandingkan dengan berbelanja di negara lain. Hal tersebut bisa menguntungkan untuk reseller atau penjual grosiran karena dapat menjual lagi dengan harga yang lebih kompetitif.

  • Transaksi Aman dan Terpercaya

Tmall memberlakukan peraturan ketat untuk menyeleksi setiap penjual yang akan mendaftar. Selain itu, merek dan kualitas produk juga dipertimbangkan agar tidak mengecewakan konsumen saat bertransaksi di web Tmall.

  • Variasi Produk Yang Lengkap

Kelengkapan produk yang ada di website Tmall juga sangat baik sehingga konsumen tidak akan kehabisan preferensi dalam memilih produk tertentu. Banyak kategori dan juga merek terpercaya yang bisa konsumen beli.

  • Didukung Teknologi Canggih

Group Raksasa Alibaba yang membawahi Tmall merupakan ahlinya di bidang teknologi. Oleh karenanya, kemudahan penjual dan konsumen dalam bertransaksi sangat terpenuhi.

  • Didukung Metode Pembayaran Internasional

Anda dapat bertransaksi di Tmall menggunakan paypal, western union atau kartu kredit. Beberapa biaya yang harus dikeluarkan konsumen adalah biaya produk, ongkos kirim, komisi penjualan dan forwarder jika diperlukan.

Untuk dapat bertansaksi menggunakan Tmall China dari Indonesia, konsumen dapat menggunakan jasa antaralogistic. Antaralogistic mendukung pemesanan barang melalui Tmall. Konsumen dapat membuat akun pada website antaralogistic. Selanjutnya jika sudah melakukan pemesanan barang sesuai yang diinstruksikan, konsumen tinggal duduk manis dan melacak sudah sampai mana proses pengiriman barang. Konsumen dapat memilih untuk mengambil sendiri barang di antaralogistic atau dikirim langsung oleh kurir.

Artikel Lainnya

Konsultasi gratis sekarang