Tips Cara Menjadi Importir yang Berkualitas

Membuka usaha menjadi importir tentu bisa mendatangkan banyak keuntungan. Walaupun begitu, Anda harus hati – hati jika ingin menjadi importir. Urusan surat – surat perizinan dan juga bea cukai bisa jadi penghalang untuk usaha seperti ini.

Jika Anda ingin mendapat banyak pelanggan, Anda tentu tidak hanya perlu surat – surat dan kemampuan beli dari luar negeri. Hal seperti layanan bisa jadi kunci untuk menunjukan kualitas Anda. Bagi yang ingin belajar lebih dalam cara menjadi importir yang baik, mari bahas bersama tips – tipsnya di bawah ini:

Cari Pihak Partner di Luar Negeri yang Terpercaya

Jika Anda sudah menyelesaikan masalah legalitas dan mendirikan usaha importir, Anda perlu mencari partner yang bisa diajak kerja sama di luar negeri. Membeli dari produsen langsung akan lebih baik jika menjadi partner.

Manfaat menjadi partner ini akan ada banyak. Pertama, Anda mendapatkan informasi terupdate soal produk – produk yang mereka hasilkan. Kedua, Anda bisa dapatkan paket harga khusus. Ketiga, Anda bisa mendapatkan akses khusus seperti garansi, promosi dan limited edition dari produk mereka.

Jika Anda bisa memanfaatkan bonus sebagai partner ini, Anda tentu akan mendapatkan banyak pelanggan. Bayangkan saja Anda menjual sepatu edisi terbatas yang sulit didapat di Indonesia karena menjadi partner brand sepatu import. Jika sampai terjadi, banyak orang akan berebut datang ke toko Anda untuk belanja.

Pastikan Anda Mudah Dikontak

Jika ingin populer di kalangan konsumen, pastikan Anda menyediakan layanan customer yang baik. Salah satu bentuk layanan yang baik ini adalah kontak yang mudah dihubungi. Sebagai solusi untuk hal ini, Anda bisa buat website, akun social media dan juga line khusus untuk membuka kontak. Semakin banyak jalur kontak yang bisa digunakan konsumen, layanan Anda akan semakin dinilai baik.

Sediakan Jasa Titip Beli dan Pre-Order

Jika Anda memiliki akses beli dari luar negeri dengan mudah, silahkan coba buka jasa titip beli barang dan juga pre order barang impor. Layanan seperti ini sangat banyak dicari. Tidak semua orang memiliki akses mudah untuk membeli barang dari luar negeri. Tapi sebagai importir, Anda memiliki dokumen dan backingan cukup untuk melakukan hal ini.

Membuka usaha sampingan ini bisa jadi cara menjadi importir yang lebih sukses. Jika banyak orang menggunakan jasa Anda, tentu pemasukan tidak akan datang dari penjualan barang impor saja tapi juga usaha jasa ini.

Berikan Garansi Untuk Para Pelanggan

Banyak konsumen hanya akan mempercayai importir yang memberikan jaminan akan barang dagangannya. Hal seperti barang KW sudah banyak tersebar di Indonesia dan sering membuat konsumen rugi.

Untuk memastikan kepercayaan pelanggan, berikanlah layanan garansi. Jika barang ketahuan tidak asli, Anda berani ganti rugi. Tapi karena Anda impor secara legal, tentu garansi ini belum tentu Anda bayarkan. Tanda garansi di sini lebih berperan untuk membangun kepercayaan konsumen saja.

Bagaimana menurut Anda soal tips – tips di atas? Mudah – mudahan dengan menggunakan tips cara menjadi importir tersebut, Anda bisa jadi lebih sukses. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan selamat mencoba tips-nya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Leave A Comment

Open chat
Konsultasi gratis sekarang