Tips Beli Barang Import China Agar Lebih Aman

Membeli barang import China tentu menarik bagi beberapa orang. Beli dari luar secara langsung akan lebih murah daripada harus beli dari perantara di dalam negeri yang bisa menaikan harga tinggi. Bagi Anda yang tertarik import sendiri dari negara bamboo tersebut, gunakan saja tips – tips berikut ini:

Pastikan Biaya Kirim Sudah Sesuai

Jika Anda beli barang import, tentu Anda harus mampu mengukur biaya pengirimannya. Biaya pengiriman ini akan tergantung dari metode yang dipilih. Biasanya pengiriman lewat kapal lebih murah tapi akan lebih mahal dibandingkan dengan pesawat yang cepat tapi mahal.

Jika Anda melakukan import untuk dijual kembali, pilihan biaya kirim dari kapal adalah yang paling masuk akal. Membeli dalam jumlah besar bisa membuat beban kirim menjadi terlalu berat jika menggunakan pesawat.

Pastikan Urus Bea Cukai

Selain biaya kirim, Anda juga harus memastikan urusan bea cukai. Import di Indonesia ada aturan tersendiri. Beban cukai ini bisa besar atau kecil tergantung dari barang yang Anda beli. Beberapa barang seperti pakaian dan barang fasion tidak akan mendapat cukai seberat parts mesin industri.

Karena aturan ini sangat banyak, pastikan belajar dulu agar nantinya tidak melakukan kesalahan. Banyak orang tidak bisa mendapatkan barnag yang dibeli dari luar negeri karena tidak lulus cukai. Jika sudah begitu, tentu saja Anda rugi karena sudah bayar mahal tapi tidak dapat barang yang dinginkan.

Beli Di Platform Online Lebih Mudah

Jika Anda tidak ingin pusing soal biaya kirim, pastikan saja beli barang import China dari platform online. Tempat seperti Alibaba, Taobao, 1688 dan Tmall adalah beberapa contoh platform toko online yang cukup mudah diakses. Selama Anda memiliki PayPal dan credit card, barang yang Anda beli pasti bisa sampai di tangan Anda.

Penggunaan platform ini lebih mudah karena pengurusan soal pengiriman ada di tangan penjual. Anda tidak perlu menghitung biaya kirim dan perizinan. Anda cukup bayar dan tunggu barang sampai. Tapi ingat, pihak bea cukai pasti akan melakukan check untuk barang tersebut. Bila saat diperiksa ada hal ganjil, Anda tetap akan dipanggil ke kantor untuk dimintai keterangan.

Gunakan Jasa Titip Barang Import

Bagi Anda yang tidak mau repot urusan biaya kirim dan cukai sama sekali, gunakan saja jasa titip beli barang. Jasa ini menjadi perantara yang mengurusi semua hal untuk kebutuhan belanja barang dari China.

Urusan yang cukup Anda ketahui adalah biaya yang harus dibayar dan juga lama barang akan datang. Jasa seperti ini mulai populer di Indonesia sejak dua tahun lalu. Alasan kuat mengapa jasa ini menjadi populer adalah layanannya yang tidak ribet. Anda yang tidak punya kartu kredit ataupun PayPal tetap bisa belanja dari luar negeri jika gunakan jalur ini.

Sekian bahasan tips – tips belanja barang import China yang bisa Anda gunakan. Mudah – mudahan bahasan ini berguna untuk Anda. Terima kasih sudah membaca article ini!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Leave A Comment

Open chat
Konsultasi gratis sekarang