Seputar Container

Salah satu media pengiriman barang yang banyak dimanfaatkan oleh banyak perusahaan besar adalah menggunakan truk kontainer. Tentunya ukuran container yang dapat digunakan untuk kegiatan pengiriman barang sudah banyak sekali. Sebagai contohnya adalah container dengan ukuran container 40 feet.

Manfaat Container

Ukuran container 40 feet merupakan salah satu ukuran yang digunakan untuk metode pengiriman barang. Para pemilik barang juga memiliki pertimbangan tersendiri ketika akan menggunakan sebuah kontainer tersebut. Salah satunya adalah manfaat yang diberikan oleh truk kontainer.

Bisa dibilang semua pihak yang menggunakan sistem pengiriman atau menerima pengiriman dengan truk kontainer akan sama-sama mendapatkan manfaat. Berikut adalah penjelasan dari manfaat tersebut.

      1. Manfaat bagi pengirim barang
    1. Biaya transportasi lebih ringan. Hal ini dikarenakan truk kontainer dapat mengirim jumlah barang yang terbilang banyak dalam satu kali jalan. Dengan begitu biaya yang dikeluarkan oleh pihak pengirim barang akan tetap terpangkas dan hemat.
    2. Biaya pada bagian pelabuhan juga akan berkurang.
    3. Proses pengepakan yang lebih cepat dan juga lebih mengurangi biaya.
    4. Lebih mudah memunculkan pasar baru.
    5. Premi asuransi juga akan mendapatkan pengurasan besaran yang dibebankan.
    6. Lebih nyaman, praktis, dan lebih cepat.
    7. Biaya pergudangan dan inventori akan mendapatkan pengurangan.
      1. Manfaat bagi pemilik kapal yang melakukan pengiriman barang

Selain dapat diaplikasikan di dalam truk, ternyata container juga dapat diletakkan secara langsung di dalam kapal barang. Berikut ini adalah manfaat yang akan didapatkan oleh pemilik kapal.

1. Kapasitas kargo lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan media pengiriman lain.

2. Waktu untuk menyelesaikan suatu pengiriman barang akan lebih cepat.

3. Return investasi yang tergolong lebih tinggi.

4. Profit yang lebih tinggi.

5. Adanya sebuah kontak global.

      1. Manfaat bagi pelabuhan

Tak bisa dipungkiri jika dalam proses pengiriman barang menggunakan container ke luar negeri atau masuk ke dalam negeri akan lebih mudah jika menggunakan transportasi laut seperti kapal barang. Tentunya pihak pelabuhan juga akan mendapatkan berbagai manfaat. Berikut adalah penjelasannya.

    1. Kemacetan yang ada di dalam pelabuhan akan lebih terhindari.
    2. Dikarenakan kemacetan sudah terhindar atau teratasi, maka waktu yang digunakan untuk pengiriman barang akan lebih mudah dan cepat.
    3. Kegiatan bongkar dan muat barang lebih mudah dan lebih cepat.
    4. Proses usaha pemasaran yang terbilang lebih sedikit.

Tips Dalam Pemilihan Container

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika container menjadi salah satu media pengepakan atau pengiriman barang yang sering digunakan oleh kebanyakan perusahaan besar. Namun sebelum melakukan pengiriman barang menggunakan container, akan lebih baik lagi jika anda maupun perusahaan-perusahaan besar memperhatikan beberapa tips berikut ini.

    1. Menentukan ukuran

Ukuran dari kontainer bisa dibilang sudah banyak sekali. Selain itu jenis dari container juga sudah mulai banyak sekali. Untuk ukuran dimulai dari 20 feet sampai dengan 40 feet. Dalam tahap ini sebaiknya anda sebagai calon pengguna menyesuaikan kebutuhan.

Artinya sesuaikan besaran container dengan banyaknya barang yang akan anda kirim. Perbedaan ukuran dari container yang akan anda gunakan juga mempengaruhi besaran harga yang ditawarkan. Tentunya harga container dengan ukuran 20 feet lebih rendah dibandingkan dengan ukuran 40 feet.

Namun tetap saja 40 feet memiliki kapasitas lebih besar dibandingkan dengan ukuran di bawahnya. Hal inilah yang harus anda pikirkan dan perhatikan. Sebab jika memang anda salah dalam pemilihan ukuran container. Maka keuangan yang akan anda keluarkan juga akan lebih banyak dari semestinya.

    1. Waktu yang digunakan

Waktu penggunaan juga menjadi salah satu faktor yang harus anda perhatikan. Jika memang anda ingin menggunakannya untuk penyimpanan satu atau beberapa bulan ke depannya. Maka anda dapat menyewa container.

Namun jika anda memang hendak melakukan penggunaan container untuk berkali-kali. Maka tak ada salahnya untuk membeli container untuk keperluan pribadi. Dengan begini anda akan lebih hemat keunganan.

    1. Kondisi container

Kondisi container juga harus anda perhatikan. Terlebih lagi pada bagian pintu kontainer, pastikan pintu tersebut dapat ditutup dengan rapat. Selain itu hindari pembelian container dengan bekas karat yang tergolong banyak.

Meskipun hanya tiga poin, namun penjelasan akan tips di atas dapat anda terapkan ketika akan membeli kontainer. Baik untuk ukuran 20 feet maupun ukuran container 40 feet.  

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Ikuti artikel kami!

Antara Logistic Newsletter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Konsultasi gratis sekarang