Pusat Import Dari China Di Kota Guangzhou

Pusat Import Dari China Di Kota Guangzhou

Berbagai produk asal china memang terkenal murah meriah dan banyak diminati pasar Indonesia. Ada berbagai jenis produknya di Indonesia yang sangat laris di pasaran, mulai dari jarum dan peniti, lalu berbagai perlengkapan rumah tangga, pakaian juga aneka mainan anak-anak hingga berbagai alat-alat elektronik. Jika produk-produk eropa terkenal akan keawetannya dan produk-produk Jepang terkenal akan inovasi dan multiguna maka produk china terkenal karena harganya yang murah dan meliputi beragam produk yang merupakan copy dari berbagai produk terkenal dan banyak dicari, yang dibutuhkan dan diminati oleh banyak orang namun cukup mahal harganya, bisa dalam hadir dalam harga yang lebih terjangkau. Sehingga lebih mudah dijual. Tak heran jika banyak yang ingin menjadi pengimpor berbagai jenis produk asal china tersebut. Apalagi cara untuk mengimpornya pun makin mudah prosedurnya. Perlu diketahui bahwa pusat import dari china di kota Guangzhou. Konsulat Jenderal Republik Indonesia, KJRI Guangzhou memiliki catatan bahwa aliran impor dari kota Guangzhou China itu bisa mencapai sekitar 2,2 miliar USD per bulannya.

Kota Guangzhou

Kota ini merupakan kota yang ramai dan adalah ibukota provinsi Guangdong, suatu wilayah di selatan Cina. Guangdong dulunya dikenal dengan nama Canton atau Kanton, yakni suatu wilayah di tepi perairan, sungai Pearl. Sungai itu terhubung hingga ke laut china selatan. Guangzhou adalah kota terbesar di RRC setelah Beijing, ibukota RRC dan Shanghai. Letaknya yang strategis di selatan, membuat kota legendaris ini juga merupakan pintu gerbang transportasi ke seluruh pelosok kota di berbagai wilayah di negara RRC. Kota Guangzhou pun merupakan kota wisata, baik karena keindahan alamnya dan sejarahnya serta terutama untuk wisata belanja. Kota surga belanja ini produksi utamanya ialah berupa beragam produk fashion yang dijual dengan harga murah meriah, yakni mulai berupa pakaian, dan sepatu juga tas, serta aksesoris pelengkapnya.

Tak hanya memasok untuk kebutuhan di seantero wilayah di dalam negeri RRC sendiri tapi bahkan diekspor hingga ke berbagai belahan dunia. Di kota Guangzhou ini terdapat banyak pusat perbelanjaan grosir yang tersebar di seluruh wilayahnya dan dipilah-pilah berdasarkan pada jenis komoditasnya. Jadi ada pusat grosir kaos dan baju dalam nya sendiri. Lalu ada pula pusat grosir gaun serta baju kualitas butik. Kemudian ada juga pusat grosir sepatu dengan omzet yang sangat fantastis. Lalu ada pusat grosir tas nya sendiri. Kemudian ada pusat grosir khusus jam tangan. Ada pula pusat grosir khusus barang elektronik berupa handphone, dan lain sebagainya.

Tiap pusat grosir tersebut juga luas dan besar sehingga akan memakan waktu lebih dari sehari guna menjelajahinya. Itu baru satu lokasi pusat grosir, belum lagi pusat grosir yang lainnya, dan berbagai tempat wisata lainnya, tak cukup satu hari untuk menjelajahi kota Guangzhou itu. Bagi yang ingin mudah berbelanja maka bisa mengimpor dengan mudah pula dari kota Guangzhou. Jika tak menguasai bahasanya dan prosedurnya maka bisa melakukan impor secara borongan lewat agen importir yang ada. Tinggal sebutkan saja jenis barangnya maka akan dibantu memilih pemasok atau penjualnya yang terpercaya dan tinggal pilih yang menjual dengan harga yang termurah dengan spesifikasi barang yang sesuai. Tak perlu repot dengan urusan pergudangan, serta prosedur pengirimannya dan lain sebagainya, bahkan perizinannya pun akan dibantu mengurusnya, hingga barang belanjaan sampai di tangan. Benar-benar surga belanja.

Wisata Guangzhou

Selain kota pusat impor

Guangzhou, maka Guangzhou juga merupakan kota wisata, yang meliputi wisata alam, dan sejarah dan yang namanya tentu saja surga wisata belanja. Letaknya ada di tepi Sungai Pearl, Guangzhou juga ialah tempat  bersejarah yang memiliki gedung-gedung modern yang menjulang tinggi, perpaduan antara tradisi dengan modernitas. Pusat perdagangan dan transportasi di china. Guangzhou hotels juga tersedia dalam berbagai kelas. Iklim cuaca di kota ini pun mendukung. Kota ini mengalami musim dingin yang singkat, dan tak terlalu berat atau ekstrim dinginnya dengan sinar matahari yang hadir di sepanjang tahun. Weather Guangzhou sangat menguntungkan. Berikut ini beberapa destinasi wisatanya.

Gunung Baiyun

Lokasinya di wilayah pinggiran utara Guangzhou. Tepatnya di posisi Lintang 23,15729 dan posisi Bujur  113,273289. Nama Baiyun itu berarti awan putih. Daerah pegunungan ini memiliki 30 puncak yang banyak dihiasi dengan bangunan kuil dan biara. Tersedia fasilitas berupa kereta gantung di destinasi wisata alam ini guna menikmati pemandangannya.

Canton Tower atau Menara Canton

Berikutnya ada Canton Tower. Menara ini memiliki ketinggian sekitar 600 meter, menjadikan tempat ini menonjol di garis langit Guangzhou. Wisata di Guangzhou jadi sangat mengasyikkan. Bila malam hari tiba maka kota Guangzhou pun mulai bermandikan cahaya lampu dengan aneka warna yang terdapat di sepanjang Sungai Pearl. Di menara Canton pengunjung bisa naik bubble tram yang mencapai ketinggian sekitar 455 meter. Kunjungi 488 Look Out guna menikmati cantiknya pemandangan kota Guangzhou dari tempat tinggi ini.

Guangzhou Opera House

Wisata seni dan bersejarah ada di Guangzhou Opera House, di dekat Sungai Pearl lokasinya.

Pulau Shamian

Jangan lupa kunjungi juga Pulau Shamian. Terdapat bangunan unik bergaya arsitektur Eropa seperti Gereja Our Lady of Lourdes atau gereja Bunda dari Lourdes, yang dibangun dan merupakan peninggalan orang Perancis yang datang di china di tahun 1892 di pulau ini. Lalu ada Shamian Dajie, yakni jalan utama pulau Shamian, yang dihiasi oleh jajaran rumah-rumah tua, dan galeri serta pepohonan.

Shawan Ancient Town atau Kota Kuno Shawan

Untuk wisata sejarahnya juga bisa kunjungi  distrik barat daya dari Panyu, Shawan Ancient Town. Shawan ini memang pernah menjadi pusat budaya Lingnan.

Bandara Guangzhou

Para wisatawan bisa mendarat di Bandara Internasional Guangzhou di Baiyun. Letaknya ada di titik lintang 23,3959 dan titik Bujur: 113,308. Berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Guangzhou. Guna mencapainya memerlukan waktu tempuh sekitar 45 menit berkendara. Sedangkan tarif Taksi nya ialah sekitar CNY 150. Jika menggunakan bus biayanya sekitar CNY 17 hingga CNY 32, tergantung tempat turunnya. Lalu jika menggunakan kereta Jalur Metro 2 biayanya CNY 8 dengan waktu tempuh sekitar 40 menit, 5 menit lebih cepat.

Tips Berbelanja di Guangzhou

Bagi wisatawan yang ingin merasakan pengalaman berbelanja langsung di kota Guangzhou maka berikut ini tipsnya.

Rencanakan barang yang ingin dibeli, buat daftar list belanjaan supaya tidak kalap saat berbelanja hingga over budget.

Lalu datangi pusat grosir sesuai jenis produk barang yang hendak dibeli tersebut. Jika bingung memilihnya dan tak punya banyak waktu maka bisa kunjungi Beijing Lu dan Shangjiu Lu.  Lu ialah jalan maknanya. Kedua pusat perbelanjaan tersebut berkonsep pedestrian walk, yakni mirip seperti di Pasar Baroe di Jakarta, yang dipenuhi dengan toko dan gerai kios yang menjual aneka barang, di sepanjang jalanannya. Terdapat toko resmi, maupun toko yang menjual barang kw nya kelas KW 1 atau kw super hingga  yang produk palsu murah meriah kelas KW dibawahnya. Shangjiu Lu sangat tepat didatangi bagi yang ingin berburu perhiasan batu giok, namun harus bisa membedakan giok asli dengan giok yang palsu, agar tidak mudah tertipu.

Jangan lupa untuk makan, mengisi perut hingga kenyang dulu sebelumnya. Sehingga cukup energi guna menyusuri pusat grosir untuk hunting barang.

Kenakan pakaian yang nyaman dan sepatu yang nyaman pula.

Tawar harganya hingga 75 % lebih. Wisatawan pada awalnya bisa saja ditawari tas kw yang kalau di Mangga Dua bisa didapat dengan harga 300 ribu Rupiah, namun ditawarkan dengan harga jutaan Rupiah. Jangan ragu untuk menawarnya dengan tegas dan tampang jutek tanpa senyum. Hingga akhirnya bisa membelinya dengan harga sekitar 50 ribu Rupiah saja. Jangan kaget. Seperti inilah cara tawar menawarnya jika hendak berbelanja di Guangzhou. Selalu lengkapi dan cek referensi harganya. Jangan terlihat sangat menginginkan barang yang hendak dibeli pada saat menawar. Jika kesulitan dengan bahasanya maka bisa gunakan kalkulator saja untuk proses tawar menawar harga.

Jangan lupa cek detil dan kualitas serta spesifikasi barang yang hendak dibeli. Terdapat beragam tingkat kualitas produk yang sangat bervariasi di jual di kota Guangzhou ini.

Bisa gunakan kereta untuk menjelajah kota Guangzhou. Waktu paling tepat untuk mengunjunginya ialah sekitar jelang akhir tahun.

Artikel Lainnya

Konsultasi gratis sekarang