Proses Impor dan Pajak Impor Barang Dari China 

Produk atau barang China memang sangat laku sekali di Indonesia. Hal ini disebabkan karena barang China jauh lebih murah dan menawarkan berbagai produk sehingga masyarakat bisa memilih serta menemukan produk yang dibutuhkannya. Meskipun demikian barang-barang luar negeri yang masuk ke Indonesia tentunya akan dikenakan pajak, begitu pula dengan produk atau barang dari China. Mengenai pajak impor barang dari China yang wajib untuk Anda ketahui dengan jelas maka Anda bisa melihat pula penjelasannya seperti dibawah ini.

Bagaimana Caranya Jika Ingin Mengimpor Barang atau Produk Dari China?

Nah, mengenai hal ini tentunya Anda tidak perlu bingung terlebih lagi jika Anda ingin import barang dari China ke Indonesia. Untuk caranya ada banyak sekali, dimana Anda bisa memanfaatkan beberapa website jasa pengiriman barang import terpercaya sehingga pengiriman barang dapat dilakukan dengan baik. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan marketplace online atau situs belanja online di Indonesia yang menawarkan pengiriman barang dari China dengan harga yang murah. Jadi, nantinya Anda bisa memilih jasa pengiriman untuk produk yang Anda inginkan dan Anda bisa mengikuti semua proses yang diajukan mulai dari pengiriman, pajak dan bea cukai yang dikenakan hingga sampai proses pengiriman barang ke alamat tujuan Anda.

Tak hanya itu saja, untuk urusan pengiriman dan penerimaan barang dari luar negeri tentunya nanti akan ada yang urus yakni forwarder. Nah, jika Anda melakukan import barang dari China ke Indonesia maka nantinya forwarder China ke Indonesia akan mengurusnya dengan sebaik mungkin. Jadi, intinya forwarder ini dapat dikatakan pula sebagai agent shipping ataupun carrier yang nantinya akan mengurusi pengiriman dan juga penerimaan barang import dan export.

Berapa Lama Waktu Yang Dibutuhkan Dalam Urusan Pengiriman Barang Dari China ke Indonesia?

Pertanyaan seperti ini tentunya sangat banyak ditanyakan oleh orang terlebih lagi bagi seseorang yang belum pernah melakukan import barang dari China ke Indonesia. Nah, untuk proses pengiriman tentunya akan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dan ini tergantung dengan jalur yang bagaimana yang Anda pilih nantinya apakah jalur laut ataupun udara. Jika Anda memilih jalur laut biasanya akan membutuhkan waktu yang lama kurang lebih sekitar 30 hari sedangkan untuk jalur udara pada biasanya bisa mencapai waktu kurang lebih sekitar 14 hari. 

Berapa Pajak Import Barang Dari China?

Setiap produk dari luar negeri tentu akan kena pajak dan bea cukai dan ini berlaku juga untuk barang dari China meskipun harganya murah. Jadi, pemerintah melalui Bea Cukai saat ini telah menetapkan pula ketentuan import terbaru terlebih lagi terkait dengan pengiriman barang dari luar negeri, yang mana hal ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan No. PMK 199/PMK.10/2019. Nah, dalam aturan ini Bea Cukai akan menyesuaikan langsung mengenai nilai pembebasan bea cukai yang masuk atas barang-barang kiriman dari yang sebelumnya USD 75 akan menjadi USD 3 per kirimannya. Untuk pungutan mengenai pakal import akan tetap diberlakukan normal. 

Meskipun demikian ini juga penting untuk Anda ketahui mengenai pajak impor barang dari China. Jadi, pemerintah juga merasionalisasi mengenai tarif yang semula berkisar yakni kurang lebih 27,5% – 37,5% (yang mana bea masuk 7.5%, untuk PPN 10%, PPh 10% dengan NPWP hingga PPh 20% tanpa adanya NPWP). Nah, untuk saat ini telah menjadi kurang lebih 17,5% (untuk bea masuk nya 7,5%, PPN 10% dan PPh 0%). 

Jadi, itulah informasi mengenai proses pengiriman barang import dan juga perpajakan barang import china yang wajib untuk Anda ketahui.

Artikel Lainnya

Konsultasi gratis sekarang