Penting Untuk Memahami Fungsi Packing List Dan Invoice Bagi Jasa Pengiriman

Sebelum membahas akan fungsi packing list dan invoice bagi usaha jasa pengiriman paket/barang, maka sebaiknya terlebih dahulu kita mengetahui artinya.

    • Arti dari Packing list

Packing list adalah rincian barang-barang yang terdapat dalam peti. Hal ini dimaksudkan agar isi kemasan peti tersebut mudah untuk diketahui.

Jika sewaktu-waktu terdapat pemeriksaan untuk melihat isi akan sebuah kemasan, maka dengan packing list dapat membantu proses pemeriksaan tersebut.

Biasanya sebuah barang dikemas dalam sebuah koli/peti. Koli digunakan untuk meggambarkan satuan dari bungkusan yang digunakan dan biasanya memakai kemasan bal, peti, pak dll.

Disamping sangat membantu, packing list juga mudah dibuat. Hanya dengan mengisi list barang yang akan dikirim seperti ukuran, netto dan isi koli itu sendiri.

Jika anda memiliki usaha jasa pengiriman barang, maka pastikan anda membekali staff anda untuk dapat membuat packing list dengan benar.

Terlebih saat ini dengan maraknya kejahatan, biasanya banyak oknum yang memanfaatkan jasa pengiriman barang dalam menyelundupkan barang ilegal, terlarang, dll. 

Pastikan barang yang akan dikirimkan sudah melalui proses packing list secara benar. Tentunya akan mempermudah pekerjaan dan mengurangi resiko kerusakan atau bermasalah.

Anda tentu tidak menginginkan barang yang akan dikirimkan harus mengendap lama karena proses pemeriksaan yang Panjang karena packing list yang tidak sesuai.

    • Resiko yang akan muncul dari packing list yang keliru

Fungsi packing list sendiri adalah untuk menjaga barang agar aman sampai tujuan dengan proses pemeriksaan yang mudah dan barang selamat.

Maka dari itu lakukan packing list dengan benar. Yuk kenali potensi resiko yang muncul jika packing list tidak berjalan dengan baik:

    1. Barang menjadi rusak

Tentu saja perjalanan sebuah barang hingga tiba di tempat tujuannya, menempuh waktu dan jarak tertentu. Perlu untuk memastikan barang dalam kondisi tetap oke.

Jika terjadi pemeriksaan dan packing list tersebut tidak dilakukan dengan baik sebelumnya, maka barang akan menemukan masalah kendala selama diperjalanan

Kualitas barang kiriman yang tadinya baik, akan berkurang atau bahkan rusak. Terlebih barang yang tidak tahan lama seperti makanan kemasan dll. 

    1. Kehilangan konsumen dan pelanggan

Jika barang yang diterima sudah dalam keadaan kualitas yang sudah berkurang atau rusak, pastinya konsumen akan kecewa dan berpindah kurir.

Anda akan sulit mendapatkan pelanggan jika image anda sudah jelek karena testimoni akan konsumen yang minus terhadap kinerja jasa anda.

Maka dari itu, kualitas pelayanan terhadap konsumen dan pelanggan pastinya menjadi ujung tombak dari kemajuan usaha jasa yang anda jalankan.

Setelah kita membahas detail akan packing list, kini mari kita simak akan pengertian seputar invoice. Yang tentunya memiliki keterkaitan erat.

Bagi mereka yang terjun dalam bisnis maka istilah invoice sudah tidak asing lagi dan selalu bersentuhan dengannya. Mari kita bahas lebih lanjut:

    • Arti invoice dalam dunia bisnis

Dalam sebuah transaksi jual beli, tentunya ada perjanjian yang terjadi antara penjual dan pembeli. Maka terjadilah jual beli barang tersebut.

Maka invoice digunakan sebagai sebuah dokumen atau pernyataan penagihan akan sebuah transaksi jual beli yang terjadi diantara kedua belah pihak. 

Invoice memuat rincian barang yang dibeli termasuk harga satuan dari setiap item dan harga total atau keseluruhan dari barang tersebut.

Biasanya invoice juga memuat akan tanggal transaksi dan jumlah total dari setiap item barang maupun jumlah total dari keseluruhan barang.

Yuk simak lebih lanjut akan fungsi invoice atau juga dikenal dengan sebutan faktur. Agar nantinya dalam pembuatannya tidak terjadi kekeliruan:

    • Jenis invoice

Ada beberapa jenis invoice yang digunakan sesuai peruntukannya. Karena barang yang dikirim terdiri dari beberapa model. Mari kita kupas detailnya:

    1. Invoice sementara

Untuk invoice jenis ini digunakan terhadap barang yang kedatangannya dalam waktu yang tidak bersamaan. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal.

Bisa saja barang tersebut tidak tersedia dalam jumlah yang diharapkan sehingga harus memesan dari supplier barang dalam beberapa kali pemesanan.

Atau bisa juga karena faktor lainnya seperti tujuan pengiriman yang berbeda namun dari konsumen yang sama. Yang memerlukan kejelian barang sesuai pemesanan.

    1. Invoice sederhana

Invoice sederhana adalah invoice yang lazim digunakan dalam transaksi perdagangan. Meski sederhana, namun tetap saja invoice harus dibuat dengan sebaik-baiknya.

    1. Invoice eksklusif

Invoice jenis ini biasa digunakan dalam transaksi untuk eksport dan import. Tentunya hal ini dikarenakan pemeriksaan barang akan sangat detail.

Demikian pembahasan fungsi packing list dan invoice. Selamat berbisnis dan semoga sukses menyertai usaha anda.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Ikuti artikel kami!

Antara Logistic Newsletter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Konsultasi gratis sekarang