Pahami, Cara Dan Jenis Barang Import Terbaru 2022

Barang Import Terbaru 2022

Indonesia sendiri menganut perekonomian yang terbuka, dimana Indonesia melakukan perdagangan Internasional baik Impor maupun Ekspor. Dan Indonesia sendiri memang rutin dalam mendatangkan komoditas impor dari barang lain dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dan perekonomian negara. Ada beberapa barang import terbaru 2022 yang diatur kedatangannya.

Selain jenis barang yang di import, ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk impor barang dari luar negeri, maka berikut adalah beberapa penjelasan cara import barang terbaru 2022. Diantaranya:

Harga dan Sistem Perdagangan

Satu hal yang paling penting dan paling utama yang harus ditentukan pada supplier adalah harga dan cara pembayarannya. Karena dalam import ada istilah DOB, CRF, CIF, DDP, FAS dan lainnya. Semua ini biasanya adalah kewajiban dari supplier. Untuk itu, pastikan untuk Anda menanyakan semua prosesnya dan bagaimana harga serta sistem perdagangannya saat akan melakukan import barang.

Cara Pengiriman

Setelah mengetahui harga barang dan ketentuan lain dalam sistem perdagangannya dari supplier luar negeri. Hal lain yang harus anda pastikan adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk pengiriman barangnya.

Nah, untuk bisa mengetahui berapa dan cara pengiriman yang tepat, biasanya tiap perusahaan akan membutuhkan data yang cukup akurat tentang ketentuan dari harga, bobot hingga dimensi dari barang yang nantinya akan dikirimkan. Dalam hal ini, maka supplier harus menginformasikan kepada Anda.

Hal ini juga berlaku jika Anda berencana akan membeli barang Ex Work, yaitu adalah barang yang dibuat di satu pabrik atau gudang dan bukan dari supplier. Maka supplier wajib untuk mengkonfirmasi dengan jelas dimana alamatnya. Tujuannya adalah untuk mempermudah proses penjemputan barang hingga bisa dikirim ke dalam negeri.

Memilih Freight Forwarder

Pada saat akan melakukan import barang dari luar negeri, selain memahami barang import terbaru 2022 Anda juga harus memilih jasa pengiriman barang yang profesional. Karena jasa pengiriman barang ini nantinya yang akan membantu Anda untuk mengurus semua persyaratan dokumentasi dan kepabeanan.

Selain itu, jasa pengiriman barang ini juga nantinya akan mengurus semua kebutuhan logistik dan juga negosiasi tarif angkut, bea cukai, asuransi dan juga pengiriman barang ke alamat. Dan yang terpenting adalah nantinya mereka jugalah yang akan membawa barang ke tempat tujuan dalam waktu yang sesuai dengan biaya yang sesuai.

Agar biaya pengiriman barang nantinya bisa lebih hemat, maka pastikan untuk Anda memilih metode pengiriman yang tepat. Hal ini sangat penting sehingga Anda bisa mendapatkan barang yang sesuai dengan waktu dan tempat yang memang Anda inginkan.

Secara umum ada tiga pilihan jenis pengiriman yakni adalah melalui laut, udara dan darat. Dari sini Anda bisa memilih dan menentukan jenis pengiriman yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. karena pasalnya masing – masing dari jasa pengiriman memiliki jangka waktu pengiriman yang berbeda. Dari ketika tentu saja pengiriman via udara jauh lebih cepat. Namun, jika melihat dari biaya tentu saja biaya yang harus Anda keluarkan juga lebih besar. Jika Anda mengirim barang dalam jumlah banyak maka pengiriman via laut jauh lebih hemat dan efisien untuk Anda.

Hanya saja Anda harus mempertimbangkan jangka waktu dan juga waktu transit yang memang dibutuhkan. Biasanya transit menjadi salah satu waktu yang akhirnya memperlambat prosesnya.

Asuransikan Barang

Ketika akan melakukan impor barang pastikan untuk Anda melakukan asuransi barang. Pasalnya ketika melakukan proses ekspor impor, baik supplier ataupun pembeli harus memahami tanggung jawab masing- masing. Karena biasanya pemasok dari luar negeri akan lepas tangan setelah barang dikirim, sedangkan penerima akan memiliki resiko sebelum barang sampai di tempat. Nah, untuk itu sangat penting untuk memberikan perlindungan barang impor sehingga barang yang dikirim terjamin. Jika terjadi satu hal yang tidak diinginkan selama proses pengiriman maka Anda tidak akan mengalami kerugian. Untuk itu, baca mengenai ketentuan ini dalam surat kontrak penjualan.

Aturan Mengenai Kepabean

Sebelum akan melakukan proses impor maka sangat disarankan untuk Anda memastikan mengetahui batasan atau jenis barang import terbaru 2022 yang diperbolehkan dan tidak. Dan pastikan jika memang barang yang di Impor membutuhkan perlakuan khusus atau memang perlu untuk dilengkapi dokumen penting lainnya dari negara asal sebelum akhirnya masuk ke Indonesia. Informasi mengenai hal ini, bisa Anda dapatkan dari pihak Bea Cukai.

Cara Pembayaran

Setelah Anda mendapatkan konfirmasi mengenai harga dan juga ketentuan dalam proses dagang dari pemasok maka selanjutnya adalah Anda harus memahami dan mengetahui total biaya pengiriman dan termasuk di dalamnya adalah bea masuk, pajak dan lainnya hingga bisa sampai ke alamat yang dituju.

Proses Pengiriman Barang

Setelah Anda membayar barang, maka selanjutnya Anda harus mengurus proses pengiriman. Jika Anda membeli barang yang didalamnya tidak termasuk biaya angkut dan antar maka Anda harus menghubungi jasa pengiriman barang untuk menginformasikan alamat lengkap dari supplier. Selanjutnya dari jasa pengiriman barang akan menginstruksikan tim di negara tersebut untuk melakukan pengaturan pengiriman barang. Pada saat yang sama Anda juga harus tetap menghubungi supplier agar bisa menyerahkan barang pada jasa pengiriman barang yang sesuai dengan pilihan Anda sesuai dengan nama dan alamat yang diberikan.

Lengkapi Dokumen

Setelah barang import terbaru 2022 dikirim, maka selanjutkan akan ada beberapa dokumen penting lain yang harus dilengkapi untuk proses kepabean dan untuk melengkapi beberapa keperluan lain hingga bisa sampai ke alamat Anda. beberapa dokumen tersebut diantaranya adalah commercial invoice, bill of landing, Airway Bill, Packing list dan beberapa dokumen pendukung lainnya seperti certificate of Origin dan lainnya.

Surat Perijinan Impor

Satu hal yang sangat penting setelah anda selesai mengirim semua dokumen ekspor dari negara asal adalah dengan mengurus surat perijinan impor sebelum barangnya masuk ke Indonesia. Dan sebaiknya semua hal termasuk di dalamnya adalah bea masuk dan semua jenis perizinan lainnya mengenai impor barang memang sudah anda urus sebelum barang sampai. Jika ada kesulitan maka tak ada salahnya menggunakan jasa dari pihak lain. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan jasa Import door to door, dimana jasa ini memiliki tanggung jawab sebagai pengiriman dan pengantar barang untuk mengangkut barang dari luar negeri ke dalam negeri.

Melakukan Pembayaran Bea Masuk dan Biaya Lainnya

Pasalnya semua barang impor yang akan masuk ke dalam negeri atau Indonesia akan dilakukan pemeriksaan dan harus mendapatkan persetujuan dari Bea Cukai serta akan dikenakan oleh Bea Masuk, Cukai, PPh Pasal 22 dan juga beberapa pajak lainnya yang sudah ditetapkan. Dan barang impor sendiri tidak akan dikenakan biaya jika barang ini termasuk jenis barang untuk hadiah, kebutuhan rohami, tujuan budaya, amal dan beberapa jenis lainnya.

Proses mengeluarkan barang dari Pabean

Setelah Anda menyelesaikan semua proses untuk pengurusan barang di pabean, sehingga barang bisa keluar dan masuk ke Indonesia. Maka ada baiknya jika barang tersebut segera untuk diangkut ke Alamat yang dituju.

Menerima barang dan klaim asuransi

Ketika barang import terbaru 2022 sudah tiba di tempat Anda, pastikan untuk Anda terus melakukan pemeriksaan mendetail mengenai kerusakan dan kemungkinan barangnya ada yang hilang. Setiap jenis kerusakan apapun harus Anda catat dengan sangat jelas dan harus disimpan untuk menjadi catatan.

Selain itu, ketika menerima barang ada baiknya memastikan jika tiap barang memiliki jumlah yang tepat dan memang benar adanya. Jika barang mengalami kerusakan ataupun kecacatan, ada baiknya untuk segera memberitahu secara langsung kepada jasa pengiriman dan perusahaan asuransinya. Dengan demikian, jasa pengiriman akan langsung bisa mengajukan klaim pada pihak perusahaan Asuransi. Dan anda juga bisa mendapatkan asuransi yang sesuai dengan kerusakan. Sangat disarankan untuk melampirkan foto atau video dan bukti pendukung lainnya mengenai kondisi dari kerusakan. Jangan pernah membuang barang yang rusak atau mengeluarkan kemasan sebelum diperiksa oleh pihak asuransi ataupun jasa pengiriman barang.

Dan secara garis besar, Indonesia melakukan impor pada beberapa barang secara rutin. Secara umum ada dua kategori komoditas impor Indonesia yakni minyak dan gas atau migas dan nonmigas. Berikut adalah komoditas impor atau barang import terbaru 2022 yang didatangkan dari negara lain. Di antaranya:

Migas

Sebenarnya Indonesia, merupakan salah satu negara pelanggan impor migas yang terdiri dari minyak mentah, hasil minyak hingga gas. Nilai impor dari migas sendiri sebenarnya mengalami peningkatan seiring dengan terjadinya lonjakan harga minyak mentah dan gas atau migas yang ada di pasar Indonesia. Dan negara yang menjadi langgan Indonesia dalam melakukan impor minyak mentah adalah Arab Saudi.

Selain minyak mentah, Indonesia juga salah satu negara yang melakukan impor gas dengan jumlah yang cukup banyak dari Timur Tengah. barang import terbaru 2022 ini memang menjadi paling banyak diimpor dari negara luas untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Mesin dan Peralatan Mekanik

Selanjutnya, ada juga kelompok barang dan peralatan mekanis yang juga sebenarnya mendominasi barang import terbaru 2022 di Indonesia dari kategori non migas. Setidaknya mesin dan peralatan mekanis ini banyak digunakan untuk menunjang Industri di dalam negeri. Bahkan dalam catatan, Indonesia sudah melakukan impor mesin dan peralatan mekanis dari beberapa negara. Beberapa negara tersebut adalah China, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Singapura, Jerman, amerika, Italia dan beberapa negara besar lainnya.

Untuk impor mesin ini sendiri termasuk juga di dalamnya adalah impor mesin – mesin presisi dan mesin kendaraan bermotor yang digunakan untuk otomotif. Dan selanjutnya, mesin otomotif ini sendiri akan dirakit sendiri oleh pabrikan Indonesia.

Perlengkapan Elektrik

Selain melakukan barang impor untuk mesin dan peralatan mekanis juga sebenarnya melakukan impor peralatan elektrik dan beberapa bagian lainnya. Setidaknya total impor para perlengkapan elektrik juga sangat tinggi dan merupakan urutan nomor dua terbesar pada kelompok impor untuk kategori dan non migas.

Hal ini memang disebabkan karena perlengkapan elektrik di Indonesia sebagian besar perakitannya di Indonesia namun peralatannya sendiri berasal dari negara lain. Sehingga tak heran jika Indonesia masih memerlukan jumlah yang cukup besar untuk pengiriman barang impor untuk perlengkapan elektrik.

Plastik dan Barang – barang dari bahan plastik

Selanjutnya, barang import terbaru 2022 yang hingga saat ini masih banyak sekali di impor dari luar negeri adalah plastik atau barang – barang dari bahan plastik. Ini adalah salah komoditas impor Indonesia yang cukup tinggi nilai impor nya. Bahan plastik ini memang sebagian besar digunakan untuk industri makanan dan minuman yang digunakan sebagai kemasan. Selain itu, bahan baku dari plastik sebenarnya banyak juga digunakan untuk industri otomotif. Maka tak heran jika jumlah impor dari barang ini juga cukup tinggi jika dibandingkan dengan barang – barang lain. Karena memang dalam segi ekonominya memang sangat tinggi dan paling banyak dibutuhkan dalam kehidupan sehari – hari.

Bahan Kimia Organik

Ini memang cukup mengagetkan, barang import terbaru 2022 ini adalah impor bahan kimia organik yang mana ini sebenarnya meliputi bahan kimia yang memang bersumber dari minyak, sumber dari hasil pertanian dan juga kimia organik yang digunakan untuk bahan baku zat warna, kimia organik yang memang menghasilkan bahan kimia dan barang lainnya.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah barang import terbaru 2022 ini memang cukup tinggi. Dan sebagian besar dari impor barang untuk bahan kimia organik ini sebenarnya berasal dari China.

Serealia

Walaupun Indonesia memiliki beberapa jenis barang tumbuh – tumbuhan. Namun sebenarnya biji – bijian satu ini masuk dalam barang impor dari luar negeri. Serealia adalah biji – bijian atau kelompok tanaman yang ditanam untuk dipanen biji sebagai sumber dari karbohidrat atau pati. Walaupun Indonesia merupakan negara pertanian namun kenyataan serealia masih harus di impor dari luar negeri. Komoditas serealia yang hingga saat ini masih diimpor adalah jenis gandum, sorghum, jagung dan lainnya.

Untuk barang import terbaru 2022 ini sebenarnya Indonesia mendatangkan langsung dari Australia, kanada, Amerika, Brasil, Argentina dan lainnya. Untuk impor gandum sendiri, sebenarnya di Indonesia banyak sekali digunakan untuk menjadi bahan baku roti, mie instan yang merupakan makanan kesukaan orang Indonesia. Sedangkan untuk jagungnya banyak digunakan untuk pakan ternak dan juga untuk dikonsumsi oleh orang Indonesia.

Produk Farmasi

Sudah bukan rahasia lagi jika bahan baku dari obat – obatan Indonesia masih berasal dari barang import terbaru 2022. Dan bisa dikatakan Indonesia sendiri memang masih sangat bergantung dengan pasokan produk farmasi dari China, India dan beberapa negara lainnya. Bahkan karena pandemi Covid-19 ini, Indonesia bahkan sudah melakukan proses pemetaan sebagai upaya untuk melakukan pengurangan impor bahan baku untuk farmasi karena sudah mulai mendorong melakukan produksi di dalam negeri agar tidak terlalu bergantung dengan negara lainnya.

Pangan

Dan sebenarnya selain barang import terbaru 2022 diatas, Indonesia sebenarnya masih saja mengimpor produk dari luar negeri untuk pangan. Impor dari komoditas pangan ini sendiri sebenarnya terdiri dari bawang putih, bawang merah, daging sapi, gula, daging kerbau, garam, kedelai, susu hingga produk lainnya.

Nah, itulah beberapa komoditas barang import terbaru 2022 yang juga sebenarnya masih ada barang lama yang hingga saat ini masih melakukan Impor dari negara lainnya. Dan harus diketahui, sebenarnya melakukan impor bukan hal yang bisa berdampak negatif dalam bidang perekonomian Indonesia. Pasalnya, impor dalam bentuk bahan baku juga menunjang industri yang ada di dalam negeri. Karena impor ini bahan baku sebenarnya memberikan Indikasi jika perekonomian Indonesia berjalan dan bergerak dengan baik.

Artikel Lainnya

Konsultasi gratis sekarang