Menggunakan Jasa Importir Barang Umum

Semakin banyak orang yang menjadi importir barang umum. Salah satu pemicunya adalah biaya impor barang yang semakin murah dari ecommerce negara lain seperti China. Setelah belanja grosiran dengan harga miring dari China, barang-barang tersebut dijual di Indonesia. Mengingat keuntungan yang didapatkan cukup besar, bisnis ini cukup menguntungkan. Namun, bagaimana caranya mengimpor barang ke Indonesia?

Pengertian Importir Barang Umum

Impor adalah proses membeli barang dari luar negeri untuk dikirim ke Indonesia. Salah satu jenis importir adalah importir umum.

Sesuai dengan namanya, importir umum mengimpor berbagai jenis barang yang bukan limbah. Jenis ini adalah importir yang paling banyak di Indonesia. Contohnya adalah importir mobil, pakaian, sepatu, dan barang komersial lainnya yang dibuat di luar negeri dan tidak diedarkan oleh pemegang merek.

Perdagangan impor biasanya dilakukan dalam volume yang besar sehingga melibatkan bea cukai. Syarat menjadi importir umum cukup sulit. Hanya perusahaan berbadan hukum yang sudah mengurus perizinan bisa menjadi importir umum secara resmi.

Menggunakan Jasa Impor Barang

Lalu, apakah bisa menjadi importir secara perorangan? Jawabannya ya. Walaupun tidak mempunyai perusahaan, Anda juga bisa mengimpor barang grosiran untuk dijual kembali.

Bahkan, sekarang banyak orang menjual barang yang diimpor dari ecommerce China seperti 1688 atau Alibaba. Keuntungan dari bisnis ini cukup menggiurkan. Sebab, di ecommerce tersebut Anda bisa membeli barang dengan harga rendah. Semakin banyak barang yang dibeli, semakin miring harganya.

Cara mengimpor barang secara perorangan cukup mudah. Anda harus menggunakan jasa pihak ketiga yaitu perusahaan yang merupakan importir umum dan juga freight forwarder. Freight forwarder adalah perusahaan yang mengurus penerimaan dan pengiriman barang ekspor dan impor.

Pihak perantara inilah yang mengurus proses pengiriman barang dari Indonesia dan segala perizinan bea cukai. Dengan menggunakan jasa impor barang, Anda hanya perlu membayar jasa dan ongkos kirim saja, dan barang akan sampai di tangan Anda.

Memilih Jasa Impor yang Terpercaya

Ada banyak perusahaan yang menyediakan jasa impor barang ke Indonesia. Bagaimana caranya memilih jasa impor yang terpercaya? Berikut adalah beberapa hal yang bisa dipertimbangkan dalam memilih.

  1. Pilih yang sudah berpengalaman

Sebaiknya Anda memilih perusahaan yang sudah memiliki pengalaman dalam bidang impor dan ekspor barang, setidaknya 2 tahun. Perusahaan yang sudah terpercaya pastinya selalu update dengan persyaratan impor barang terbaru dari negara. Mereka juga tahu kendala yang mungkin terjadi dan dapat mengatasinya.

  1. Ada perizinan dan garansi

Perusahaan jasa impor harus memiliki izin impor yang lengkap. Anda juga harus mendapatkan jaminan garansi. Dengan demikian, keamanan proses impor barang lebih terjamin. Jika ada kesalahan pengiriman atau kerusakan dan kehilangan barang, Anda bisa mendapatkan ganti rugi yang layak.

  1. Harus ada akses tracking

Sebaiknya perusahaan memiliki akses tracking. Akses ini memungkinkan Anda untuk melacak barang yang dikirimkan. Seandainya terjadi permasalahan saat pengiriman, hal itu bisa dideteksi dan ditangani dengan mudah. Adanya fasilitas tracking berarti perusahaan bisa dipercaya.

Percayakan Pada Antara Logistic

Antara Logistic telah berpengalaman dalam menangani urusan impor barang dari luar negeri. Kami akan menghubungkan Anda dengan supplier dari luar negeri. Dijamin keseluruhan proses impor akan berjalan lancar, mulai dari pemesanan sampai pengiriman ke alamat Anda. Segera kontak customer service kami jika Anda membutuhkan bantuan untuk urusan importir barang umum.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Ikuti artikel kami!

Antara Logistic Newsletter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Konsultasi gratis sekarang