Mengetahui Tahapan Dalam Impor Barang Dari Cina

Banyak sekali tawaran barang forwarder china ke Indonesia saat ini terutama dalam produk elektronik seperti ponsel pintar, ipod, radio, televisi dan sebagainya. Buatan Cina memang sedang hits karena menghasilkan produk dengan murah dan lebih berguna, dikatakan hampir semua barang yang ada di Indonesia 65% adalah buatan Cina. 

Anda yang ingin membeli barang dari Cina boleh-boleh saja dan beberapa produk sudah dilegalkan oleh badan pabean Indonesia. Dengan membeli barang dari Cina setidaknya Anda harus tahu tahapan yang harus dilalui agar tidak bingung dan bertanya, kapan barang akan sampai? Kenapa barangnya mahal?

Inilah tahapan jasa forwarder china ke Indonesia:

  1. Pengimpor Membeli Produk Dari Toko Cina

Anda sebagai pengimpor atau pembeli dari Indonesia menentukan produk apa yang akan dibeli bisa dengan jasa import door to door. Setelah itu membayar sejumlah uang ke toko dan jangan lupa untuk mencetak resi atau struk pembayaran. Usai tahapan ini, Anda hanya perlu melengkapi dokumen yang dibutuhkan oleh toko seperti data diri dan alamat. 

  1. Toko – Supplier – Gudang Forwarder

Dari toko online seperti alibaba, taobao atau sejenisnya akan mengemas produk yang dipesan untuk dikirim ke supplier kemudian dijatuhkan ke gudang forwarder yang ada di Kota Guangzhou, Cina. Nah, di sini baru ada pembayaran dari gudang suplier menuju gudang forwarder. Ada dua pilihan, Anda mengurus sendiri ke gudang suplier atau diuruskan oleh toko dan masing-masing punya biaya berbeda. 

  1. Gudang Forwarder – Indonesia

Setelah produk masuk ke gudang forwarder maka selanjutnya dikirim ke negara tujuan misalnya ke Indonesia melalui jalur laut atau udara. Untuk lama pengiriman ke negara tujuan sekitar 1-2 hari tergantung kondisi cuaca. Jika sedang buruk tetap berangkat namun jamnya lebih lama tiba di Indonesia. 

  1. Tiba Di Kantor Cukai Indonesia

Usai tiba di Indonesia produk akan masuk ke kantor gudang bea cukai untuk dihitung besarnya pajak yang akan dibayar oleh Anda (pengimpor). Barang tidak akan dibuka karena privasi pemilik namun perkiraan pajak akan terlihat dari toko dimana dibeli. Untungnya, dalam proses ini Anda tidak perlu mengurus surat pajaknya karena sudah diurus oleh pihak forwarder. 

  1. Masuk Ke Perusahaan Jasa Pengiriman Indonesia

Setelah produk selesai dilakukan custom clearance seperti izin, pajak dan sebagainya tinggal dikirim ke perusahaan pengiriman Indonesia seperti JNE, TIKI, dan sebagainya. Nah, dari perusahaan itu akan dikirim ke rumah Anda dengan jumlah tagihan sebelumnya harus dibayarkan, jika Anda tidak membayarkan maka barang tidak akan dikirim. 

Anda sudah tahu ya bagaimana peran jasa forwarder china ke Indonesia dengan membaca tahapan di atas. Paling enak mengimpor barang itu untuk usaha karena bisa kembali modal dan repotnya sama. 

Artikel Lainnya

Konsultasi gratis sekarang