Mengetahui 1 Cbm Berapa Kg

Menjadi importir barang dari China atau menjadi pemilik toko online gudang impor barang China, Anda tentu akan lebih sering bertemu dengan istilah 1 Cbm hingga pertanyaan 1 cbm berapa kg. Begitupun jika Anda belanja barang dari Alibaba. Lalu sebenarnya apa itu 1 Cbm dan berapa muatnya jika dalam kilogram? Nah, untuk mengetahui secara lebih lanjut, di artikel ini akan membahas secara sekilas. Berikut pembahasan tersebut. 

Apa Itu 1 Cbm?

1 Cbm juga sering disebut dengan 1 M3 atau dibaca satu meter kubik yang merupakan satuan volume dari suatu barang. Volume tersebut dihitung didasarkan dari 3 komponen yaitu panjang, lebar serta tinggi. Rumus perhitungan volume tersebut adalah panjang x lebar x tinggi dari barang. Nah volume untuk 1 Cbm akan mengacu ke standar ukuran barang panjang 1M x lebar 1 M x tinggi 1 M. Untuk lebih mudah mengingatnya, Anda bisa menggunakan rumus dasar 1 M3 atau 1 Cbm sama atau setara dengan 1.000.000 Cm3. Menggunakan rumus tersebut karena ketika di lapangan banyak yang menggunakan satuan cm. 

Nah setelah mengetahui tentang 1 Cbm dan rumusnya, selanjutnya yang perlu dibahas adalah tentang berapa muatan 1 Cbm jika dalam kilogram (Kg). Berikut pembahasannya. 

1 Cbm Muat Berapa Kg?

Jika Anda bertanya tentanga 1 cbm berapa kg, sebenarnya agak sulit untuk dijawab. Mengapa sepert itu? Sebab tidak bisa untuk membandingkan satuan volume dan satuan berat dengan langsung sehingga jawabannya pun bisa berbeda. Hal itu karena tergantung jenis barang yang diukur. Misalnya jika suatu barang memiliki berat jenis yang berat, maka dalam 1 Cbm memuat barang yang berat untuk ukuran Kg atau kilogram. Begitupula dengan barang yang ringan, maka ukuran kilogramnya akan sedikit. 

Nah dalam kaitannya dengan belanja online atau import barang dari China, maka jika muncul pertanyaan 1 Cmb atau 1 M3 berapa kg muatnya, maka dapat dijawab tergantung dari jenis barang yang akan diimpor tersebut, Contohnya jika Anda mengirim barang yang ringan seperti tas dan sepatu, maka jumlah kg yang bisa untuk dibawa akan sedikit. Lalu jika yang dikirim adalah barang yang bahannya dari logam, maka bisa memuat kg yang banyak dalam 1 Cbm atau 1 M3-nya. 

Selain mengetahui hal di atas, dalam dunia impor barang China ataupun negara yang lain, perusahaan atau jasa forwarder biasanya akan menetapkan batas maksimal barang dengan 1 Cbm adalah 600 kg. Dimana artinya jika barang Anda mempunyai volume 1 Cbm, namun berat lebih dari 600 kg, maka cara perhitungan adalah dengan membandingkan total berat dari barang tersebut. 

Demikian pembahasan di artikel ini mengenai 1 cbm berapa kg. Anatarlogistic adalah jasa forwarder bagus yang akan membantu Anda dalam segala hal yang berkaitan dengan import barang. Jadi, Anda tidak perlu repot dan bingung jika ingin import barang dari luar negeri. Semoga bermanfaat!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Ikuti artikel kami!

Antara Logistic Newsletter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Konsultasi gratis sekarang