Mengenal Jenis-Jenis Vessel

Arti vessel adalah sebuah kapal yang biasanya dipakai untuk membawa kontainer yang berisi kargo maupun muatan barang yang lain, transportasi ini adalah moda transportasi laut.

Vessel yang biasa dipakai untuk pengiriman kargo biasanya ukurannya dibuat lebih besar daripada kapal pada umumnya, hal ini karena supaya vessel itu bisa membawa banyak barang.

Perbedaan Kapal dan Vessel

Dasarnya, arti vessel maupun kapal adalah sama saja, yaitu sebuah transportasi. Cuma vessel biasanya mempunyai bentuk yang lebih besar dan fungsi nya berbeda-beda tiap jenis muatan yang diangkut. Vessel umumnya dipakai untuk angkut barang dengan muatan atau container.

Jenis-jenis Vessel

Ada beberapa jenis vessel yang berbeda, dan di bawah ini ada beberapa jenis kategori muatannya, yaitu,

●       Container Vessel

Seperti namanya, kapal jenis ini dibuat untuk menampung kargo dengan jumlah banyak yang disusun tepat didalam berbagai macam kontainer.

Kapal kontainer ini mempunyai ukuran yang bermacam-macam, untuk coktoh terbesar dari kapal ini adalah 400 m dengan kapasitas sebesar 18?270 TEUs , dan kapal ini umumnya harus melaju dengan kecepatan tinggi yang kecepatan rata-ratanya adalah 18-25 knot.

●       Bulk Carriers

Kapal kargo bulk atau curah ini dipakai untuk angkut barang kargo yang curah, misalnya biji maupun makanan pokok (beras, pupuk, biji-bijian, batu bara, dan semacamnya).

Kapal yang biasanya mengangkut biji, bijian, bikin, serta makanan ini sudah dipakai sejak 1850 an. Dan seiring berkembangnya zaman, terdapat beberapa kemajuan dalam pemanfaatan dan pembangunan jenis kapal satu ini.

●       Kapal Reefer

Kapal satu ini dibuat untuk membaca kargo yang dingin. Umumnya kargo tersebut berisi barang yang mudah rusak, misalnya buah maupun daging. Dan kargo itu disimpan dalam palka lalu disegel serta dikontrol suhunya

●       Roll-on Roll-Off Ships

Kapal yang satu ini adalah sebuah kapal khusus yang biasanya dipakai mengangkut kendaraan, dan kapal ini biasanya dikenal dengan kapal pengangkut kendaraan mobil.

Kapal satu ini mempunyai tanjakan khusus yang dibuat agar bisa membuat kekuatan serta pelepasan muatan kendaraan di kargo menjadi lebih mudah.

        Jenis Kapal Roll On Roll Off

1.      Pure Car and Truck Carrier (PCTC)

Jenis kapal ini dapat mengangkut truk serta kendaraan empat yang lain.

2.      Pure Car Carrier (PCC)

Seperti biasa, jenis kapal yang ini hanya dipakai untuk mengangkut mobil.

3.      General Cargo Ro Ro (Genro)

Kapal satu ini adalah gabungan dengan kapal Roll on Roll. Dan kenapa disebut genre? Hal ini karena kapal pengangkut kargo satu ini dilengkapi fasilitas yang tampak seperti kapal Roll on Roll.

Kapal ini bisa membawa beban dengan perkiraan DWT diantara 2000 sampai 30.000.

4.      Ropax

Kapal jenis ini adalah yang dibuat untuk angkut kendaraan transportasi dengan penumpang.

5.      Complete RoRo vessel

Kapal jenis terakhir ini adalah kapal Roll on Roll Off yang lengkap dan mengangkut mobil dengan adanya sebuah tanjakan, baik dalam maupun luar kapal tidak terdapat lubang palkanya.

●       Kapal Tanker

Kapal satu ini adalah kapal khusus yang digunakan untuk angkut kargo cair pada jumlah yang besar.

Kapal satu ini menjadi roda penggerak yang vital pada semua operasi kargo laut, kapal ini juga membantu angkut muatan dalam komoditas serta material besar kepada seluruh dunia.

Pada saat ini ada berbagai macam produk misalnya gas alam, produk minyak jadi, minyak nabati, minyak mentah adalah suatu kunci utama dalam dunia industri perkapalan global dan memainkan lebih dari 33% tonase armada dunia.

        Jenis-jenis kapal Tanker

1.      Kapal Tanker Minyak Mentah

Seperti arti namanya, kalau ini dipakai untuk mengangkut minyak mentah dafu lokasi penggalian ke pabrik industri penyulingan.

2.      Kapal Tanker Produk

Kapal ini dikhususkan dalam mengangkut bahan kimia berbasis minyak bumi. Ukuran kanal satu ini lebih kecil dibanding kapal minyak mentah.

3.      Kapal Tanker Gas

Kapal ini dibuat untuk memakai had, secara teknis juga kapal ini sangat canggih dibanding jenis kapal kain seperti bulkers, congsiner dsn kapal tanker lain.

●       Kapal Keruk

Arti vessel kapal keruk ini adalah kapal yang mempunyai alat penggalian yang dipakai untuk membuang pasir serta endapan lain dari dasar dalam laut.

Biasanya jenis kapal ini dipakai sebagai beberapa keperluan, dari membuat navigasi wilayah pantai serta laut.

Kapal keruk mempunyai dua klasifikasi, yaitu,

1.      Kapal keruk mekanis

2.      Kapal keruk hidrolik

Jadi begitulah beberapa penjelasan tentang arti vessel, sampai jenis- jenisnya. Dan semoga yang membaca ini akan bertambah wawasannya tentang dunia vessel.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Ikuti artikel kami!

Antara Logistic Newsletter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Konsultasi gratis sekarang