Mengenal Jasa Pengiriman Cargo

Pengiriman cargo adalah bukan sebuah hal yang asing jika kalian mempunyai bisnis yang mengharuskan melakukan pengiriman lewat udara, darat, maupun laut. Pengiriman cargo inipun biasanya memuat barang yang jumlahnya banyak serta berat.

Walaupun sama-sama melakukan aktivitas pengiriman barang, tapi pengiriman kargo tidak bisa disamakan dengan ekspedisi. Perbedaannya sendiri adalah pada skala pengiriman barangnya.

Untuk pengiriman ekspedisi biasanya adalah pengiriman dengan skala yang relatif kecil, sedangkan pengiriman cargo adalah aktivitas pengiriman yang mempunyai skala lebih besar.

Pengiriman cargo biasanya ada 3 yang dipakai oleh jasa ekspedisi cargo, yaitu pengiriman lewat udara, darat, serta laut. Dan ketiganya tenfu memakai armada yang berbeda-beda.

Dan masing-masing dari ketiga nya tentu mempunyai kekurangan serta kelebihan yang bisa disesuaikan dengan yang kalian butuhkan. Saat pengiriman tidak dikejar deadline bisa memakai jalur darat yang biasa disebut trucking.

Tapi jika barang yang kalian kirim sifatnya adalah darurat serta penting, pilihan yang terbaik yang bisa kalian lakukan adalah memakai kargo udara. Sedangkan kargo laut paling sering digunakan jika akan mengirimkan barang dengan jumlah besar yang tidak bisa dikirim lewat darat atau udara.

Lalu jika berbicara tentang tarif, tetap tarif nya berbeda beda. Untuk pengiriman urgen lewat udara tarif cargo adalah lebih mahal dibanding cargo laut serta darat.

Lalu jika melihat sisi keamanannya yang dimilikinya, tiap jenis cargo adalah sistem proteksi yang diterapkan sama saja. Karena biasanya mereka akan menawarkan pengiriman dengan asuransi.

Kelebihan dan Kekurangan Pengiriman Kargo

Seperti sebelumnya, masing-masing jasa pengiriman kargo tentu mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri. Dan kelebihan serta kekurangan dari masing-masing jasa pengiriman cargo adalah,

1.      Cargo Darat

Jika kalian ingin memakai pengiriman cargo darat, biasanya mereka hanya berlaku untuk trayek tertentu. Jadi kalian mempunyai batasan jarak tempuh dalam pengiriman barang kalian memakai armada darat ini.

Biasanya jenis ini hanya dipakai untuk pengiriman lokal, satu kita, bahkan cuma satu pulau saja. Karena hanya memakai truk Fuso yang membuat aku sedikit kesulitan mengirim barang dengan jumlah banyak.

Jadi akan cukup susah jika kalian ingin mengirimkan barang seperti alat berat, mobil, mesin cetak, dan hal semacamnya yang barangnya cukup besar dan berat.

2.      Cargo Darat

Jika dibandingkan jasa cargo yang lain, pengiriman lewat udara lah yang paling praktis, cepat, dan juga aman. Biasanya jenis pengiriman ini dipilih saat pengirim mempunyai suatu mendadak jadi barang yang dikirim butuh untuk sampai di tempat tujuan dalam batas waktu tertentu.

Tapi sayangnya untuk pengiriman kargo ini biasanya memakai pesawat kargo yang ukuran serta jumlah barang yang akan dikirim harus dibatasi. Pengiriman cargo udara ini dapat dilakukan hanya dengan memakai pesawat kargo dengan ukuran yang berada di atas rata-rata pesawat komersial biasanya.

Pengiriman cargo lewat udara sendiri biasanya sering dipakai bagi perusahaan maupun ekspor untuk mengirim maupun mengambil barang dari luar negeri dan berlaku untuk sebaliknya.

3.      Cargo Laut

Jika kalian membandingkan cargo darat serta cargo udara dengan cargo laut ini, tentu cargo laut biasanya dapat lebih efisien, apalagi jika menyangkut dengan pengiriman barang yang jumlahnya banyak dan besar.

Dengan melakukan pengiriman via cargo laut, distributor bisa mengirim pengiriman beberapa unit mobil atau motor ke suatu kota di luar pulau dengan sekali jalan.

Dengan kapasitasnya yang sangat besar ini, kapal dapat menampung berbagai jenis barang kiriman dengan jumlah yang besar dan banyak yang hanya dengan satu kali angkut saja.

Di Dalam pelayanannya, cargo laut menerima permintaan pengiriman barang Full Container Load atau FCL, yaitu pengiriman sekaligus menyewa kontainer penuh tanpa harus bercampur dengan barang orang serta Less Container Load atau LCL, sebuah pengiriman sekaligus tapi barang kalian dicampur dengan barang milik orang lain.

Walaupun begitu, mengirim barang lewat cargo laut butuh waktu 1 sampai 2 hari untuk sandar di pelabuhan. Tapi biasanya lama pengirimannya pasti akan dipengaruhi oleh jarak tempuhnya. Jadi intinya jika kalian ingin mengirim barang via laut, kendala utamanya hanya waktu yang dibutuhkan dalam mengirim barang tersebut.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Ikuti artikel kami!

Antara Logistic Newsletter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Konsultasi gratis sekarang