Mengenal Istilah Dalam Jasa Import Alat Ukur Industri

jasa import alat ukur industri

Jika baru pemula di dalam menggunakan jasa import alat ukur industri, maka kamu terlebih dahulu harus bisa mengenali beberapa istilah yang memang wajib diketahui oleh para importir. Melakukan kegiatan impor dan ekspor yang berasal dari luar negeri, kamu memang membutuhkan jasa forwarder yang tepat.

Jika kamu pernah melakukan sebuah kegiatan import ini pastinya ada beberapa istilah yang memang masih terasa asing jika di dengar dan kamu tidak boleh salah untuk mengartikan berbagai istilah ini, jika tidak mau pengiriman yang kamu lakukan lewat jasa import mengalami sebuah kendala.

Istilah – Istilah Dalam Menggunakan Jasa Import Barang

Air Way Bill ( AWB )

Bukti pengiriman barang jika dilakukan lewat udara. Di dalam AWB ini akan berisi tentang identifikasi sebuah barang dan akan memiliki barcode yang berfungsi untuk melacak letak barangnya.

Meter Kubik ( CBM )

Cubic meter istilah yang digunakan dalam pengukuran laut. Cara memberikan hitungan untuk kubikasi ini, umumnya dihitung berdasarkan dari berat satuannya. Pada ukuran ini akan mengacu terhadap jumlah total meter kubik yang diperlukan untuk packing dan mengirimkan paketnya. Metode yang paling tepat dalam perhitungan kubikasi ini akan berbeda-beda, semua itu tergantung dari jenis paketnya.

Forwarder Company

Sebuah perusahaan yang akan membantu atau jasa import alat ukur industri yang menjadi perantara untuk membantu dalam memenuhi prosedur impor sebuah barang yang baik itu melewati jalur kapal laut maupun jalur udara, sewa container ke shipping line, dan mengirimkan barang hingga ke dalam pelabuhan negara yang di tujuan.

Mampu itu dapat menerbitkan dokumen dalam pengapalan seperti AWB dan BL. Biasanya penyedia jasa forwarder ini akan menggunakan sistem door-to-door di dalam pengirimannya dan ada juga beberapa penyedia jasa import barang China menyediakan pembayaran dengan cara PayPal.

Salah satu penyedia jasa forwarder yang dapat di percaya dan memiliki sistem kinerja yang terbaik adalah https://antaralogistic.com/ yang akan memberikan kamu kemudahan sebagai seorang importir barang dari China. Selain itu dengan menggunakan jasa import dari Antara Logistik maka kamu juga akan mendapatkan biaya yang terjangkau, jika dibandingkan dengan penyedia jasa import yang lainnya.

Free On Board ( FOB )

Istilah ini mempunyai arti jika kamu mendapatkan penawaran dari harga barang hingga barang kamu sampai ke atas kapal, dan itu belum termasuk ke dalam biaya pengiriman kapalnya.

Cost And Freight ( CNF )

Mempunyai arti jika kamu mendapatkan dalam penawaran harga dan hanya mencakup dari harga barang dan juga pengiriman barangnya.

Custom Clearance

Pemeriksaan dalam dokumen pengeluaran barang yang dibutuhkan dari negara tujuan pengiriman barang tersebut, kepabeanan, perhitungan total pajak yang dikeluarkan.

Ocean Freight Rate

Tarif dasar dalam ongkos yang dilakukan dalam pengiriman jalur laut. Biasanya untuk harga yang tertera adalah dalam perang cubic meter maupun kubikasi. Di dalam perhitungan kubikasi ini juga dilihat berdasarkan P X L X T / 6000 atau bisa didasarkan dari berat aktual yang terdapat pada barang tersebut.

Cost, Insurance, and Freight ( CIF )

Berarti kamu mendapatkan untuk penawaran harga yang meliputi harga barang, pengiriman, beserta asuransi.

Bill of Leading ( BL )

Bukti pengiriman barang lewat jalur laut. Dipakai untuk melakukan identifikasi terhadap barang yang mempunyai barcode yang berfungi melacak barang lewat jalur laut.

Packing List

Packing list ini juga akan ada jika kamu menggunakan jasa import barang murah yang berisikan tentang detail barang yang akan dikirimkan, nama barang, consignee, jenis barang, jenis dan jumlah kemasannya, kubikasi, shipping number, berat, jumlah barang, pelabuhan muat, nama kapal, pelabuhan untuk bongkar dll.

Commercial Invoice

Sebuah istilah yang dipakai ketika sebuah barang yang dikenakan bea ketika tiba di negara tujuannya. Hal ini akan digunakan untuk perhitungan pajak oleh pihak bea cukai.

HS Code

Tanda pengenal yang ada dalam sebuah barang yang mempunyai fungsi sebagai untuk lebih memudahkan identifikasi dan juga pengklasifikasiannya. HS code ini hanya berupa angka – angka yang akan lebih memudahkan dalam pengenalan sebuah produk secara lebih detail.

Full Container Loaded ( FCL )

Ketika kamu sering melakukan pengiriman lewat jalur laut maka kamu akan akrab dengan sebuah istilah FCL ini yang mempunyai arti mengirimkan barang di dalam satu kontainer yang penuh.

Pemberitahuan Import barang ( PIB )

Di saat kamu menggunakan jasa import alat ukur industri, maka kamu akan memerlukan sebuah dokumen pemberitahuan dari pihak yang mengimpor kepada pemerintah di dalam hal ini pihak yang terlibat adalah bea cukai atas barang yang dilakukan pengimporan.

Exwork

Dalam proses impor seorang importir mempunyai sebuah persyaratan dagang yang mana dalam sistem pembeliannya hanya meliputi dari harga baranya saja dan itu belum termasuk dalam biaya stuffing, forwarding fee, handling fee dan berbagai biaya yang lain. Keseluruhan dari tanggungan tersebut berasal dari pihak buyer atau importernya.

Notul

Kondisi yang mana barang tidak bisa untuk keluar karena dokumen yang mendukungnya tidak valid, adanya pemalsuan di dalam dokumen, pemutihan, dan memiliki perubahan di dalam invoicenya.

Ini biasanya terjadi karena pihak bea masuk menjadi lebih tinggi dan terkena biaya masuk ke gudang di saat barang masuk tidak bisa untuk dikeluarkan.

Air Freight Rate

Tarif ongkos yang melewati jalur udara dan satuan yang akan dikenakan adalah dalam bentuk kilogram maupun pounds.

Volumetrik

Perbandingan di antara berat aktual suatu barang kiriman beserta berat hasil dari perkalian yang berasal dari dimensi barang kiriman tersebut. Volumetrik ini umumnya disebut dengan barang yang ringan tetapi memakan tempat yang mana nantinya barang yang akan dicatat adalah barang yang memiliki beban yang berat.

Prosedur Dalam Import Yang Harus Dipenuhi

Di saat kita sudah memutuskan untuk memakai jasa import alat ukur industri, maka kita juga harus paham akan prosedur import, berikut ini adalah beberapa poin yang harus kamu tahu lebih dahulu sebelum melakukan import sebuah barang.

Perihal perizinan

Seorang importir juga harus memiliki sebuah lisensi supaya bisa melakukan kegiatan di dalam import, yaitu dengan memiliki API atau angka pengenal importir. Jika kamu tidak mempunyai hal ini maka bisa menggunakan undername yaitu meminjam lisensi untuk melakukan impor perusahaan yang lain.

Mengurus dokumen

Pada saat kita menjadi importir, maka kita akan lebih banyak untuk mengurusi perihal pembayaran layaknya dalam pembuatan letter of credit dengan bank penerbit. Importir juga akan lebih banyak dalam mengurusi dokumen kepabeanan dalam import. Semua ini juga akan bergantung terhadap Incotrems yang dipakai dan juga kesepakatan kerjanya.

Pemeriksaan barang

Barang impor pastinya akan selalu melewati pemeriksaan fisik dan juga berbagai macam pemeriksaan dokumen. Di Indonesia pemeriksaan untuk barang impor ini dibagi menjadi jalur merah, jalur kuning, jalur hijau dan jalur MITA prioritas dan non-prioritas yang akan menentukan dalam pemeriksaan barang.

Bea yang akan dibebankan

Sebagai seorang importir kita harus membayarkan pajak biaya masuknya, yang mana itu adalah pungutan yang dibebankan oleh negara kepada barang-barang yang di impor yang masuk dalam ketentuan BTKI.

Berdasarkan PMK No. 34/PMK.010/2017, perihal pemungutan pajak di pasal 22 terdiri dari 1147 item yang akan dikenakan bea masuk di antaranya adalah barang mewah dll. Bea masuk bisa dibebaskan jika memiliki nilai impor kurang dari FOB $75.

Barang Yang Memiliki Potensi Berasa Di Jalur Merah

  • Import baru.
  • Profil import yang high risk.
  • Berbagi barang impor yang sudah ditetapkan oleh pihak pemerintahan.
  • Barang impor yang bersifat sementara.
  • Sebuah barang operasional dalam perminyakan golongan II.
  • Adanya informasi yang berasal dari
  • Terdampak sebuah sistem yang acak.
  • Barang impor yang masuk ke komoditi yang memiliki resiko tinggi maupun berasal dari sebuah negara yang mempunyai risiko tinggi.

Setelah kamu mengenali berbagai istilah yang ada dalam importir, pasti akan mudah untuk kamu dalam mengimpor barang milikmu dan juga akan sangat bermanfaat untuk kamu buat ke depannya. Selain itu kamu juga akan lebih mudah untuk menggunakan jasa import alat ukur industri.

Artikel Lainnya

Konsultasi gratis sekarang