Mengenal Importir

Importir merupakan sebuah lembaga atau orang sebagai perantara dagang yang mendatangkan barangnya dari luar negeri. Barang tersebut biasanya digunakan sebagai barang produksi atau barang konsumsi sesuai kebutuhan konsumen. Untuk pengertian singkatnya importir adalah orang atau lembaga yang melakukan kegiatan impor. Di Indonesia bisnis importir sendiri sudah cukup berkembang, karena melihat banyaknya peminat barang impor yang memiliki kualitas cukup baik dan mampu memberikan harga yang cukup berkompetisi sehingga jasa impor saat ini kian berkembang cukup pesat. Para importis biasanya memanfaatkan platform jual beli online yang ada saat ini tak hanya 1 atau 2 akun, biasanya importir memiliki puluhan akun guna mengembangkan bisnisnya supaya lebih mudah dijangkau oleh masyarakat umum. Kita juga mengetahui bahwa perkembangan dunia digital utamanya dibidang jual beli online saat ini sedang pada masa yang sangat baik, mengingat banyaknya kemudahan yang bisa didapatkan dari jual beli online.

Contoh importir di Indonesia

Di Indonesia terdapat beberapa jenis bisnis importir yang berkembang saat ini, dengan fungsi dan ijin dari pemerintahan yang berbeda – beda.

Approved-trade, Approved trade adalah pengusaha impor biasa namun memiliki keistimewaan khusus yang diberikan oleh pemerintah.

Import-merchant, import m erchant merupakan usaha yang memiliki izin oleh pemerintah berbentuk tanda tangan pengenal pengakuan impor guna mengimpor komoditi tertentu yang memiliki sifat khusus yang disebutkan dalam surat izin tersebut.

Importir umum, importir umum merupakan perusahaan impor khusus yang hanya mengimpor barang dagangan, biasanya untuk importir yang memiliki status umum ini kebanyakan adalah perusahaan persero niaga yang serig disebut dengan treading house / wisma dagang yang mampu mengimpor barang mulai dari barang kelontong sampai dengan instalasi lengkap sebuah pabrik.

Sole agent importir, sole agent importir merupakan sebuah perusahaan asing yang memiliki minat guna memasarkan barang dagangan di Indonesia, dan mengangkat perusahaan sekitar sebagai wakil atau menunjuk sebuah agen tertentu yang akan mengimpor hasil produknya di Indonesia.

Importir terbatas, untuk mempermudah perusahaan yang didirikan dalam rangka UU PMA/PMD, sehingga pemerintah telah memberikan izin kepada PMA dan PMDN guna mengimpor mesin dan bahan baku yang diperlukan untuk kepentingan sendiri dan tidak diperjual belikan. Izin yang diberikan adalah berupa API-T yang dikeluarkan oleh BPKM dengan mengatas namakan menteri perdagangan.

Dari penjelasan diatas bisa diketahui bahwa banyak sekali importir di Indonesia, namun dalam hal memilih importir kita harus cukup teliti dengan memilih importir yang sudah jelas popularitasnya dan memiliki jejak review yang baik dari pelanggan atau masyarakat. Salah satu importir yang dapat di percaya dan diandalkan kinerjanya adalah antaralogistic.com yang telah tersebar hampir di seluruh pelosok Indonesia, guna memberikan yang terbaik bagi pelanggan dan masyarakat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Ikuti artikel kami!

Antara Logistic Newsletter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Konsultasi gratis sekarang