Mengenal Bagian-Bagian Sepeda dan Tips Memilih Sparepart Sepeda Impor

Di masa pandemi ini, tren bersepeda populer kembali. Hal itu terbukti dari banyaknya orang-orang yang menghabiskan waktu akhir pekan atau saat luang untuk bersepeda bersama teman atau komunitasnya. Tren tersebut tentu membuat pencarian serta pembelian sepeda secara offline maupun online menjadi meningkat secara tajam. Berbagai jenis sepeda seperti sepeda lipat, touring, roadbike dan lain sebagainya laris diburu oleh orang-orang yang gemar olahraga bersepeda.

Tidak hanya itu, bahkan beberapa orang juga ada yang membeli bagian-bagian atau sparepart sepeda secara terpisah. Saat ini banyak sekali toko baik offline maupun online yang juga menjual sparepart sepeda. Toko-toko tersebut ada yang menjual sparepart sepeda lokal maupun sparepart sepeda impor.

Namun, sebelum membeli sparepart sepeda Anda sebaiknya mengetahui tentang apa saja bagian-bagian tersebut dan bagaimana cara atau tips memilihnya. Nah, berikut akan dibahas sedikit mengenai hal tersebut. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut, Anda bisa menyimak sampai selesai pembahasan di bawah ini.

Beberapa Bagian Sepeda

1.      Rangka

Ini merupakan bagian utama sepeda serta tempat dipasangkan berbagai komponen yang lain. Anda harus mengenal karakteristik rangka karena saat memilihnya perlu yang sesuai dengan postur serta kenyamanan ketika bersepeda. Rangka sendiri ada beberapa jenis yaitu aluminium, baja, serta serat karbon.

2.      Dudukan Sadel serta Sadel

Dudukan sadel akan menjadi tempat untuk sadel. Material yang dipakai cukup beragam, namun yang terpenting adalah dudukan sesuai dengan lubang di rangka sepeda. Sementara untuk sadel ada beragam ukuran dan bentuk. Pemilihan dari sadel biasanya tergantung dari selera orang masing-masing.

3.      Headset

Bagian atau part ini terdiri dari bearings, cups dan races. Bagian-bagian ini menghubungkan antara jari-jari dengan rangka. Headset ini pertama akan dipasangkan pada rangka dengan cara memasukkan headtube terlebih dahulu. Kemudian cups dimasukkan ke headtube serta bearing dimasukkan pada cups.

4.      Fork

Bentuk dari fork seperti garpu yang digunakan pada penjual siomay. Fork mempunyai fungsi untuk menyambungkan rangka dengan roda depan. Ada beberapa tipe dari fork ini yang mana disesuaikan dengan tipe dari sepeda. Saat Anda memilih fork, Anda harus sesuaikan dengan tipe rangka.

5.      Stem dan Setang

Bagian-bagian ini diperlukan untuk menjadi kendali sepeda. Kompatibilitas dan ukuran stem serta setang sangat penting untuk diperhatikan. Hal itu karena lubang stem dengan diameter setang harus sesuai, tidak boleh terlalu longgar maupun terlalu sempit. Selain itu, pemilihan setang pun perlu untuk mempertimbangkan mengenai shifter gigi dan tuas rem supaya proporsi seimbang.

6.      Rem

Ini merupakan bagian yang paling penting pada setiap jenis sepeda. Hal itu karena fungsi keamanannya. Ada tiga jenis rem yaitu disc brakes, hub brakes, dan rim brakes.

7.      Roda dan Ban

Pemilihan ban tergantung sekali dengan tipe sepeda yang diinginkan. Tidak hanya itu, kamu harus mengetahui sepeda akan digunakan untuk ke mana serta seberapa sering. Anda harus mempertimbangkan hal tersebut ketika akan membeli set ban sepeda.

8.      Crankset dan Bracket

Bagian-bagian ini mempunyai fungsi untuk menjadi penggerak utama sepeda. Bracket letaknya pada bagian belakang sepeda, sementara crankset berada di tengah-tengah rangka dan tempat dari pedal berada. Umumnya bagian-bagian ini mempunyai berbagai macam ukuran yang mana nantinya menentukan seberapa ringan sepeda digowes.

Itulah beberapa bagian atau part sepeda. Setelah mengetahui tentang hal tersebut, mari selanjutnya ketahui tentang cara atau tips memilih sparepart sepeda impor. Nah, berikut pembahasannya.

Tips Memilih Sparepart Sepeda Impor

1.      Pilih Handlebar serta Stem yang Senada

Pastikan jika frame dan handlebar memakai merk sama. Namun, jika Anda menggunakan merk yang tidak sama, Anda bisa memastikan warna yang senada. Misal jika handlebar mempunyai warna hitam glossy, maka stem juga harus berwarna glossy.

2.      Perhatikan Bartape dan Sadel

Jika Anda ingin memilih sadel dan bartape berbeda merk, Anda harus perhatikan warnanya tidak tabrakan. Misalnya jika sadel berwarna putih, maka bartape bisa dengan warna yang senada agar lebih matching.

3.      Perhatikan Mengenai Ban

Memilih ban bukan hanya karena harga dan merk, namun juga warnanya. Hal itu karena akan memberikan pengaruh pada tampilan sepeda secara keseluruhan. Anda bisa menggunakan ban hitam polos untuk lebih aman, namun Anda juga bisa menggunakan warna gumwall yang sekarang banyak dirilis oleh merk-merk sepeda yang mana bagian samping ban berwarna coklat klasik atau krem.

Nah, demikian pembahasan di artikel ini mengenai bagian-bagian sepeda dan tips memilih sparepart sepeda impor. Semoga bermanfaat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Ikuti artikel kami!

Antara Logistic Newsletter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Konsultasi gratis sekarang