Makna Kode HS dalam Kegiatan Ekspor Impor

Kegiatan ekspor impor merupakan salah satu kegiatan yang cukup umum dilakukan belakangan ini. Hal ini disebabkan karena perdagangan dalam negeri ke luar negeri memang sudah cukup banyak berkembang. Bagi Anda yang juga ingin mengembangkan bisnis terlebih bisnis ekspor impor, Anda perlu mengetahui beberapa hal. Salah satunya adalah mengenai hs code untuk Anda yang ingin tahu lebih dalam mengenai HS kode ini, maka Berikut ini adalah alasannya.

Apa yang dimaksud dengan kode HS?

HS merupakan singkatan dari Harmonized system. Kode ini merupakan salah satu kode penomoran barang yang digunakan untuk identitas sebuah paket dari luar negeri. Seperti yang kita tahu untuk mengirimkan paket ke luar negeri atau mendatangkan paket dari luar negeri ada beberapa barang yang tentunya tidak bisa dikirimkan. Nah barang-barang yang bisa dikirimkan melalui ekspedisi pengiriman barang ke luar negeri ini akan membutuhkan kode HS sebagai identitasnya.

Kode HS sendiri merupakan kode yang digunakan untuk membedakan barang satu dengan barang jenis lainnya. Contohnya barang berupa makanan akan memiliki kode HS yang berbeda dengan barang lain seperti pakaian sepatu dan juga obat-obatan.

Fungsi dari kode HS

Selain digunakan sebagai identitas jenis paket, hs code nantinya juga digunakan untuk keperluan yang lebih besar. Mulai dari cara pengelolaan paket hingga penarikan paket akan ditentukan berdasarkan hak kode yang dimiliki oleh paket tersebut. 

Kode HS sendiri merupakan sebuah kode yang ditulis berdasarkan standar yang telah dibuat oleh lembaga yang berhubungan dengan ekspor impor secara global. Hal inilah yang menyebabkan kode HS menjadi salah satu informasi penting yang harus Anda ketahui saat akan mengirimkan paket ke luar negeri atau ingin mendatangkan paket dari negara lain.

Impor paket mudah tanpa pengetahuan mengenai kode HS

Jika kita membahas mengenai kode HS ini, tentunya ada sangat banyak jenis kode yang digunakan. Jika Anda tidak ingin direpotkan dengan masalah kode HS ini, Anda bisa menggunakan jasa freight forwarder yang akan menghandle semua masalah impor yang akan Anda lakukan. 

Jasa freight forwarder merupakan salah satu zat yang banyak digunakan oleh komunitas importir China untuk menghindari kegiatan impor yang mereka lakukan. Penggunaan Jasa freight forwarder ini dinilai lebih menguntungkan karena dengan menggunakan jasa ini Anda tidak perlu terlalu banyak berpikir mengenai HS kode dan juga hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan impor yang akan Anda lakukan.

Selain itu jika Anda melakukan impor dengan menggunakan jasa freight forwarder Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari segi biaya yang dikeluarkan untuk membuat izin impor. Dengan menggunakan jasa forwarder Anda tidak lagi membutuhkan izin impor maupun hs code untuk memasukkan produk dari luar negeri ke Indonesia. Hal ini disebabkan karena kegiatan impor yang Anda lakukan akan dilakukan atas nama freight forwarding yang Anda gunakan.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Ikuti artikel kami!

Antara Logistic Newsletter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Konsultasi gratis sekarang