Kirim Barang Antar Negara dengan Kargo Indonesia Jadi Mudah

kargo Indonesia

Kargo Indonesia merupakan pilihan tepat untuk pengiriman barang dengan kuantitas yang banyak. Pelaku bisnis merupakan salah satu pihak yang bisa memanfaatkan kargo untuk pengiriman barang. Kargo juga sering digunakan untuk pengiriman barang antar negara dengan jumlah banyak namun total biaya tetap lebih terjangkau.

Klasifikasi Barang Kargo

Terdapat dua klasifikasi barang kargo berdasarkan penanganannya yang bisa ditangani perusahaan kargo indonesia.

  1. General cargo

General cargo merupakan barang-barang yang tidak memerlukan penanganan khusus dalam pengirimannya. Namun harus tetap memenuhi persyaratan dan keamanan yang ditentukan. Barang-barang general cargo contohnya garmen atau pakaian, peralatan olahraga, peralatan rumah tangga, dan lain-lain.

  1. Special cargo

Special cargo merupakan barang-barang yang memerlukan penanganan serta persyaratan khusus dalam pengirimannya. Tujuannya agar selama pengiriman tidak terjadi hal yang berbahaya dan mengganggu. Beberapa contoh kargo indonesia kategori barang spesial seperti di bawah ini.

  1. Explosive material, barang-barang yang mudah meledak karena terdapat kandungan bahan kimia tertentu. Misalnya saja petasan.

  2. Flammable goods, barang-barang yang mudah terbakar dalam wujud padat, gas maupun cair.

  3. Wet freight, barang-barang berupa cairan atau barang padat dengan campuran cairan sehingga memerlukan kontainer. Misalnya saja daging segar.

  4. Perishable goods, barang-barang yang rentan hancur atau busuk selama ketika pengiriman sehingga memerlukan bahan pengawet. Misalnya saja bunga.

  5. Dangerous when wet, barang-barang yang bisa berbahaya (meledak) ketika basah atau lembab. Misalnya karbit.

  6. Live animal, hewan hidup yang diangkut dengan kargo indonesia.

  7. Human remains, berupa jasad manusia dalam berbagai keadaan. Baik itu jasad utuh, abu kremasi, hingga dengan proses pembalseman ataupun tidak.

  8. Fragile goods, barang-barang yang mudah pecah yaitu berbagai barang pecah belah seperti kaca.

  9. Valuable goods, barang-barang berharga termasuk yang mengandung zat kimia. Misalnya saja perhiasan dan dokumen penting.

  10. Irritant material, barang-barang yang dapat merangsang atau berpengaruh terhadap benda lain. Misalnya saja alkohol.

  11. Poisonous substances, barang-barang yang beracun seperti sianida dan arsenik. Pengirimannya harus dengan surat izin dari pihak berwenang.

  12. Radioactive material, barang yang mengandung zat radioaktif yang bisa menyebabkan radiasi.

  13. Oxidizing material, barang-barang yang mudah terbakar karena proses oksidasi, seperti nitrat dan peroksida.

Klasifikasi Pengiriman Kargo Indonesia

Terdapat tiga klasifikasi kargo sesuai jalur pengirimannya.

  1. Kargo via darat

Kargo via darat menggunakan alat transportasi berupa mobil pengirim, truk, atau kereta kargo indonesia. Pengiriman via darat biasanya untuk pengiriman antar kota atau antar pulau dengan batasan jarak tempuh tertentu. Bagi pelaku bisnis kargo via darat berguna untuk mengirimkan produk ke tempat dengan jangkauan yang tidak mudah.

  1. Kargo via laut

Kargo laut dengan kapal kargo indonesia cocok untuk pengiriman jumlah banyak dengan jarak yang cukup jauh. Kargo via laut lebih terjangkau daripada via darat maupun udara namun durasi pengiriman biasanya cukup lama. Kargo via laut menjadi pilihan untuk mengirimkan barang kargo spesial seperti barang yang mengandung zat kimia, atau zat berbahaya lain.

  1. Kargo via udara

Pengiriman dengan pesawat kargo indonesia memerlukan berbagai dokumen pengiriman barang. Dengan jalur udara barang dari lokasi yang jauh akan terkirim dengan waktu yang cepat, 2 hingga 3 hari saja. Pengiriman kargo udara memerlukan biaya lebih dengan jumlah muatan lebih terbatas.

Perbedaan Kargo dan Ekspedisi

Meskipun kargo indonesia dan ekspedisi berperan dalam pengiriman barang, keduanya memiliki perbedaan seperti di bawah ini.

  1. Biaya pengiriman

Pengiriman kargo memiliki ketentuan berat minimal dimana konsumen harus tetap membayar harga berat minimal meskipun berat barang tidak memenuhi. Sedangkan ekspedisi menerima pengiriman berapapun beratnya tanpa batas minimal. Akan tetapi jika menghitung biaya per kilo tentu kargo lebih murah.

  1. Jumlah barang

Ekspedisi melayani pengiriman barang mulai dari 1 hingga 20 kg atau sesuai ketentuan masing-masing agen. Kargo melayani pengiriman dengan minimal berat 5 kg atau sesuai ketentuan hingga berat yang lebih besar lagi.

  1. Jenis barang

Jenis barang berkaitan dengan ketentuan berat dari setiap jasa kargo ataupun ekspedisi. Ekspedisi biasanya melayani pengiriman untuk barang berupa baju, sepatu, makanan, dan lain-lain dengan jumlah sedikit. Kargo indonesia mampu melayani untuk pengiriman barang dengan jumlah besar atau berupa motor, mobil, dan lain-lain.

  1. Durasi pengiriman

Ekspedisi dan kargo memiliki durasi yang berbeda tergantung jarak  serta tarif yang dipilih. Kargopun memiliki perbedaan durasi pengiriman antara via darat, laut maupun udara. Via udara merupakan pengiriman kargo dengan waktu paling cepat namun memerlukan biaya lebih tinggi.

Prosedur Pengiriman Kargo

Setiap jasa kargo memiliki prosedur pengiriman berbeda-beda, namun proses pengiriman dengan kargo secara umum adalah seperti berikut ini.

  1. Booking shipment

Pengirim harus menyiapkan beberapa dokumen data diri sesuai ketentuan seperti kartu identitas, wajib pajak, dan SPPKP. Pengirim juga harus menjelaskan barang secara rinci termasuk berat barang keseluruhan. Sehingga penanganan akan lebih mudah seperti jika ada hal-hal tertentu dan untuk menentukan besar kontainer.

  1. Penerimaan dan pemeriksaan kontainer kosong

Kontainer harus sesuai dengan jenis barang terlebih untuk barang kargo special. Jenis kontainer dan juga besarnya harus memadai untuk pengiriman sesuai barang. Klien dapat memeriksa apakah kontainer dari jasa kargo telah sesuai untuk barangnya.

  1. Penentuan berat maksimum isi kontainer

Jasa kargo indonesia akan memberikan pengetahuan kepada klien berapa berat maksimum dari barang untuk setiap kontainer. Klien dapat menentukan apakah akan menggunakan beberapa kontainer atau tidak. Serta, klien bisa menentukan berapa jumlah barang untuk memenuhi persyaratan yang ada.

  1. Memahami ketentuan untuk barang mudah rusak

Barang yang rusak bukan menjadi tanggung jawab jasa kargo meskipun karena waktu kedatangan terlambat. Maka pahami terlebih dahulu pengemasan yang sesuai dan kontainer yang memadai. Misalnya saja untuk pengiriman buah sebaiknya memberikan ruang agar buah tidak mudah busuk.

  1. Memahami ketentuan untuk barang cair

Pengiriman benda cair tentu saja memerlukan wadah yang khusus seperti tangki. Setiap jasa kargo akan memberikan persyaratan dan cara yang tepat untuk pengiriman benda cair. Pengiriman barang yang sesuai akan menjamin keselamatan dan keamanan barang sampai ke tempat tujuan.

kargo Indonesia

Memilih Jasa Pengiriman Kargo

Perhatikan beberapa tips berikut dalam memilih jasa kargo untuk mengirim barang.

  1. Memastikan legalitas perusahaan

Jasa kargo harus memiliki izin resmi dan legal secara hukum. Untuk memastikannya bisa dengan melihat situs resmi dari jasa kargo yang juga tercantum alamatnya dengan jelas. Jika perlu datangi kantor penyedia jasa agar lebih yakin.

  1. Memiliki pengalaman dan profesional

Jasa kargo yang sudah berdiri lama tentu memiliki pengalaman yang lebih banyak. Pelayanan kepada klien juga lebih baik mulai dari harga hingga pelayanan pengurusan dokumen. Selain itu pasti sudah banyak klien yang menjalin kerjasama dan banyak klien baru.

  1. Jaminan keselamatan barang

Kondisi barang selama pengiriman hingga penerimaan harus masih dalam kondisi yang sama, terlebih barang untuk dijual lagi. Jasa kargo indonesia yang profesional akan menawarkan asuransi atas apapun jenis barangnya. Biasanya ada biaya tambahan untuk asuransi barang tersebut.

  1. Jaminan pengiriman tepat waktu

Jasa kargo sebaiknya mampu memberikan estimasi waktu pengiriman barang, terutama jika barang sangat diperlukan. Tanyakan juga apa jaminan jika saja barang sampai pada waktu melebihi estimasinya.

  1. Bantuan untuk perizinan

Ada berbagai dokumen sebagai syarat untuk pengiriman kargo tidak mengalami permasalahan. Jasa kargo yang profesional akan memberikan bantuan kepada klien untuk mengurusi berbagai dokumen. Klien hanya perlu membayar biaya total tanpa harus menangani pengurusan dokumen perizinan.

  1. Layanan door to door

Dengan layanan  door to door akan memudahkan baik untuk pengirim dan penerima. Akan ada staf yang mengambil barang dari supplier secara langsung. Ketika barang sampai di negara tujuan akan diantarkan langsung ke alamat penerima.

  1. Adanya warehouse

Warehouse merupakan tempat untuk menerima, menyimpan, menyusun, mengukur dan menimbang barang. Adanya warehouse akan memastikan keamanan barang sebelum proses pengiriman terjadi.

Salah satu kargo indonesia adalah antara logistics yang melayani kargo via udara dan laut. Pengiriman barang dari berbagai negara seperti Cina, Korea, Singapura, Taiwan, dan Thailand akan lebih mudah. Klien bisa mengetahui estimasi waktu dan tarif kargo pesawat atau kapal dengan mudah secara online.

Artikel Lainnya

Konsultasi gratis sekarang