Jasa Customs Clearance Import

Import barang dari China lalu menjualnya kembali di Indonesia secara ecer merupakan cara bisnis online yang cukup menguntungkan. Produk barangnya cukup beragam, harganya juga murah dan terjangkau, bisa bersaing dan juga cukup laris di pasaran, cukup banyak peminatnya. Meski kadang kala ada proses birokrasi terkait ijin kepabeanan terkait impor barang dari luar negeri dan urusan pajak yang menjadi kendala, namun ada jasa Customs Clearance Import yang bisa membantu.

Apa itu Jasa Customs Clearance Import

Jasa Customs Clearance Import adalah jasa dalam pengurusan dokumen pada saat mengimpor barang, mulai dari barang tiba di pelabuhan atau bandara hingga terbit surat ijin masuknya ke Indonesia.

Apa itu Custom Clearance

Customs clearance merupakan rangkaian proses penyelesaian berbagai dokumen administratif dan pajak dalam rangka ekspor atau impor barang. Tujuan proses ini adalah penerbitan Nota Pelayanan Ekspor atau surat Persetujuan pengeluaran barang oleh pihak bea dan cukai. Kegiatan Custom Clearance meliputi pengurusan dokumen biaya pajaknya, dokumen administratif dan hal-hal lainnya terkait proses ekspor impor hingga mendapat surat ijin persetujuan dari Bea Cukai supaya barang impor bisa diloloskan ataupun dikeluarkan dari gudang pelabuhan atau bandara ataupun karantina dan boleh beredar luas, masuk ke wilayah Indonesia. Dalam proses perdagangan internasional, kegiatan perijinan dengan prosedur yang cukup rumit bagi awam, melalui Bea Cukai tersebut adalah suatu hal yang wajib agar barang yang masuk dari negara lain atau barang keluar menuju negara lain tersebut berstatus legal atau resmi, dengan tahapan melewati peraturan-peraturan perdagangan yang berlaku di tiap negara.

Proses Masuknya Barang Impor

Pada dasarnya barang impor yang diangkut dengan kapal laut maupun pesawat terbang, setelah tiba di pelabuhan atau bandara maka harus mengajukan ijin bongkar muat barang ke pihak Bea dan Cukai. Lalu juga akan diperiksa dokumen dan kondisi barangnya yang harus sesuai jumlah, nilai harga dan juga kondisinya dan lain sebagainya sesuai dengan keterangan yang ada pada dokumen yang menyertainya. Dalam kasus barang aman dan tidak memerlukan karantina serta kondisinya telah sesuai dengan dokumen penyertanya, barang impor akan mendapat ijin masuk wilayah Indonesia. Intinya seperti itu.

Aneka Dokumen yang Diperlukan

Berbagai jenis dokumen yang diperlukan antara lain adalah sebagai berikut.

  • Bill of Entry
  • Bill of Lading ataupun Airway Bill
  • Commercial Invoice
  • Surat Ijin Impor atau Import License
  • Sertifikat Asuransi
  • LC atau Letter of Credit atau Pesanan Pembelian
  • Izin Industri, jika ada
  • RCMC, jika ada
  • Laporan Pengujian, jika ada

Proses hingga terbitnya surat Persetujuan pengeluaran barang oleh pihak bea dan cukai tersebut bisa panjang atau lama maupun pendek atau singkat. Jika masih bingung atau mengalami kendala dan kerepotan maka bisa minta bantuan jasa Customs Clearance Import yang resmi dan telah berizin, memiliki NIK dan SIUP dan domisili tetap serta telah memiliki ijin sebagai Perusahaan Jasa Kepabeanan (PPJK).

Artikel Lainnya

Konsultasi gratis sekarang