INSW Dalam Ekspor dan Impor

Bagi anda yang berkecimpung dalam dunia eksportir maupun importir Pasti tidak asing lagi dengan istilah INSW. INSW sendiri adalah singkatan dari Indonesia National Single Windows. System secara khusus sudah diatur dalam peraturan presiden Nomor 10 tahun 2008. INSW sudah sangat umum dalam perdagangan internasional.

Dengan INSW banyak membantu dalam proses trading di Indonesia sebab menjadi national single window. Sehingga, semua proses yang berhubungan dengan trading bisa diawasi dan dimonitor oleh pihak yang berkepentingan. Pengoperasian system ini dilakukan dengan portal Indonesia national single windows. Dimana, dapat diakses melalui situs resmi Indonesia NSW.

Apa itu INSW ?

Menurut Perpes nomor 10 tahun 2008 INSW merupakan sistem nasional Indonesia yang memungkinkan dilaksanakannya suatu penyampaian data informasi secara tunggal, pemrosesan data informasi secara tunggal dan sinkron. Dimana akan melakukan integrasi yang berkaitan dengan dokumen kepabeanan ekspor maupun impor. Portal informasi ini anda bisa akses dengan jaringan internet.

Dalam aplikasi INSW anda akan menemukan beberapa menu yang bermanfaat. Misalnya menu untuk menentukan kode klasifikasi barang impor / HS code. Anda tinggal mengetikkan barang yang akan di ekspor atau impor. Maka, setelah itu akan muncul beberapa pilihan HS code sesuai dengan kata kunci yang sebelumnya anda tuliskan. Dari informasi yang tertera pilihlah yang paling sesuai dengan barang yang akan di ekspor/impor.

INSW akan menjamin keamanan data dan informasi secara otomatis. Mulai dari informasi kepabeanan, perizinan, kepelabuhan, dan kebandarudaraan. Selain itu, juga system yang terkait dengan pelayanan dan pengawasan kegiatan ekspor-impor.

Fungsi dari PP Indonesia National Single Windows

Pengelolaan portal INSW memiliki tugas tersendiri dalam melaksanakan penanganan dokumen kepabeanan, perizinan maupun dokumen lainnya. Berikut adalah fungsi dari PP INSW diantaranya :

    • Menjamin sistem pelayanan pada portal INSW yang beroperasi tanpa henti dan memenuhi standar keamanan data informasi.
    • Melaksanakan proses manajemen sistem informasi dan validasi secara elektronik kepada pengguna untuk memperoleh legalitas akses portal
    • Mengkoordinasi serta sinkronisasi pertukaran informasi dan data online antara pengguna portal INSW
    • Melaksanakan akses data realisasi ekspor atau impor dari lembaga penerbit. Perizinan untuk konfirmasi tentang realisasi ekspor atau impor atas izin yang telah diterbitkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
    • Melakukan Tindakan mengatasi gangguan terhadap system pelayanan pada portal INSW. Disini PP INSW harus bisa mengatasi permasalahan ini agar akses INSW Kembali lancar
    • Menyediakan audit trail
    • Menjamin keamanan dan kerahasiaan data informasi yang disampaikan lembaga / instansi melalui portal INSW
    • Menyediakan layanan customer service atau call center
    • Pengintegrasian penerapan system NSW (national single window) ke dalam system ASEAN single windows.

Tujuan di Bentuknya INSW

Keunggulan NSW dalam mengatasi segala permasalahan ekspor dan impor memicu negara-negara ASEAN untuk menerapkannya. Hal ini dibuktikan dengan adanya pertemuan antara anggota ASEAN tahun 2003 di bali. Hasil pertemuan tersebut menyebabkan masing-masing negara ASEAN harus mempunyai sistem NSW. Oleh sebab itu, Indonesia ikut mengimplementasikan sistem tersebut lewat (INSW) Indonesia national single windows.

Dengan INSW akan memudahkan dalam hal eksportir maupun importir. Dikarenakan proses dokumen dan perizinan dilakukan secara online. System ini juga akan menghubungkan dengan instansi-instansi terkait dalam pelaksanaan impor / ekspor.

Diharapkan INSW bisa meningkatkan pelayanan, kecepatan dan memberikan kepastian bagi para pengguna. Tidak lain tujuan dibentuknya INSW ini yaitu meningkatkan pelayanan, efektivitas pengawasan, dan kinerja seluruh kegiatan ekspor / impor.

Cara Kerja INSW Dalam Transaksi Impor

    • System INSW akan menampung semua database perizinan berdasarkan peraturan dari instansi teknis
    • Lembaga teknis terkait mengupload perizinan di portal INSW
    • Selanjutnya, portal INSW akan melakukan pengecekan kesesuaian data IPB yang dikirim oleh importir secara elektronik dengan database lartas impor berdasarkan parameter nomor HS
    • System INSW akan mengecek kesesuian data PIB
    • Jika pengecekan data IPB dengan perizinan terkait sesuai maka portal INSW akan meneruskan ke computer kantor bea cukai terkait untuk diproses lebih lanjut
    • Tetapi, jika tidak sesuai maka portal INSW akan memberikan respon penolakan secara elektronik melalui modul EDI importir PPJK
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Ikuti artikel kami!

Antara Logistic Newsletter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Konsultasi gratis sekarang