Inilah Hal Menarik Seputar Kode Harmonized System Bagi Eksport Import

Kode HS (Harmonized System) merupakan kode penting bagi para pedagang internasional. Kode HS digunakan untuk mengetahui besaran pajak yang wajib dibayar oleh importir kepada negara serta beberapa dokumen dan persyaratan penting lainnya yang harus dipenuhi agar bisa memperoleh izin berdagang resmi dari pemerintah. Inilah beberapa hal tentang kode HS tersebut:

  • Peran HS-Code Dalam Perdagangan Internasional

Dalam perdagangan internasional HS-Code adalah salah satu dari beberapa persyaratan penting sebelum melakukan kegiatan ekspor dan impor agar pihak Bea Cukai dapat menetapkan jumlah pajak yang wajib dibayar. Untuk lebih jelas seperti dijabarkan dibawah ini: HS-Code juga berfungsi untuk menghitung bea masuk, bea keluar, PPN, dan PPH. 

  • HS-Code juga berperan sebagai dasar perizinan untuk impor barang sebelum barang tersebut diimpor agar dapat ditetapkan tarif untuk transportasi dan lainnya.
  • Barang yang memiliki kode HS akan memudahkan pihak Bea Cukai dalam mengontrol dan memantau barang-barang mencurigakan seperti senjata api ilegal, limbah, narkoba, dan hal lainnya yang melanggar hukum suatu negara.
  • Kode HS juga membantu anda untuk menentukan strategi dalam menentukan harga barang yang diekspor serta dapat mengetahui strategi pemasaran yang dapat anda lakukan.
  • Kode HS bersifat krusial dalam perjanjian perdagangan internasional seperti PTA, FTA, EPA.

Setelah mengetahui sekilas tentang kode HS, ternyata kode HS memiliki peran yang sangat penting dalam pajak, izin, strategi dan hal lainnya yang berhubungan dengan aturan ekspor impor suatu negara.

  • Rangkaian HS-Code

Kode HS sendiri bukanlah kode yang rumit karena hanya terdiri dari delapan digit angka yang digunakan oleh seluruh negara di dunia. Sedangkan dua digit terakhir berdasarkan aturan dan penetapan dari masing-masing negara.

See also  Cara Memulai Bisnis Importir China, Begini Tips Terbaiknya 

Jika anda berencana untuk melakukan pengiriman paket keluar negeri namun belum berpengalaman dalam mengurus persyaratan ekspor impor suatu negara, tidak ada salahnya menggunakan jasa pengiriman yang bisa anda coba seperti di antaralogistic.com anda dapat berkonsultasi dan bertanya perihal pengiriman barang. Anda juga tidak perlu repot mengurus perijinan karena antaralogistic.com dapat mengurusnya untuk anda. selain itu, masih banyak kemudahan yang dapat anda terima jika mengirimkan barang menggunakan jasa pengiriman.

Cara Mendapatkan Kode HS

Untuk mendapatkan hs kode Indonesia anda dapat mengaksesnya secara online seperti beberapa cara berikut ini.

  1. Anda dapat mengakses halaman INSW (Indonesia National Single WIndow) di http://eservice.insw.go.id/.
  2. Lalu klik INDONESIA NTR lalu klik tulisan HS CODE INFORMATION.
  3. Lalu klik parameter BTBMI – Description in Indonesia
  4. Selanjutnya masukan keyword yang ingin anda cari kode HS-nya dalam Bahasa Indonesia. Contoh TOMAT maka kemudian akan muncul  kode HS sesuai dengan berbagai jenis tomat.

Selain mengakses halaman INSW, anda juga dapat mengetahui kode HS melalui halaman milik kementerian perdagangan. Anda dapat mengikuti langkah dibawah ini.

  1. Masuk ke situs intrade.kemendag.go.id
  2. Lalu masuk ke menu Layanan dan klik Daftar HS
  3. Jika anda sudah mengetahui nomor HS yang dicari, anda tinggal memasukkan HS Code barang tersebut di kolom pencarian.
  4. Namun jika anda belum mengetahui HS Code anda dapat memilih menu Uraian Barang (Indonesia).  
  5. Selanjutnya, anda dapat memasukkan keyword barang yang ingin anda cari, misalnya tomat.
  6. Lalu klik menu Lihat untuk mengetahui berbagai informasi seputar nomor HS Code sesuai dengan keyword yang anda cari

Itulah beberapa hal seputar HS Code yang sangat penting dalam ekspor dan impor suatu barang. Semoga dapat membantu anda.

See also  Jasa Belanja Online Barang Import

Artikel Lainnya

Kapal Kargo Kenapa Delay?

Kapal Kargo Kenapa Delay?

Terdapat beberapa jenis kapal laut yang digunakan sebagai transportasi angkutan laut, namun apakah dari semuanya memiliki fungsi yang sama? Tentu saja dari beberapa jenis kapal

Read More »
Konsultasi gratis sekarang