Ingin Masuk Dunia Importir? Inilah Cara Import dari Alibaba

Zaman sekarang banyak peluang usaha datang dari berbagai macam jalan. Salah satunya adalah dari online. Kecanggihan internet membuat banyak peluang bisnis berkembang contohnya maraknya e-commerce atau aplikasi jual beli online. Salah satunya adalah Alibaba.

Alibaba adalah pasar online yang berasal dari China yang mempunyai skala globa sehingga transaksi jual beli barang dari berbagai macam negara bisa Anda dapatkan khususnya barang dari China. Banyak orang yang menggunakan aplikasi Alibaba untuk bisnis jasa import barang dari China dimana mereka akan membeli barang impor dalam jumlah banyak kemudian dijual kembali. Jika Anda berencana membuka usaha bidang impor barang khususnya dari China Anda bisa menggunakan Alibaba sebagai media Anda untuk mendapatkan supplyer. Berikut adalah cara import dari Alibaba:

Membuat akun di Alibaba

Langkah pertama cara import dari Alibaba sebagai alat bisnis adalah membuat akun di Alibaba. Dengan membuat akun atas nama Anda sendiri, ada kemudahan dalam mencari, menjual dan membeli barang.

Menentukan produk

Membuka bisnis menjadi importir Anda harus menentukan barang apa yang akan Anda pilih untuk dijual kembali. Dalam memilih produk tentunya harus mempertimbangkan kebutuhan di lapangan dan minat di pasaran. Jika Anda sudah menentukan barang, kemudian gunakan tombol pencarian di Alibaba. Di sana akan muncul berbagai macam barang yang Anda inginkan dengan harga dan model yang juga bervariatif. Jadi Anda bisa memilih barang yang sesuai dengan Anda dari harga maupun lokasi. Di sini Anda bisa memilih supplier untuk bisnis import Anda, hal ini Anda harus memilih supplier yang trusted, barang cocok dan harga sesuai. Menggunakan mesin pencarian langsung membidik supplier akan jauh lebih mudah daripada memilih satu per satu produk yang akan Anda jual.

Pengecekan

Pengecekan dilakukan untuk memastikan kualitas supplier sebagai pemasok bisnis Anda. Jangan sampai Anda memilih supplier yang tidak trusted. Pengecekan dilakukan dengan membuka profil supplier, apakah sudah terverifikasi atau belum, karena verifikasi di Alibaba ada 3 jenis yaitu

A&V dimana supplier sudah lolos pengecekan verifikasi yang dilakukan oleh petugas dari Alibaba dan dari pihak ke-tiga.

Onsite check, supplier yang ada di China sudah lolos pengecekan dari petugas Alibaba untuk memastikan bahwa supplier benar-benar ada dan mempunyai alamat yg jelas.

The assessed supplier check yaitu ketika supplier lolos cek verifikasi yang dilakukan oleh pihak ke-tiga.

Pengecekan kualitas supplier juga ditentukan dari rating atau ulasan dari pelanggan, ulasan ini bisa menentukan kualitas supplier Anda jika banyak ulasan negatif sebaiknya ganti supplier lain.

Membuat pesanan

Jika sudah menentukan produk dan supplier Anda bisa membuat pesanan ke store supplier yang Anda pilih. Anda akan mendapatkan Request for Quotation (RFQ) setelah itu akan keluar ongkos kirim pesanan yang harus dibayarkan bersama harga barang yang Anda beli. Jika sudah Anda hanya perlu menunggu dan mengecek keberadaan barang.

Cukup mudah bukan cara import dari Alibaba untuk bisnis Anda, semoga berhasil!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Ikuti artikel kami!

Antara Logistic Newsletter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Konsultasi gratis sekarang