Info Lengkap Jasa Pengiriman Barang Impor

jasa pengiriman barang

Bicara terkait dengan layanan jasa pengiriman barang impor tentunya membutuhkan profesionalisme yang lebih mumpuni lagi ketimbang jenis pengiriman lokal maupun dalam negeri. Untuk itu bagi para calon klien hendaknya mendalami betul beragam hal terkait pengiriman internasional satu ini agar hasil memuaskan.

Calon klien selain harus paham betul terkait sistem pengiriman barang impor secara mendetail, juga harus memberikan perhatian yang jeli dalam memilih layanan jasa pengiriman impor yang terbaik serta terpercaya. Lebih lanjut terkait topik sehubungan layanan pengiriman barang impor simak daftar berikut ini.

Info Lengkap Jasa Pengiriman Barang Impor

Khusus bagi para pembaca sekalian yang saat ini memiliki keperluan untuk mengirim barang impor dari luar negeri ke Indonesia, bisa sejenak menyimak info yang kami ulaskan lengkap berikut ini. Mulai beberapa pembagian barang impor yang dilayani pengirimannya, syarat kirim hingga layanan terbaiknya.

Semoga info yang kami ulaskan jadi mempermudah para pembaca untuk mengklasifikasikan jenis barang tertentu yang hendak dikirim. Sekaligus juga untuk menambah referensi perihal segala persyaratan yang butuh dilengkapi untuk melakukan pengiriman barang impor. Info yang paling terakhir tentu yang terpenting.

Yakni beberapa tips yang bisa digunakan untuk memilih layanan jasa pengiriman kargo impor terbaik dengan pelayanan terjamin memuaskan. Jika Par pembaca di sini sudah mulai penasaran bisa langsung simak hingga info terakhirnya berikut ini.

2 Pembagian Jenis Kargo Impor

General Cargo

Diklasifikasikan sebagai general cargo ialah segala barang yang dalam pengirimannya tak memerlukan perlakukan khusus tambahan ya. Jadi barang ini termasuk memiliki keamanan alamiah yang lebih tinggi. Beberapa contohnya ialah peralatan rumah tangga, kain, peralatan kantor, peralatan gym dan yang lainnya.

Special Cargo

  • Explosive Material

Barang kargo spesial yang satu ini biasanya memerlukan penanganan selama pengiriman secara khusus. Lantaran memiliki kandungan bahan material yang memungkinkan ada zat pemicu ledakannya. Beberapa contohnya seperti amunisi, petasan dan seterusnya.

  • Flammable Goods

Barang kiriman khusus yang satu ini terdiri dari bahan atau material yang cukup sensitif untuk menimbulkan sebuah percikan kebakaran di sekelilingnya. Bisa berbentuk gas padat ataupun juga cairan yang sensitif terhadap kondisi lingkungan sekitarnya.

  • Corrosive Material

Jenis barang ini dikategorikan sebagai kargo khusus lantaran sifatnya yang mudah menimbulkan karat jika bersinggungan dengan benda di lingkungan sekitarnya. Zat ini tentu termasuk cukup berbahaya. Misalnya saja seperti zat asam maupun juga air raksa.

  • Irritan Material

Barang satu ini perlu mendapatkan perlakukan pengiriman khusus lantaran mudah sekali bereaksi dengan berbagai benda yang terdapat di lingkungan sekitarnya. Beberapa contoh barang yang mudah mengiritasi misalnya spiritus, alkohol, gas dan seterusnya.

  • Magnetized Material

Barang atau kargo satu ini perlu diperlakukan secara khusus saat proses pengiriman lantaran kandungan material di dalamnya. Biasanya yakni mengandung bagian yang memiliki kekuatan magnet. Beberapa contoh barangnya seperti loudspeaker, elemen kompor dan seterusnya.

  • Oxidizing Material

Barang dengan kandungan zat kimiawi yang dominan seperti satu ini tentu membutuhkan proses pengiriman yang terkhusus. Lantaran sedikit saja bersinggungan dengan oksigen bisa memicu terjadinya kebakaran. Beberapa contohnya yakni zat pemutih, peroksida, nitrat dan seterusnya.

  • Fragile Goods

Jenis barang satu ini harus diperlakukan khusus dengan perlindungan yang ekstra lantaran karakteristiknya yang lumayan gampang rusak atau pecah. Barang yang bisa dijadikan contoh misalnya jenis kaca gelas, porselen dan seterusnya.

  • Poisonous Subtances

Jika seseorang hendak mengirimkan zat kimiawi yang cukup keras atau pekat sehingga berpotensi amat beracun maka perlakukannya harus khusus saat pengiriman. Harus dilengkapi dengan legalitas dokumen pula. Beberapa contoh jenisnya yakni zat arsenik, zat sianida dan seterusnya.

  • Valuable Goods

Barang jenis satu ini memerlukan perlakukan khusus serta ekstra aman lantaran di dalamnya terkandung unsur yang berharga. Mulai dari misalnya jenis perhiasan, dokumen berharga, logam mulia serta banyak barang berharga lain yang seterusnya.

  • Wet Freight

Barang satu ini biasanya memerlukan perlakukan khusus dan harus diletakkan secara aman di dalam kontainer khusus pula. Lantaran termasuk dalam jenis barang basah atau yang memiliki kandungan cairan cukup signifikan. Contohnya seperti telur, daging segar, tangkapan udang dan yang lainnya.

  • Perishable Goods

Dimasukkan dalam kategori barang yang memerlukan perlakuan khusus selama proses pengiriman lantaran biasanya terdiri dari jenis unsur makhluk hidup. Misalnya tumbuh-tumbuhan, tanaman bunga, atau bisa juga jenis buah yang mudah busuk dan yang sejenisnya.

  • Dangerous When Wet

Barang satu ini memerlukan perlakukan khusus selama pengiriman utamanya saat mengepaknya jangan sampai asal-asalan. Saat melewati proses pengiriman jarak jauh jika sampai isi di dalamnya terkena air maka bisa membahayakan lantaran gampang terpicu meledak. Contoh barangnya ialah karbit dan lainnya.

  • Live Animal

Jenis barang kiriman berupa hewan hidup tentu harus melalui proses pengiriman yang khusus. Jangan sampai selama di perjalanan hewan hidup seperti burung, ikan hias, kuda, anjing dan seterusnya tersebut mengalami stres serta mempengaruhi kondisi fisik atau psikis hewan itu.

  • Human Remains

Dalam beberapa kejadian ada juga yang mengharuskan pengiriman jenazah dalam berbagai kondisi bahkan antar negara. Nah dibutuhkan perlakukan pengiriman yang khusus baik itu dalam bentuk lainnya pula. Semisal abu kremasi, jenazah pembalsaman dan seterusnya.

6 Syarat Pengiriman Kargo impor

  • Kelengkapan Dokumen

Jika Anda berniat untuk melakukan pengiriman barang impor dari luar negeri ke dalam Indonesia maka pastikan segala info dokumen yang terkait lengkap disertakan. Hal ini akan memudahkan proses pengiriman barang antar negara tersebut.

  • Penandaan Paket

Saat ingin melakukan pengiriman barang impor diharapkan untuk memberikan alamat tujuan pada paket sejelas mungkin untuk memudahkan prosesnya di perjalanan. Hendaknya disertakan nama penerima maupun alamat penerima secara jelas, lengkap serta mendetail.

  • Pengemasan yang Sesuai

Namanya pengiriman barang impor tentu ada banyak macamnya. Belum lagi pengirimannya bisa memakan waktu serta perjalanan antar negara yang cukup panjang. Untuk jenis paket khusus atau berisi hewan sebaiknya diperlakukan khusus. Perhatikan pula mengenai jumlah batas bobot selama pengiriman.

  • Perhatikan Label Paket

Saat ingin berkirim barang impor melengkapi segala kebutuhan label dalam paket tersebut menjadi kebutuhan yang penting. Label tersebut sedikit banyak berisi info mengenai barang yang hendak dikirim dalam paket tersebut. Pastikan jangan ada label yang rusak sehingga bisa menyusahkan identifikasinya.

  • Dokumen Barang Khusus

Saat hendak mengirim barang impor utamanya untuk beberapa jenis barang yang khusus tertentu atau misalnya berbahaya, maka harus disertakan pula kelengkapan dokumen yang menunjangnya. Jangan sepelekan hal yang satu ini.

  • Dokumen Pengiriman Hewan

Cukup mirip dengan dokumen yang harus dilengkapi saat mengirimkan barang dengan material cukup berbahaya, saat mengirim binatang hidup pun harus melengkapi dokumen khusus yang menunjangnya. Lengkap dengan tanda tangan yang melegalkannya ya.

4 Karakteristik Layanan Kargo Impor Terbaik

  • Ketepatan Waktu

Memilih layanan jasa kargo impor dengan track record yang tepat waktu merupakan sebuah kebutuhan yang amat penting. Memilih jenis layanan jasa yang terjamin profesional tentunya telah memiliki kru pengiriman yang terorganisir sehingga beragam tantangan yang mungkin muncul bisa diminimalkan.

  • Tarif yang Hemat

Tarif yang dipatok oleh pihak layanan jasa pengiriman kargo impor tentunya beragam. Pilih yang paling ekonomis dengan harga yang bisa bersaing dengan layanan jasa pihak lain. Biasanya tarif pengiriman tersebut berdasarkan dari berat barang kiriman plus juga jenis angkutan yang digunakan untuk mengirim.

  • Keamanan Barang

Bicara terkait dengan keamanan barang selama proses pengiriman kargo impor tentu terkait juga dengan kelengkapan pendaftaran asuransinya. Sehingga barang yang Anda pesan bisa sampai di alamat tujuan utuh tanpa kurang suatu apa pun. Sebagai klien tentunya akan merasa puas dengan layanan profesional.

  • Layanan All in One

Sebisa mungkin pilih layanan jasa pengiriman barang impor dengan spesifikasi yang all in one. Artinya Anda membayar biaya sekaligus tanpa ada biaya tambahan lain yang dibebankan. Biaya sudah termasuk pengepakan saat di luar negeri, biaya masuk maupun juga pengiriman sampai alamat tujuan yang efisien.

Semoga ulasan yang kami suguhkan di atas terkait dengan segala hal yang berhubungan dengan jasa pengiriman barang impor bisa menambah wawasan para pembaca sekalian. Sebagai rekomendasi yang bijak jika Anda memiliki keperluan untuk impor barang ada baiknya memilih layanan yang terpercaya ya.

Artikel Lainnya

Konsultasi gratis sekarang