Info insw.go.id: Mengenal INSW Lebih Jauh Terkait Tujuan Hingga Sistem Kerja dalam Kegiatan Perdagangan Internasional

Sekilas Tentang INSW

Bagi Anda yang bergelut dalam perdagangan internasional, tentu familiar dengan istilah INSW (insw.go.id). INSW atau Indonesia National Single Window ini merupakan suatu sistem nasional yang mendukung penyampaian data serta informasi secara single submission. Tidak hanya itu, beberapa proses lain juga memungkinkan untuk dilakukan seperti pembuatan keputusan tunggal perihal izin kepabean dan pengeluaran barang serta pemrosesan data informasi.

Setiap harinya terjadi banyak transaksi di Indonesia. Sebagai pusat informasi dan sumber progress INSW memberi kemudahan bagi vendor-vendor. Perlu diketahui sebelumnya, tingginya biaya logistik nasional dapat menyebabkan harga jual menjadi mahal. Kondisi ini berisiko membuat produk lokal asli Indonesia akan sulit bersaing di pasar global.

Adapun salah satu hal yang mempengaruhi biaya logistik yaitu kelancaran arus barang di pelabuhan. Sebagaimana yang dijelaskan pada website INSW kelancaran barang itu sendiri ditentukan oleh beberapa hal berikut ini:

  • Cepat Lambatnya Proses Administrasi

Kelancaran barang bergantung dengan cepat lambatnya proses administrasi. Dimana hal ini juga mencakup administrasi perizinan yang diberikan oleh lembaga atau kementerian. Perlu diketahui, percepatan proses administrasi dan barang fisik dipengaruhi 2 faktor berikut:

  1. Kebijakan Pemerintah

Kebijakan pemerintah yang menjadi faktor percepatan administrasi diantaranya kebijakan tentang spoke area yang mendukung logistik, pusat kegiatan, pemanfaatan tempat penimbunan sementara, dan tata niaga impor.

  1. Operasional

Faktor operasional mencakup beberapa hal tentang pelaksanaan prosedur yang didapati tidak efisien. Misalnya integrasi antar proses bisnis bersangkutan, waktu layanan yang bisa dimaksimalkan, dan penggunaan otomasi di pelaksanaan bisnis.

  • Proses Gerakan Fisik Barang

Secara umum proses penyelesaian barang impor di tanah air mencakup kedatangan armada pengangkut di pelabuhan, proses sandar, pembongkaran, penataan ke container yard, customs clearance, container handling, pengeluaran barang di gate, hingga pengiriman barang ke gudang penyimpanan.

Diupayakan penerapan DO atau Delivery Order secara elektronik. Hal ini seperlu optimalisasi pelayanan pengeluaran barang selesai proses custom clearance. Adanya penerapan DO elektronik diharapkan dapat mendorong pengeluaran barang lebih cepat dan hemat biaya.

Selain DO, konsep pendekatan barang impor kepada industri pengguna juga dapat dijadikan langkah tepat seperlu mengurai beban pelabuhan. Khususnya perihal penampungan berbagai kegiatan impor dan ekspor.

Tentu masih ada upaya lain yang dapat dilakukan seperlu mengoptimalkan layanan impor. Di sini didapati bahwa dibutuhkan upaya sistematis yang melibatkan semua pengguna jasa dan pemangku kepentingan agar proses impor lebih efisien. Termasuk Dirjen Bea dan Cukai yang diandalkan dalam kontribusi penurunan dwelling time mulai dari sesi pre clearance, customs clearance, hingga post clearance.

Tujuan Utama INSW

Seperti yang tertulis dalam situs resmi INSW tugas INSW tidak lain adalah seperlu mewujudkan pelayanan dan operasional yang efisien dan efektif di pelabuhan. Sehingga arus barang bisa berjalan lancar sekaligus mendukung penurunan biaya logistik nasional.

Untuk mencapai tujuan tersebut dikenalkan PP INSW yang bertugas mengelola portal INSW. Pengelolaan portal insw.go.id meliputi beberapa hal seperti penanganan dokumen perizinan, dokumen kepabeanan, dan dokumen lain yang berhubungan dengan impor, ekspor, atau kegiatan logistik elektronik.

Urgensi Fungsi INSW

Terdapat banyak fungsi yang dijamin oleh INSW. Beberapa diantaranya disuguhkan sebagai berikut:

  • Menyampaikan data informasi secara tunggal.

  • Memproses data informasi secara tunggal serta sinkron.

  • Membuat keputusan terkait pemberian izin kepabean dan pengeluaran barang secara tunggal.

  • Melaksanakan secara elektronik manajemen sistem informasi serta validasi terhadap pengguna portal guna memperoleh akses legalitas.

  • Integrasi penerapan NSW (National Single Window) ke dalam ASW (Asean Single Window).

  • Koordinasi serta sinkronisasi data portal INSW secara online antar pengguna.

  • Menyediakan audit trail dan tindakan nyata seperlu menyelesaikan gangguan sistem pelayanan pada portal.

  • Menyediakan call center.

  • Memberi jaminan keamanan data rahasia yang disampaikan kepada instansi lewat portal.

  • Menjamin sistem pelayanan secara konsisten sesuai standar keamanan data dan informasi pada portal insw.go.id.

  • Pelaksanaan akses data realisasi impor ekspor dari lembaga penerbit perizinan seperlu konfirmasi tentang realisasi kegiatan sesuai izin yang berlaku atau sudah diterbitkan.

  • Melaksanakan sejumlah kegiatan di bawah ketentuan Menteri Keuangan.

insw.go.id

Sistem Kerja INSW pada Transaksi Impor dan Ekspor

Sistem INSW menyimpan berbagai macam database perizinan yang dibuat atas dari peraturan Government Agency sebagai Instansi Teknis. Peraturan yang dimaksud mencakup berbagai pembatasan dan larangan pada kegiatan impor. Selain itu juga mencakup teknis mengunggah perizinan yang diterbitkan di portal insw.go.id.

Selanjutnya kesesuaian data PIB yang diserahkan pihak importir maupun PPJK dicek secara elektronik oleh portal INSW. Pengecekan ini dilakukan menggunakan database lartas impor yang didasarkan pada parameter nomor HS.

Sebelumnya, dibutuhkan perizinan terkait nomor HS. Dalam hal ini sistem INSW melakukan pengecekan data PIB dan perizinan terkait untuk mengetahui kesesuaian data. Pengecekan ini dilakukan dengan mengacu NPWP, nomor Aju PIB, kode izin, nomor dan tanggal perizinan, serta masa berlaku.

Dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai kesesuaian data PIB dan perizinan terkait untuk Nomor HS di PIB bukan mutlak wajib izin. Pada tahap inilah portal INSW insw.go.id akan merespon Analysing Point dan pengecekan dilakukan oleh petugas di kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai.

Pada pengecekan data PIB dan perizinan terkait tidak dibutuhkan penelitian lanjutan untuk nomor HS di PIB mutlak wajib izin. Bila demikian akan langsung dilakukan pengecekan oleh sistem portal resmi INSW. Portal INSW akan memberi penolakan secara elektronik bila ditemukan ketidaksesuaian antara data PIB dan perizinan terkait. Respon penolakan tersebut diberikan melalui modul EDI importir PPJK. Sebaliknya data PIB akan diteruskan ke sistem komputer kantor Bea dan Cuka bila data sudah sesuai. Hal ini seperlu proses penjaluran lebih lanjut.

Pihak-pihak yang terlibat dalam perdagangan internasional mulai dari eksportir, importir, hingga PPJK seyogyanya memiliki user portal INSW. Karena ada banyak manfaat gratis yang bisa didapatkan. Pihak LNSW sama sekali tidak memberlakukan pungutan biaya apapun. Berikut beberapa manfaat yang dijanjikan:

  • Memiliki akses langsung dan real time berkaitan dengan status terbaru dokumen pabean baik PEB atau PIB (Pemberitahuan Impor Barang). Pihak pemilih user portal INSW bisa melakukan akses langsung melalui smartphone, notebook, maupun PC yang dimiliki.

  • Pihak importir ataupun eksportir bisa melakukan pengawasan atau kontrol terhadap kinerja PPJK. Hal ini berlaku terutama bila kegiatan pabean dilaksanakan PPJK.

  • Memiliki akses informasi akurat terpercaya perihal problematika yang muncul pada dokumen pabean yang sudah diajukan. Dokumen pabean yang dimaksud mencakup kegiatan impor maupun ekspor.

  • Mendapat akses data perizinan yang diterbitkan langsung oleh instansi penerbit izin. Kemudahan ini memungkinkan pengecekan secara cepat terkait perizinan apakah sudah diunggah ke portal insw.go.id atau belum.

Proses yang cukup panjang bukan. Adapun untuk sistem kerja INSW pada transaksi ekspor tidak jauh berbeda dengan transaksi impor. Perihal sistem INSW ini pihak importir atau PPJK dapat mengakses tracking data PIB dan juga respon yang diberikan secara real time. Tentunya setelah memperoleh aktivasi user dan juga kata sandi dari posko INSW.

Selaku importir atau PPJK Anda dapat melakukan pengajuan permohonan untuk memperoleh aktivasi user dan kata sandi. Perlu diketahui bahwa sistem INSW hanya berlaku untuk impor umum dan PIB yang dikirim. Artinya barang yang diimpor melalui jasa kurir, PJT, atau Pos dalam jumlah tertentu tidak berlaku sistem INSW.

Pemanfaatan Jasa Antara Logistic Untuk Impor Logistik

Antara Logistic merupakan sebuah perusahaan Freight Forwarding Indonesia berbasis online. Anda dapat mengandalkan jasa ini untuk pengiriman logistik antar negara. Dimana semua proses dilakukan oleh tim ahli berpengalaman serta dukungan agen warehouse yang tersebar di sejumlah negara Asia.

Dengan manajemen berpengalaman, biaya yang harus Anda keluarkan tetap efisien. Dimana harga jasa yang ditawarkan relatif murah dan transparan semua sudah tercakup tanpa biaya susulan. Sekiranya pun Anda harus membayar lebih mahal bila harus melakukan prosedur impor seorang diri.

Seperti yang diketahui proses impor mencakup perizinan yang tidak mudah. Pebisnis retail yang bermasalah atau belum mengantongi izin impor barang tentu akan mendapati kendala dalam menjalankan usaha. Di sinilah Antara Logistic hadir seperlu menyediakan QQ impor atau undername prosedur impor insw.go.id menggunakan nama perusahaan yang bermarkas di Semarang ini. Hal ini tidak lain agar bisnis internasional Anda tetap berjalan baik.

Artikel Lainnya

Konsultasi gratis sekarang