Impor Alat Tulis Dari China Jadi Peluang Bisnis Anda

impor alat tulis dari China

Banyak orang tentu ingin memiliki usaha yang sukses. Untuk memastikan usahanya dapat hasilkan banyak untung, melakukan research peluang usaha harus dilakukan. Dari banyak informasi yang beredar, peluang usaha untuk jual barang impor alat tulis dari China sekarang sedang menarik. Jika Anda ingin tahu lebih soal ini, mari bahas bersama dalam artikel berikut!

Peluang Usaha Import Alat Tulis dari China

Peluang usaha ini tentu sedikit aneh pada awalnya. Alat tulis adalah barang umum yang tidak terlalu diperhatikan. Banyak orang tidak akan komplain jika memilih alat tulis. Baik yang made in China atau Indonesia, pasti tidak akan masalah.

Walaupun begitu, banayk keuntungan yang bisa datang dari jua alat tulis China. Pertama karena harganya lebih rendah dan teknologi produksinya lebih tinggi. Peluang bisnis impor alat tulis dari China terbuka lebar karena negara tersebut bisa sediakan kualitas alat tulis tinggi dengan harga rendah. Manufacture alat tulis sebenarnya perlu alat khusus. Tanpa ada alat yang tepat, produk tidak akan nyaman digunakan.

Contoh saja bola pada kepala ballpoint. Tanpa alat khusus, membuat bola kecil seukuran itu tentu sulit. Tapi dengan teknologi produksi China, mereka bisa hasilkan banyak dengan waktu singkat dan kualitas tinggi.

Selain itu cara impor alat tulis dari China tergolong mudah. Karena Indonesia tergolong negara ASEAN, perjanjian bilateral China ASEAN free trade berlaku. Jadi produk – produk China hanya terkena tariff kecil dan lebih mudah dijual dengan harga kompetitif.

Dari banyak faktor pendukung ini, tentu saja peluang usahanya terbuka besar. Jika Anda bisa membuat jalur impor yang constant dengan lancar, keuntungan pasti lebih terbuka. Setiap harinya, penjualan alat tulis selalu ada. Baik anak – anak, mahasiswa dan kantor pasti gunakan alat tulis. Karena itu, keuntungannya bisa besar.

Karena selalu dibutuhkan, pasarnya pasti ada. Karena trade bebas, biaya pasti rendah. Jadi bisa disimpulkan impor alat tulis dari China akan hasilkan keuntungan constant selama Anda bisa manage logistic dan arus import-nya.

Hal yang Penting Diperhatikan Sebelum Buka Usaha

Jika Anda tertarik dengan peluang usaha ini, ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum mulai operasi. Berikut adalah hal – hal penting tersebut:

Pastikan Memiliki Model Cukup

Untuk memulai usaha, Anda harus bisa sesuaikan modal dengan kebutuhan. Untuk usaha alat tulis, modal tidak perlu terlalu besar seperti jual alat elektronik. Namun, sebagian besar uang akan digunakan untuk penyimpanan dan kebutuhan distribusi. Seimbangkan biaya beli stock alat tulis dengan kebutuhan logistic sebagai pendukungnya.

Tentukan Produsen Alat Tulis yang Menjadi Fokus

Pastikan Anda punya informasi kuat untuk memilih produk alat tulis yang akan dibeli. Produsen alat tulis di China ada banyak. Anda akan temukan yang premium, murah tapi berkualitas dan murah tapi kurang bagus. Pastikan menyaring produsen ini dan hanya beli dari yang sesuai dengan usaha Anda.

Usahakan Beli dalam Bulk Besar

Sebagai importir, Anda harus coba stock jumlah besar. Beli stock besar membuat Anda bisa jual dalam bentuk grosir dan eceran. Jika bisa bersaing dari segi harga dan volume penjualan, usaha ini bisa berkembang. Ukuran usaha sebagai supplier utama alat tulis China di Indonesia pasti bisa hasilkan keuntungan banyak.

Punya Partner Untuk Urusi Logistik dan Import

Jasa impor alat tulis dari China adalah partner yang paling penting untuk usaha ini. Jika pakai jasa import ini, Anda tidak perlu lagi memiliki izin import sendiri dan mengurusi logistic impor secara langsung. Jika Anda memiliki partner yang tepat, semua urusan pasti lebih lancar dan mudah untuk operasi.

Tips Memilih Partner Import yang Tepat

Impor alat tulis dari China akan lebih mudah menggunakan perusahaan jasa logistic. Seperti yang disinggung sebelumnya, proses perizinan usaha impor bisa lama. Tapi jika pakai partner jasa import, hal ini akan lebih mudah. Berikut adalah tips yang bisa Anda gunakan dalam mencari jasa yang paling pas untuk usaha Anda:

Mampu Tawarkan Banyak Layanan Seputar Logistik

Saat cari partner layanan import, hal lain yang perlu dicari adalah kelengkapan layanan. Membantu soal impor saja tidak cukup. Pastikan partner Anda bisa sediakan layanan gudang sementara dan juga layanan pengiriman.

Tambahan layanan lain ini memastikan proses logistic usaha Anda tidak perlu melibatkan banyak jasa lain. Cukup pilih satu jasa logistic dan semua sudah beres. Tentu saja, kelengkapan layanan harus datang juga dengan kualitas yang baik. Pastikan mereka mampu jadi partner untuk konsultasi dalam keperluan import juga.

Membantu Soal Perizinan dan Dokumentasi Import

Partner yang baik soal impor bisa membantu untuk urusan perizinan dan juga dokumen impor. Jadi semisal ada masalah dengan pihak bea cukai. Anda tidak perlu mengurus langsung. Cukup percayakan pada pihak jasa import.

Selain itu, jasa import yang ahli mengurusi hal ini pasti lebih punya koneksi dan juga pengalaman. Jika diurus mereka, urusan pasti lebih cepat selesai daripada mengurus sendiri. Banyak usaha jadi tidak perlu cari izin impor karena bisa menggunakan jasa ini. Karena itu, pastikan pilih yang tepat agar pengurusan lebih lancar.

Memiliki Gudang Sendiri Di Negara Tujuan Impor

Untuk mempermudah operasi, Anda lebih baik cari partner impor yang punya gudang di negara tujuan impor. Jadi semisal Anda ingin import dagangan alat tulis dari China, pastikan mereka punya gudang atau warehouse di port negara itu.

Memiliki bangunan gudang sendiri memastikan proses penyimpanan dan logistic lebih lancar sebelum dikirim. Anda bahkan bisa pesan dari beberapa produsen untuk dijadikan satu kiriman karena ada layanan ini.

Menawarkan Harga Bersaing

Usaha import alat tulis dari China tentu bisa mahal biayanya. Karena itu, Anda juga harus perhatikan tentang biaya yang dikeluarkan. Pastikan partner import yang dipilih memiliki tariff harga yang bersaing dan tidak terlalu tinggi.

Informasi ini biasanya didiskusikan saat ingin buat kontrak partner. Jadi jangan terlalu terburu – buru buat partner jika tidak punya info cukup dengan jasa import. Pastikan buat analisa hati – hati dan timbang baik – baik sebelum memutuskan.

Menjamin Keamanan dengan Garansi

Hal lain yang penting saat memilih partner import adalah soal garansi. Pertanggung jawaban saat mengantarkan barang tentu ada di tangan pihak jasa import. Jika ada masalah, hendaknya ada bentuk ganti rugi.

Diskusi soal garansi ini biasanya muncul saat buat kontrak dengan partner jasa import. Pastikan tentukan klausa garansi yang detail. Jadi saat ada masalah, pertanggung jawaban akan jelas. Tentu besaran masalah juga harus spesifik, agar kedua belah pihak tidak dirugikan.

Rekomendasi Soal Logistik dan Bentuk Usaha

Untuk keperluan logistic dan juga jasa import, Anda sebenarnya bisa gunakan satu pihak saja. Sebagai rekomendasi, silahkan coba layanan dari Antara Logistik. Perusahaan logistic ini mampu membantu banyak hal yang berhubungan dengan jasa titip beli, kebutuhan gudang dan juga pengantaran barang ke seluruh Indonesia.

Jika memiliki partner Antara Logistik, operasi logistic import alat tulis dari China akan jauh lebih mudah. Anda bahkan sangat dianjurkan konsultasi untuk dapatkan layanan lebih maksimal. Mereka bisa tawarkan paket layanan yang disesuaikan khusus untuk kebutuhan usaha Anda.

Tentu saja penyesuaian layanan ini special dan jarang ditemukan di banyak jasa logistic lain. Jadi Anda tidak perlu takut akan dapat layanan yang kurang memuaskan. Selain layanan yang baik, harga yang ditawarkan akan jauh lebih terjangkau jika sudah kontrak menjadi partner.

Kelebihan lain dari Antara Logistik adalah warehouse yang mereka miliki. Perusahaan jasa logistic ini punya cabang warehouse di 6 Negara berbeda, termasuk China, Taiwan dan Hongkong. Karena punya akses warehouse sendiri, mereka bisa tampung barang pesanan import Anda dalam jumlah banyak tanpa harus keluar biaya lagi.

Karena kebutuhan dagangan alat tulis biasanya in bulk, keperluan ruang warehouse bisa besar. Jika memanfaatkan gudang pihak ketiga, tambahan biaya bisa tinggi. Namun karena Antara Logistik sudah punya gudang sendiri, bayaran pasti lebih terjangkau.

Dari penjelasan tentang peluang impor alat tulis dari China sebaga usaha di atas, Anda bisa timbang sendiri. Apakah usaha ini terlihat menarik bagi Anda? Tentu saja usaha ini memiliki tantangan, tapi dari penjelasan di atas, peluang untungnya juga besar.

Mudah – mudahan penjelasan di atas mampu membantu Anda menentukan usaha untuk dilakukan. Terima kasih sudah baca artikel ini!

Artikel Lainnya

Konsultasi gratis sekarang