Cek Ongkir Indah Cargo, Jenis Dan Klasifikasi Yang Dimiliki

cek ongkir indah cargo

Cek ongkir indah Cargo – Cargo merupakan istilah yang populer dalam dunia ekspedisi. Hal ini juga merupakan salah satu pengaruh yang disebabkan oleh manusia yang semakin ketergantungan akan melakukan sebuah transaksi secara online yang memang berkaitan dengan pengiriman sebuah barang.

Mari kita memahami lebih dalam mengenai cargo. Untuk di Indonesia sendiri pada industri ekspedisi untuk Cargo memang sudah jauh begitu berkembang dari beberapa dekade. Dalam perbaikan untuk standar pelayanannya hingga keseluruhan mengenai pengiriman barang tersebut menjadikan sebuah alasan dalam perkembangan itu dapat terjadi. Dan imbasnya pun dirasakan dalam sektor perekonomian yang juga lebih membaik dengan adanya industri yang ini.

Pengertian Dari Cargo

Cargo bisa juga disebut sebagai jenis barang yang akan dikirim dalam jumlah yang relatif begitu besar, yaitu diantaranya udara, darat maupun  laut yang memakai sebuah armada yang tertentu yang memang khusus disediakan untuk dapat melayani sebuah pengiriman barang.

Baik di Indonesia maupun dunia, cargo biasanya dikirim ke dalam berbagai berbagai daerah bik itu melalui antar kota maupun dalam sebuah provinsi. Terdapat juga pengiriman untuk antara provinsi sampai antar negara yang memang sudah diatur dalam ketentuan yang khusus, sehingga memang keamanan sampai ketepatan pengiriman dapat lebih terjamin

Jenis-Jenis Kargo Jika Dilihat Dari Pengirimannya

Ada tiga jenis cargo dalam dunia logistik yaitu :

  1. Cargo Darat

Cargo darat ini tentu saja pengirimannya akan melalui jalur darat, yang pastinya juga akan memanfaatkan sebuah alat transportasi yang ada di darat. Di antaranya juga terdapat mobil khusus sampai kereta api yang memang dikhususkan untuk dapat mengirim sebuah barang.

Yang menggunakan pengiriman jenis ini biasanya adalah sebuah pengiriman yang dilakukan untuk antar kota hingga antara sebuah pulau sampai pelosok yang memang susah untuk dijangkau oleh jalur pengiriman yang lainnya.

  1. Cargo Udara
See also  5 Keunggulan Dari Jasa Impor Antaralogistic.Com Yang Harus Anda Ketahui

Sesuai dengan namanya cargo udara merupakan sebuah pengiriman yang melewati jalur udara memakai pesawat terbang. Barang yang akan dilakukan pengiriman hanyalah barang yang sudah mengantongi berbagai dokumen yang lengkap misalnya seperti Airwaybill dan ada Surat Muatan Udara (SMU).

Lalu berapa cek ongkir indah cargo?. Yang melakukan pengiriman menggunakan jalur udara ini biasanya akan sampai ke alamat tujuan maksimal tiga hari. Dan ongkos kirimnya memang dapat dikatakan memang tergolong mahal jika kita banding dengan jalur yang lainnya.

Biasanya akan ada dua pesawat yang dipakai untuk pengiriman cargo yang pertama adalah Cargo Aircraft yang memang telah disediakan untuk armada dalam pengiriman barang. Dan yang kedua adalah untuk penumpang walaupun ketersediaan tempatnya tersebut begitu terbatas.

Jenis ini memang akan menjawab pertanyaan tentang apa itu sebenarnya cargo bandara yang memang selama ini sering menjadi sebuah perbincangan di dalam dunia ekspedisi.

  1. Cargo Laut

Cargo jenis ini biasanya akan digunakan untuk sebuah pengiriman dalam jumlah yang begitu besar melalui jalur laut. Dan banyak dimanfaatkan oleh para pengusaha dan para pebisnis yang memang mau mendistribusikan untuk produknya ke daerah yang lain.

Jalur laut ini juga mempunyai beberapa pilihan untuk dipilih yaitu mulai dari kapal pelni, sampai kontainer yang dapat disewakan. Pengiriman menggunakan cargo ini juga harus mengikuti sejumlah prosedur dan untuk dokumen pendukung tertentunya, seblum nantinya dapat untuk diberangkatkan.

Klasifikasi Dalam Cargo

Ada dua jenis dalam klasifikasi cargo ini yang mempunyai spesifikasinya masing-masing :

  1. General

Dalam general cargo jenis untuk barang yang melakukan pengirimannya tidak membutuhkan penanganannya yang begitu ekstra. Tetapi memang harus dipastikan dengan benar bahwa barang tersebut sudah memenuhi berbagai macam syarat untuk dapat dikirimkan dengan jalur yang memang sudah dipilihnya. Termasuk sudah harus penuhi syarat untuk aman dikirim.

Barang yang masuk dalam kategori general yaitu tekstil, alat kebutuhan untuk rumah tangga, alat perlengkapan kantor, alat olahraga dll

  1. Special
See also  Cara Impor Dari China ke Indonesia Dengan Benar

Untuk pengiriman dengan spesial cargo barang yang dikirim memang harus diberikan penanganan yang begitu spesial supaya dapat dikirim. Hal tersebut dilakukan supaya nantinya ketika dalam perjalanan barang tersebut tidak akan menimbulkan bahaya sehingga nantinya tidak akan mengganggu untuk kelancaran di dalam armada ketika barang akan dikirim. Barang yang masuk ke dalam kategori spesial adalah :

  • Barang yang dalam bentuk cair maupun padat bercampur cair seperti udang dalam keadaan basah dan telur dll.
  • Barang yang mudah meledak.
  • Barang dalam bentuk cair tetapi sangat mudah terbakar.
  • Barang yang mudah akan meledak jika dalam keadaan yang lembab dan basah.
  • Seluruh binatang yang dalam keadaan masih hidup
  • Barang yang dapat menjadi zat pemicu sehingga menyebabkan barang yang lainnya mudah terbakar.
  • Barang yang mudah pecah.
  • Pengiriman jenazah tetapi ini lebih sering menggunakan jalur udara.
  • Barang yang memiliki kandungan magnet.
  • Sebuah barang beracun yang sudah mendapatkan izin untuk dikirim lewat cargo.
  • Benda yang ada kandungan radio akhirnya.
  • Benda yang mempunyai sebuah unsur kimia di dalamnya.
  • Barang yang akan memberikan reaksi mudah terbakar jika bertemu dengan benda yang lainnya.
  • Benda yang mudah hancur dan cepat membusuk jika tidak ditempatkan dengan cara yang begitu tepat.

Cara Menghitung Volume Dan Kubikasi Untuk Barang Cargo

Menghitung Volume Pengiriman Jalur Darat Dan Laut

Pertama yang harus kamu lakukan adalah menimbang berat barangnya berapa. Selanjutnya kamu tinggal ukur Panjang X Lebar X Tinggi : 4000 untuk mengetahui berapa volume barang tersebut. Misalkan barang tersebut 30 X 30 X 30 : 4000 = 6,75 dibulatkan menjadi 7 KG. Dengan menggunakan hitungan tersebut maka berat asli tidak akan terhitung yang akan berlaku adalah berat volumenya yaitu 7 KG.

Perhitungan Volume Jika Lewat Jalur Udara Untuk Pengirimannya

Disini yang membedakan adalah nominal pada pembagiannya sehingga akan menghasilkan kilogram yang lebih kecil nantinya. Berikut adalah cara perhitungannya P X L X T : 6000 = Hasilnya

Menghitung Kubik Untuk Pengiriman Lewat Jalur Darat, Udara Dan Laut

Menghitung Kubikasi ini pada umumnya hanya digunakan untuk mengirim jumlah barang yang begitu banyak dan berkeinginan supaya mendapatkan harga cargo laut yang nantinya lebih murah.

See also  Cara Terbaru Berbelanja Murah Di 1688 com Indonesia 2022

Pada umumnya mengirim barang dengan murah ini mempunyai dua metode yaitu dapat dihitung dengan cara per ton dan per kubik. Tetapi di sini kita hanya akan memberikan hitungan per kubiknya saja.

Rumusnya adalah : P X L X T : 1.000.000 = Hasil. Jadi itulah bagaimana caranya menghitung kubik pada sebuah barang yang akan dikirimkan.

Layanan Yang Ada Di Cargo Logistik  

Laut

Jika kamu akan melakukan pengiriman dalam jumlah yang besar dan menuju keluar pulau maka gunakanlah jalur laut. Barang yang begitu berat sekalipun akan masuk ke dalam kategori yang ini. Dan pengiriman akan menjadi lebih aman dan akurat untuk sampai ke alamat tujuan.

Udara

Jika kamu membutuhkan sebuah waktu yang cukup begitu efisien maka kamu dapat menggunakan jalur udara seperti ini.

Darat

Jika kamu hanya ingin mengirim barang dalam skala yang kecil ke beberapa tujuan kota yang ada di Indonesia yang memang mudah dijangkau dan tidak harus masuk ke daerah-daerah. Maka menggunakan jalur darat ini akan begitu lebih cepat dan merupakan  sebuah rekomendasi.

Kereta Api

Jika barang yang akan kamu kirim berjumlah yang besar dan untuk menghemat pengeluaran maka kamu dapat memilih armada menggunakan kereta api ini. Konsep door to door service yang sudah dimiliki oleh indah logistik ini akan cukup membantu para pelanggan untuk dapat mengirimkan sebuah barang ke stasiun yang terdekat.

Trucking

Mengirimkan barang yang memang cukup berat layaknya seperti perabot, alat-alat elektronik, motor maka akan cocok bila dikirimkan lewat layanan trucking yang ini. Mereka akan menggerakkan mobil dan truk untuk ke antar kota sehingga antar pulau untuk kirim banyak barang dengan begitu cepatnya.

Sudah tidak dapat untuk dipungkiri lagi memang benar untuk layanan ekspedisi ini memang begitu penting untuk perusahaan bisnis. Apalagi untuk kalian yang memiliki bisnis pada kawasan industri yang begitu besar yang berada di Indonesia atau para pelaku e-commarce yang memiliki intensitas pengiriman yang begitu tinggi. Pastinya jasa logistik akan sangat penting untuk kesuksesan dalam bisnis industri ini.

Artikel Lainnya

Kapal Kargo Kenapa Delay?

Kapal Kargo Kenapa Delay?

Terdapat beberapa jenis kapal laut yang digunakan sebagai transportasi angkutan laut, namun apakah dari semuanya memiliki fungsi yang sama? Tentu saja dari beberapa jenis kapal

Read More »
Konsultasi gratis sekarang