Cara Tepat Mencari Supplier China !

Mencari supplier China tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi para importir Indonesia. Banyaknya produk-produk unik berkualitas yang dikembangkan oleh negara tersebut, membuat banyak orang tertarik untuk memperolehnya. Selain itu sedikitnya informasi tentang prosedur import barang dari China, juga membuat para importir yang ingin mengembangkan bisnis dalam bidang penjualan barang-barang berkualitas jadi semakin sulit untuk memperoleh produk yang dimaksud. 

Sebenarnya di Indonesia sendiri, produk-produk dari China ini memang sudah banyak beredar di pasaran, yang diperoleh secara mudah dari marketplace, online store atau bahkan offline store. Namun demikian, memang tidak ada salahnya, terutama untuk Anda yang ingin memulai bisnis produk-produk China, atau bahkan mencari supplier-supplier baru, untuk mengembangkan bisnis yang dimaksud tersebut. 

  1. Menanyakan referensi pada koneksi 

Salah satu cara yang paling mudah untuk mencari supplier China, adalah dengan bertanya pada mereka yang pernah menggunakan dan berpengalaman pada bidang impor produk China tersebut. Entah itu teman, kerabat, sahabat, atau yang lainnya. Bertanya pada teman atau rekan seperti ini umumnya lebih akurat, atau dapat dipercaya. Mengapa demikian, karena mereka pernah menggunakan atau bekerja sama dengan pihak supplier yang dimaksud. Artinya berbagai informasi terkait supplier tersebut, akan diberikan secara rinci. Ini yang akan membuat Anda mudah memutuskan apakah supplier yang ditunjuk tersebut, memang sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak. Jika benar, maka Anda dapat mencari informasinya lebih lanjut. Namun jika tidak, maka Anda dapat mencari kembali informasi tentang supplier asal China, seperti yang Anda kehendaki pada rekan importir lainnya.  

  1. Melalui Alibaba

Cara kedua yang juga terbilang lebih cepat, adalah dengan menggunakan Alibaba. Siapa yang tidak kenal dengan marketplace yang satu ini. Ini adalah salah satu marketplace terbesar yang ada di China. Menggunakan situs yang dimaksud, akan semakin mempermudah Anda mencari supplier yang dirasa paling tepat. Mengingat Alibaba ini adalah marketplace asal Cina yang berfokus pada Business to Business, atau tempat berkumpulnya ada manufaktur atau suplier asal China, dengan para pembeli dari kalangan Internasional. Yang perlu diperhatikan disini adalah, sistem transaksi dan pembelian yang dimiliki oleh Alibaba ini sendiri terbilang cukup ketat, hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas barang, serta sistem transaksi yang akan diberikan oleh pihak supplier itu sendiri nantinya. Itu artinya reputasi yang ada di marketplace ini, terbilang cukup baik. Namun demikian, ada beberapa tips ringan yang perlu Anda perhatikan ketika hendak menggunakan marketplace yang dimaksud. 

Cari supplier yang sudah terverifikasi 

Dalam hal ini, pihak Alibaba, mengkategorikan suppliernya ke dalam beberapa macam, yaitu : 

  1. A&V ini mengindikasikan bahwa supplier tersebut, sudah lulus pemeriksaan orisinalitas produk.
  2. Onsite Check, artinya sudah terverifikasi tempat supplier tersebut, serta berbasis di China oleh staff Alibaba. Tentunya hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa tempat tersebut benar-benar ada.
  3. The Assessed Supplier Check. Artinya bahwa supplier sudah terverifikasi oleh pihak ketiga. 
  • Cari yang historisnya baik 

Maksudnya adalah cari supplier yang benar-benar profesional. Jadi Anda perlu melihat riwayat perusahaan, melalui review dari para konsumen yang pernah bekerja sama dengan pihak perusahaan tersebut. Pilih yang sudah menjual lebih dari 1000 pcs. Sekaligus lihat review konsumennya, baik yang baik hingga yang buruk. 

  • Minta sampel

Ketika Anda membeli dalam jumlah banyak, sebaiknya minta sampel produk dari supplier tersebut. Mengingat beberapa supplier ada yang kurang mementingkan kualitas produknya. 

Selain Alibaba, China juga masih mempunyai marketplace lain yang kualitasnya tidak kalah bagus dengan Alibabab, seperti Aliexpres Indonesia, dan juga 1688 China. Artinya Anda juga dapat menggunakan dan mencari marketplace yang diinginkan di website / tempat tersebut. 

  1. Melalui perusahan logistik 

Jika umumnya jasa order luar negeri lekat dengan pihak Logistik. Maka mungkin tidak ada salahnya jika Anda mencari tahu tentang supplier China berkualitas dan sesuai kebutuhan Anda menggunakan jasa pihak ketiga seperti ini. Tentunya semua pihak sudah tahu, bahwa pihak logistik seperti ini, sudah sangat mengenal dan sering bekerja sama dengan banyak sekali supplier, termasuk asal China. Anda yang ingin mengetahui tentang aneka macam supplier asal China yang dimaksud, tidak ada salahnya jika menggunakan koneksi dari pihak logistik tersebut. 

Yang menarik dalam hal ini adalah ada beberapa pihak logistik, yang juga memberikan jasa pembelian marketplace China, atau mengantarkan dan menemani Anda, bertemu langsung dengan pihak supplier yang dimaksud. Hal-hal seperti ini, tentu akan semakin mempermudah Anda menemukan supplier yang berkualitas.  

  1. Mengunjungi event exhibition 

Cara lain yang juga dapat Anda lakukan sebagai cara beli barang dari luar negeri terutama China berikutnya adalah dengan mengunjungi Event Exhibition yang umumnya diadakan di China. Tentunya di dalam acara tersebut, akan sangat membantu Anda, dalam memperoleh supplier-supplier yang dapat dipercaya, dan pastinya sesuai kebutuhan. Saat ini banyak sekali event-event yang dimaksud diselenggarakan di China, hal ini tentunya dilakukan, untuk mempertemukan langsung, para supplier dengan pada pembeli. Di dalamnya para pembeli dapat melakukan negosiasi langsung dengan pihak supplier, sekaligus menganalisa kapasitas supplier dengan kebutuhan buyer seperti Anda. Jadi Anda cek dan cari tahu, aneka macam event yang akan diadakan, dan catat juga tanggal pendaftarannya. 

  1. Melalui jasa Titip Beli 

Satu lagi cara lain yang dapat Anda gunakan untuk mencari supplier yang berkualitas, yaitu menggunakan dan bekerja sama dengan jasa titip China. Seperti namanya, maka jasa yang satu ini akan memberikan layanan titip beli barang asal China ke Indonesia. Secara mudah, cepat, dan efisien. Yang perlu diketahui bersama adalah bisnis jasa titip beli ini sendiri saat ini memang cukup booming. Tidak hanya di kalangan lokal. Banyak dari kalangan pebisnis besar, juga mulai melirik bisnis seperti ini. Anda yang kurang mengerti masalah impor produk dari China, serta bingung mencari supplier tepat asal China, tidak ada salahnya jika menggunakan layanan jasa yang dimasud. 

Di Indonesia sendiri, bisnis atau layanan seperti ini juga cukup berkembang. Masing-masing penyedia jasa, mempunyai keunggulan dan layanan yang berbeda, walaupun pada intinya sama. Anda dalam hal ini sebagai konsumen harus lebih bijak dan cermat, dalam memilih salah satu layanan jasa yang dinilai paling tepat, sesuai kebutuhan, dan pastinya mampu menyediakan layanan supplier yang diinginkan. 

Dari ulasan diatas, dapat disimpulkan bahwa untuk memperoleh barang dari luar negeri tentunya tidak terlalu sulit. Apalagi, jika Anda ingin menemukan supplier China yang tepat, dengan produk yang tentu Anda inginkan. Dari berbagai pilihan yang ada, menggunakan jasa titip seperti ini dirasa paling praktis dan efisien. Karena Anda tidak perlu memikirkan berbagai macam hal lainnya, mengingat semua prosedur sudah ditangani oleh pihak penyedia jasa. Pastikan alamat dan proses bayar sudah Anda lakukan dengan baik, sehingga produk dapat dikirim secara tepat waktu.  

Artikel Lainnya

Konsultasi gratis sekarang