Cara Mudah Menjadi Importir Mainan Atau Barang Lainnya Dari Cina

Barang-barang made in china memanglah sudah dikenal dengan barang murah yang berkualitas cukup baik. Oleh karenanya tak salah apabila banyak negara yang mengimpor barang-barang cina ke negara mereka. Salah satunya negara Indonesia. Selain murah dan berkualitas cukup baik, barang cina banyak diminati karena proses impornya yang relatif mudah. Sebenarnya apa itu importir dan bagaimana caranya menjadi importir mainan atau bahkan barang lainnya dari cina?. Berikut ini sedikit ulasannya.

Pengertian importir

Sebelum masuk ke bagaimana cara mudah menjadi importir, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa itu Importir. Jadi importir menurut undang-undang perdagangan pasal 1 angka 99 ialah badan usaha, lembaga, ataupun perseorangan baik yang berbadan hukum maupun yang bukan berbadan hukum yang melakukan kegiatan impor. Sedangkan pengertian importir secara umumnya ialah sekumpulan orang ataupun seseorang yang melakukan aktivitas impor barang dari luar negeri untuk masuk ke dalam negeri dengan tujuan agar mendapatkan keuntungan.

Cara Mudah menjadi Importir Mainan atau Barang Lainnya Dari Cina

Banyak orang yang berfikir menjadi importir sangatlah rumit dan membutuhkan modal yang sangat besar. Padahal jika anda tahu caranya, menjadi importir baik importir mainan maupun importir lainnya sangatlah mudah dilakukan. Berikut ini beberapa tips dan cara mudah tersebut.

1.      Carilah supplier yang terpercaya

Cara yang pertama ialah temukan supplier mainan atau barang lainnya yang terpercaya. Dalam mencari supplier ini, anda tidak mesti harus pergi ke luar negeri. Anda bisa menggunakan berbagai macam marketplace. Contohnya untuk marketplace cina ada Alibaba dan lain-lainnya.

Akan tetapi yang perlu diperhatikan ialah carilah supplier yang terpercaya. Apalagi dalam berbelanja online risiko penipuan sangatlah tinggi. Oleh karenanya penting untuk melihat reputasi dari supplier yang anda minati.

2.      Terlebih dahulu lakukan import dalam jumlah sedikit

Cara atau tips selanjutnya dalam memulai menjadi importir ialah cobalah mengimport dalam jumlah yang kecil terlebih dahulu. Lakukan trial dengan modal ratusan ribu terlebih dahulu. Lalu selanjutnya anda evaluasi apakah kegiatan ini bisa dilanjutkan atau tidak.

3.      Gunakan jasa forwarder untuk mempermudah proses importir

Tips yang ketiga yakni ada baiknya menggunakan jasa forwarder. Apa itu jasa forwarder?. Jadi jasa forwarder merupakan jasa pengiriman barang yang dapat membantu anda dalam aktivitas impor. Karena dalam aktivitas import ini, anda harus mengurus banyak hal seperti izin import, melalui bea cukai, hingga sewa gedung.

Nah dengan adanya jasa forwarder, ketiga hal yang seharusnya diurus terlebih dahulu bisa teratasi. Dimana dengan menggunakan jasa ini berarti proses import anda akan diwakilkan oleh perusahaan jasa forwarder ini.  Dengan kata lain anda menggunakan perusahaan jasa forwarder ini untuk mempermudah pengurusan dokumen yang sudah ditentukan dan diatur oleh pihak cargo.

Jadi secara umumnya untuk menjadi importir mainan, anda hanya memerlukan dua hal yakni supplier terpercaya dan forwarder terpercaya. Dalam mencari supplier terpercaya anda bisa menggunakan marketpkace dari negara lain seperti cina ada marketplace Alibaba. Anda bisa melihat rating supplier melalui marketplace tersebut. Selain supplier terpercaya, anda juga diharuskan memilih forwarder terpercaya. Anda tak usah bingung, karena Antara Logistic merupakan jawabannya. Selain terpercaya, antara logistik terdiri dari tim yang berpengalaman di bidannya serta memiliki agen dan warehouse di berbagai negara dari Cina, Hongkong, Singapura, Taiwan, Thailand, bahkan hingga Korea Selatan. 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Ikuti artikel kami!

Antara Logistic Newsletter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Konsultasi gratis sekarang