Cara Memilih Jasa Import Resmi FCL dan Mengetahui Keunggulannya

import resmi fcl

Penggunaan kontainer dalam kegiatan ekspor barang maupun pengiriman barang ini sudah lazim dilakukan. Tentunya istilah import resmi FCL maupun LCL ini sering digunakan dalam pengiriman menggunakan kontainer ini. Di masa yang lebih modern ini juga semakin banyak orang melakukan pengiriman barang dengan container yaitu sekitar 90 persen.

Kebanyakan juga kontainer yang digunakan berjenis dry container atau general container standard. Biasanya jenis kontainer ini memiliki ukuran standard ISO yaitu berukuran 20ft dan 40ft. Didalam membantu proses import resmi FCL maupun LCL  menggunakan Jasa Forwarder.

Jasa forwarder sendiri merupakan jasa pengiriman barang dari luar negeri, di mana harga yang dibebankan ini sudah termasuk semuanya. Seperti biaya pengiriman, ppn, pph, cukai, custom clearance biaya pengurusan pajak dan sebagainya. Dengan menggunakan jasa forwarder door to door ini, memudahkan anda untuk memilih pengiriman barang. Yaitu melalui dua jalur, baik jalur udara maupun laut yang sering dikenal dengan istilah FCL (Full Container Load ) dan LCL (Less-than Container Load).

Apa itu FCL?

FCL ini memiliki kepanjangan Full Container Load, merupakan jenis pengiriman yang memiliki arti muatan kontainer penuh. Hal ini dimaksudkan untuk menggunakan satu kontainer penuh untuk melakukan pengiriman barang baik berukuran 40ft maupun 20ft.

Proses import resmi FCL ini juga bisa dilakukan saat ingin melakukan pengiriman dengan jumlah banyak yang tidak memungkinkan jika menggunakan pos. Hal ini tentunya akan lebih menghemat biaya pengiriman

Belum lagi FCL customer bisa menyewa satu kontainer penuh untuk barangnya sendiri tanpa bercampur dengan barang-barang milik constumer lain. Tentu saja biaya penyewaan yang dibebankan berbeda tergantung dari jarak maupun ukuran kontainer.

Terdapat alasan untuk menggunakan jasa import resmi FCL karena dapat menampung jumlah yang banyak. Biasanya barang yang dikirimkan ini merupakan barang yang mudah terbakar, rusak atau butuh penanganan khusus. Seperti minyak kelapa, sekam arang, Maupin barang yang membutuhkan pengaturan suhu tertentu seperti ikan, frozen food, sayur dan buah serta bahan-bahan sejenis lainnya.

Perbedaan antara FCL dengan LCL?

Sedangkan LCL atau Less-than Container Load merupakan muatan kontainer yang diisi oleh beberapa pesanan barang saja. Sehingga kapasitas pengiriman juga lebih kecil daripada FCL. Biasanya pengiriman dengan LCL ini dihitung dari volume maupun berat dari kargo yang diterima.

Prosedur pengiriman LCL ini melalui tahap stuffing barang dari berbagai pengirim ke berbagai penerima di gudang carrier. Selanjutnya setelah sampai ke pelabuhan tujuan, akan dilakukan tahap stripping sehingga barang dapat langsung diambil oleh para penerima atau consignee. Terdapat beberapa perbedaan dalam penggunaan FCL maupun LCL yaitu sebagai berikut :

  1. Biaya Konsolidasi

Dalam pengiriman barang biaya konsolidasi pada pengiriman FCL (Full Container Load) ini tidak ada biaya yang dibebankan. Sedangkan menggunakan LCL (Less-than Container Load) terdapat penambahan biaya konsolidasi yang akan masuk kedalam total biaya yang akan dibayarkan.

  1. Harga Pengiriman

Proses pengiriman LCL ini menjadikan solusi yang hemat biaya jika muatan anda tidak memenuhi 1 kontainer. Namun import resmi FCL ini harus mencapai minimal 75% dalam satu kontainer penuh agar anda dapat mencapai harga pengiriman terbaik.

  1. Kapasitas

Pada proses pengiriman FCL ini pada kontainer akan memiliki batasan berat yang dapat mengurangi kapasitas ruang maksimum yang akan disediakan kontainer. Sedangkan pengiriman dengan menggunakan LCL ini paket tunggal akan dikirim bersamaan dengan pengiriman milik perusahaan maupun perorangan yang lainnya.

  1. Jumlah Barang

Pengiriman dengan jumlah barang yang berukuran di bawah 15 CBM ini akan sangat ideal jika menggunakan LCL. Namun jika barang besarnya melebihi dari 15 CBM, penggunaan dengan FCL berkapasitas 20ft akan lebih cocok. Anda juga bisa mempertimbangkan kembali harga pengiriman dari kedua proses tersebut.

Keunggulan Penggunaan FCL

Terdapat beberapa keungulan yang bisa anda dapatkan saat melakukan pengiriman barang maupun import resmi FCL yaitu sebagai berikut :

  • Harga pengiriman yang dibebankan akan lebih murah jika anda mengirim barang dengan jumlah besar, sehingga anda juga dapat menghemat biaya operasional.
  • Barang kiriman juga tidak akan tercampur oleh barang kiriman milik orang lain, karena dalam satu kontainer penuh FLC ini hanya akan terdapat barang milik anda saja.
  • Resiko kerusakan barang maupun tertukarnya barang akan lebih kecil tentunya, karena dalam satu kontainer hanya terdapat satu barang milik anda saja.
  • Proses pengiriman juga lebih cepat dan efisien, hal ini dikarenakan anda tidak perlu untuk menunggu kontainer agar penuh. Karena biasanya jika menggunakan LCL satu kontainer tersebut harus penuh baik dari pengiriman dari beberapa pengirim
  • Pengecekan saat proses import resmi FCL yang dilakukan pada bea cukai juga akan lebih cepat, karena hanya barang anda saja yang akan diperiksa.

Kekurangan Penggunaan FCL

Terdapat beberapa kekurangan saat menggunakan pengiriman barang maupun import resmi FCL yaitu sebagai berikut :

  • Biaya yang dibebankan akan lebih mahal, jika anda hanya mengirimkan beberapa barang saja.
  • Biaya kubikasi tidak bisa dikenakan.

Cara Memilih Jasa Import FCL

Berikut ini beberapa cara dalam memilih jasa import resmi FCL yang wajib anda ketahui yaitu sebagai berikut :

  1. Mengetahui Metode Pengiriman yang Digunakan

Pemilihan metode pengiriman ini tentunya tergantung dengan banyak barang yang akan anda import dan bisa memutuskan apakah akan menggunakan kapasitas 20ft maupun 40ft. Anda juga bisa memilih jalur manakah yang ingin digunakan, baik jalur laut maupun jalur darat. Sehingga anda dapat memberikan packing list kepada pihak jasa import resmi FCL untuk menentukan jalur yang efektif dan efisien.

  1. Asuransi yang Dimiliki

Pastikan juga penyedia jasa import ini memiliki asuransi yang jelas, jangan sampai anda terhasut dengan beberapa iming-iming harga yang murah. Teliti kembali sebelum anda memilih, apakah total biaya yang dibebankan tersebut sudah termasuk asuransi atau tidak. Sehingga apabila terjadi kendala baik barang tertahan maupun hilang, pihak jasa harus bertanggung jawab.

  1. Pelayanan yang Diberikan

Pilihlah juga jasa import resmi FCL yang anda gunakan ini bersikap ramah terhadap pelayanan yang diberikan. Sehingga apabila terjadi suatu kendala maupun masalah, anda bisa dengan cepat menghubungi pihak jasa import tersebut. Sebaiknya, anda juga melihat testimoni perusahaan lain terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

  1. Memiliki Komitmen untuk Tepat Waktu

Pastikan juga untuk memilih pelayanan yang tepat waktu dalam pengiriman, karena hal ini sangat krusial dan dipengaruhi oleh modal transportasi yang digunakan. Sebuah perusahaan ekspedisi import resmi FCL yang terbaik. Tentunya akan mempersiapkan moda transportasi yang terbaik.

Hal ini juga memiliki tujuan agar proses pengiriman dilakukan dengan lancar dan tepat waktu. Sehingga tidak akan mengecewakan para konsumennya.

  1. Pengalaman yang Dimiliki

Anda bisa memastikan untuk mencari informasi baik dari internet maupun teman anda mengenai pengalaman yang dimiliki atau pernah mengirimkan jenis barang yang sama dengan anda. Tanyakan juga apakah pernah melakukan pengiriman barang dengan tujuan negara yang anda inginkan, berbagai jenis barang apa saja yang pernah dikirimkan. Hal ini tentunya agar lebih yakin dengan pilihan yang akan anda gunakan.

  1. Mengetahui Spesialis Tipe Pengiriman yang Sering Ditangani

Sebelum anda memastikan forwarder yang anda pilih, pastikan juga pihak forwarder ini spesialis negara mana. Biasanya juga pastikan untuk menanyakan negara mana saja yang mereka layani dalam membantu pengiriman barang tersebut.

Cara Menggunakan Jasa Forwarder Door to Door

Dalam melakukan aktivitas import resmi FCL terdapat beberapa hal yang harus anda lakukan yaitu :

  • Anda bisa supplier dengan mencarinya melalui marketplace terbaik untuk menemukan barang yang memiliki kualitas bagus.
  • Setelah menemukan barang yang cocok, anda bisa menyelesaikan transaksi maupun nego dan meminta untuk mengirimkan barang ke gudang jasa forwarder door to door
  • Pastikan juga untuk menyertakan kode marking, invoice maupun packing listnya juga.
  • Setelah dikirimkan ke gudang, mintalah nomor resi pengiriman.
  • Menunggu hingga barang tiba di Indonesia dan anda tidak perlu mengurus pajak, dokumen import maupun custom clearance.

Artikel Lainnya

Konsultasi gratis sekarang