Bisnis Impor, Peluang Bisnis yang Menguntungkan

Bisnis importir adalah bisnis yang dikenal mempunyai prospek yang menjanjikan. Banyak pelaku bisnis importir yang meraup keuntungan fantastis, namun untuk menjadi pebisnis impor juga memerlukan effort yang besar pula. Sebelum membicarakan tentang keuntungan dan modal bisnis importir, akan lebih baik Anda mengerti pengertian bisnis importir.

Bisnis importir

Diambil dari kata import yang berarti kegiatan memasukkan barang dari luar negeri ke dalam negeri. banyak jenis barang yang bisa masuk ke dalam negeri seperti bahan makanan mentah, alat elektronik, pakaian sampai alat transportasi. Sedangkan bisnis importir adalah bisnis yang kegiatannya memasok barang dari luar negeri untuk dijual kembali di dalam negeri untuk mencari keuntungan. Jual beli importir ini bisa memenuhi kebutuhan barang yang tidak diproduksi dari dalam negeri.

Manfaat bisnis importir

Seperti dua sisi mata uang, bisnis importir memiliki sisi positif dan negatif yang sudah diketahui umum. Sisi positif yang didapat dari bisnis importir adalah pemenuhan barang, jika di dalam negeri tidak bisa memasok kebutuhan masyarakat maka kegiatan impor sangat dibutuhkan. Selain itu produk di pasaran bisa beragam, karena dari barang impor memberikan banyak pilihan.

Sedangkan sisi negatif dari kegiatan impor adalah pelaku bisnis lokal yang memproduksi barang lokal harus saingan dengan produk luar negeri sehingga ini bisa mematikan aktivitas pebisnis lokal. Namun hal yang penting adalah Pemerintah mempunyai aturan resmi mengenai impor barang, seperti perizinan dan jumlah barang impor. Ini bisa digunakan sebagai filter agar Negara tidak overload barang impor dan melemahkan barang lokal. Sehingga barang bisa dikendalikan.

Bisnis barang import dari china

Barang import dari Cina cukup banyak jumlahnya di Indonesia. Barang impor dari China banyak dicari karena mempunyai harga yang miring dan beragam. Dengan banyaknya penggemar barang made ini china membuat banyak pengusaha importir mengambil barang dari China untuk dijual kembali di dalam negeri sehingga ini menjadi peluang bisnis yang terbuka. Apa saja hal yang harus perhatikan dari sebelum memulai bisnis impor barang China? Berikut ulasannya

Mencari banyak informasi tentang produk

Cari banyak informasi tentang produk yang akan Anda jual kembali di dalam negeri. Tentunya barang yang Anda targetkan adalah barang pokok yang banyak dibutuhkan selain itu barang yang mempunyai minat tinggi dari masyarakat. Contoh barang yang selalu dibutuhkan adalah barang elektronik seperti TV, magicom atau kulkas sedangkan barang yang mempunyai minat tinggi adalah sepatu, tas dan pakaian. Tas import murah dari China banyak dicari karena harganya yang murah dan modelnya yang selalu up to date.

Cara mendapatkan barang

Menjalankan bisnis importir, Anda harus memasok barang dari produsen atau suplier. Jika Anda menjual kembali barang dari China maka Anda bisa langsung ke negaranya untuk mengurus pembelian dan pengiriman, namun di saat yang serba online seperti ini pemesanan barang dan pengiriman dapat langsung di handle dengan via online namun Anda tetap harus mengatur beberapa hal agar barang Anda bisa sampai ke dalam negeri seperti perizinan. Pastikan barang yang akan Anda jual adalah barang legal dan bisa masuk ke dalam negeri dengan perizinan yang sudah sah. Pembelian barang import Anda harus memilih suplier yang terpercaya dan barangnya berkualitas.

Pengiriman barang

Pengiriman cargo ini yang cukup berbelit dalam transaksi jual beli impor karena banyak yang harus diurus seperti masalah izin di pelabuhan sampai broker di lapangan. Broker adalah pihak ketiga yang melancarkan pengiriman cargo sehingga barang dari luar negeri bisa masuk secara aman. Pengiriman cargo yang terlambat adalah hal biasa di dunia impor barang, jadi jangan kaget jika cargo Anda terkadang masih tertahan. Sedangkan waktu untuk pengiriman cargo dari China sampai ke Indonesia adalah 7 sampai 12 hari. Waktu pengiriman ini juga tergantung metode pengiriman, seperti lewat pesawat atau kapal. Pengiriman cargo ini bisa Anda cek secara online untuk melacak barang sudah sampai dimana.

Jasa door to door shiping

Adalah jasa yang memberi pelayanan berupa mengirimkan barang dari luar negeri langsung ke alamat penerima barang. Sehingga layanan door to door shipping ini sangat memudahkan pebisnis importir karena menggunakan jasa ini urusan pengiriman sudah beres. Jasa ini menurus pengiriman barang mulai dari Negara asal, pelayaran barang, pengecekan bea cukai, barang sampai dan barang dikirimkan ke alamat. Importir Indonesia juga banyak yang menggunakan jasa door to door shipping dari China karena kemudahan yang ditawarkan.

Pajak

Barang yang Anda bawa dari luar negeri termasuk Import barang dari China pasti akan dikenakan pajak masuk. Pada proses pengecekan barang oleh bea cukai, barang Anda harus jelas jenis produknya, deskripsi produk, berat, jumlah, harga, dan tanggal pengiriman.

Setelah hal-hal di atas sudah Anda pikirkan, maka selanjutnya adalah pemasaran di dalam negeri. pemasaran barang impor di dalam negeri ini juga tak kalah banyak tantangannya. Seperti sasaran barang, market barang, minat masyarakat dan promosi harus dipikirkan.

Penjualan barang impor bisa dilakukan dari pihak Anda atau bisa juga dengan bantuan orang lain seperti distributor dan sales. Jika Anda menjadi pemasok tetap akan ada banyak pihak yang mengambil barang dari Anda lalu dijual kembali di pasaran lokal sehingga Anda tidak perlu pusing-pusing mendistribusikannya.

Menjadi importir harus memiliki izin resmi sehingga Anda terdaftar resmi menjadi importir. Izin resmi ini bisa digunakan sebagai tanda pengenal. Izin ini bisa Anda urus ke Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk bisa mendapatkan NIK (Nomor Identitas Kepabaeanan) dan kemudian mengurus tanda pengenal importir agar bisa mendapatkan izin resmi berupa API (Angka Pengenal Importir).

Untuk pebisnis importir biasanya Anda akan mendapatkan API-Umum dimana tanda pengenal ini digunakan untuk pemasok barang impor yang barangnya akan dijual kembali. Sedangkan API-Produsen digunakan untuk membeli barang luar negeri dan barangnya digunakan secara pribadi.

Mendapatkan API-Umum harus melengkapi surat-surat sebagai syarat, seperti

Fotocopi Akta Pendirian Perusahaan

Fotokopi Surat Identitas Kantor Yang Memuat Alamat

Fotokopi Izin Usaha Bidang Perdagangan Atau SIUP

Fotokopi Tanda Daftar Perusahaan (STDP)

Fotokopi NPWP

Surat Referensi Dari Bank

Fotokopi KTP Atau Paspor

Pas Foto Background Merah 3×4 2 Lembar

Bisnis importir memang memberi banyak keuntungan yang fantastis namun dibalik itu jika Anda ingin berbisnis barang impor harus menyiapkan modal yang cukup besar dan menyiapkan surat-surat agar memiliki izin resmi berbisnis dan mengimpor. Jika tidak dipersiapkan dengan baik, bisnis yang juga dikenal rumit ini bisa merugi atau banyak halangan seperti barang yang dicekal atau ditahan. Sebelum masuk dalam bisnis ini lebih baik mempelajarinya sehingga mempunyai pengetahuan soal bisnis impor, belajar bisnis impor dapat dilakukan dengan mengikuti seminar bisnis impor atau langsung bekerja di bidang impor.

Selain menyiapkan modal dan surat izin Anda harus siap dengan segala risiko yang kerap terjadi di lapangan seperti mafia atau masalah keterlambatan pengiriman, dunia impor memang dikenal cukup keras namun jika Anda bisa melewatinya dengan baik Anda akan memperoleh keuntungan yang tidak main-main, tentunya ini juga tergantung dari pemasaran dalam negeri juga.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Ikuti artikel kami!

Antara Logistic Newsletter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Konsultasi gratis sekarang